10 Langkah Pertama setelah Alami Kecelakaan Mobil

Kecelakaan lalu-lintas sulit untuk diprediksi. Bisa jadi, kamu telah sangat berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi peraturan lalu-lintas. Namun, belum tentu pengendara atau pengguna jalan lain berperilaku baik sepertimu, bukan?

Oleh karena itu, sejatinya tidak ada seorang pun yang berharap terlibat dalam kecelakaan lalu-lintas. Namun jika kamu mengalami tabrakan di jalan, segera tenangkan diri dan lakukan sepuluh langkah berikut ini.

  1. Menepi ke sisi atau bahu jalan. Tujuannya, agar lalu-lintas di belakangmu tidak tersendat, sekaligus menghindari kecelakaan susulan.
  2. Periksa kondisi dirimu sendiri dan penumpang yang ada di kendaraanmu terlebih dulu.
  3. Nyalakan lampu tanda bahaya atau hazard pada kendaraan dan panggil bantuan. Jika kamu berada di jalan tol, kamu bisa menghubungi petugas tol. Jika tidak, hubungi polisi atau layanan medis, jika ada korban luka. Jangan tergesa-gesa menangani korban. Tunggu tim paramedis tiba.
  4. Catat nomor polisi kendaraan yang menabrakmu, atau yang kamu tabrak. Kamu pun bisa memotretnya dengan menggunakan ponselmu.
  5. Temui pengendara lain yang terlibat kecelakaan dan cari beberapa orang saksi.
  6. Bertukarlah informasi mengenai asuransi yang kamu miliki, dengan yang dimiliki pengendara lain. Jangan lupa mencatat nama, nomor telepon, serta alamatnya.
  7. Foto masing-masing kendaraan dan jejak pengereman ban. Hal ini berguna untuk membuat laporan kepada perusahaan asuransi.
  8. Hindari melakukan pembayaran untuk penggantian apa pun kepada pengendara lain, tanpa menginformasikan perusahaan asuransi.
  9. Saat polisi tiba dan mencatat laporan, mintalah salinannya. Jangan lupa untuk mencatat nama petugas polisi yang bertugas saat ini, wilayah tugas, nomor anggota, dan nomor ponselnya, jika memungkinkan.
  10. Hubungi perusahaan asuransimu. Segera lakukan klaim kepada perusahaan asuransi.

 

Asuransi kendaraan memang berperan penting untuk memberikanmu perlindungan. Masih bingung cari asurnasi kendaraan? Kamu tinggal beli online di AXA myPage. Ada AXA SmartDrive yang memberikanmu perlindungan untuk kendaraanmu, termasuk dengan menyediakan layanan derek dan penggantian sebesar nilai pertanggungan.

Sumber:
liputan6.com
mobil123.com

Layanan LiveChat kami sedang penuh, silakan menghubungi 1 500 733 (24 Jam) untuk sementara waktu.

Layanan LiveChat kami sedang penuh, silakan menghubungi 1 500 733 (24 Jam) untuk sementara waktu.

Chat With Us Chat With Us