8 Tips Jitu Memulai Bisnis Kue Kering Lebaran, Berani Coba?

Bukan tanpa alasan bulan Ramadhan disebut sebagai bulan penuh berkah. Selain berkah secara spiritual dengan ibadah puasa yang dijalankan, tidak sedikit lho kesempatan berkah duniawi yang bisa didapatkan. Seperti misalnya bisnis kue kering lebaran yang berpotensi mendatangkan cuan dalam jumlah menggiurkan.

Cukup banyak keuntungan, yang lebih lanjut akan dibahas di artikel ini, yang membuat banyak orang mencoba terjun ke bisnis ini. Namun demikian nyatanya tidak semua orang berhasil dan harus gulung tikar karena tidak dikelola dengan tepat.

Baca Juga: 10 Tips Memulai Bisnis Kuliner untuk Pemula

Kue Kering Lebaran, antara Bisnis dan Budaya Perayaan

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki empati tinggi dan erat dengan budaya perayaan. Banyak hal dirayakan, dengan masing-masing value utama yang disematkan pada acara dan berbagai prosesi yang dilakukan.

Hal ini juga berlaku pada perayaan hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, Imlek, dan hari besar lainnya. Memberikan hadiah pada orang-orang terdekat telah menjadi semacam agenda rutin, sebagai bentuk perhatian dan cara menjaga agar hubungan yang dimiliki tetap hangat.

Jumlah dari demand kue kering sebagai hadiah juga tidak dapat disepelekan, sehingga menjadi salah satu kesempatan bisnis yang dilihat banyak orang. Nah, agar kamu juga bisa merasakan manisnya keuntungan dari bisnis ini, kamu sebaiknya simak tips untuk menjalankan bisnis tersebut.

Tips Menjalankan Bisnis Kue Kering Lebaran

1. Tentukan Jenis Kue yang akan Kamu Jual

Kue kering memiliki banyak sekali jenis yang bisa dijadikan opsi. Kamu bisa menyebutkannya satu per satu, dan artikel ini akan menjadi lebih dari ratusan kata hanya untuk jenisnya saja. Tapi kamu bisa mencermati kira-kira kue apa yang paling populer, dan mendatangkan keuntungan paling besar.

Keuntungan bisa datang dari jumlah penjualan yang tinggi, atau margin keuntungan lebih besar.

2. Berikan Keunikan pada Produk

Keunikan atau unique selling point bisa ditambahkan sebagai daya tarik untuk membuat pelangganmu ingin membeli produknya. Gimik sederhana, seperti misalnya karakter wajah, atau membuat bentuk emoticon yang populer di media sosial, bisa jadi ide segar.

Lepas dari inovasi bentuk dan tampilan, kamu juga bisa memberikan value lain di dalam produk. Menyampaikan produk dengan story telling bisa membantumu memberikan pendekatan berbeda dalam pemasaran.

3. Buat Sistem yang Solid dan Sustainable

Salah satu hal utama yang perlu diperhatikan adalah sistem yang solid dan sustain dalam jangka panjang, bukan sekedar musiman. Tentu, ini dilakukan pada skenario kamu ingin membangun bisnis jangka panjang, bukan sekedar memanfaatkan momentum saja.

Sistem solid perlu diciptakan dari riset dan pengalaman, dan ketelitian serta ketelatenan akan jadi kunci agar sistem tersebut bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama. Sistem ini juga termasuk urusan supply chain, rekanan bisnis, hingga kanal penyaluran produk yang bisa diandalkan.

4. Ketahui Masa Kadaluarsa Kue Kering

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah masa kadaluarsa kue kering yang akan kamu produksi. Informasi ini penting agar kamu bisa menyampaikannya pada pelanggan, dan kamu tahu tenggat waktu kapan produk harus keluar dari toko dan terjual.

Tidak hanya terkait daya tahan produk dan kelayakan konsumsi, tanggal kadaluarsa juga bisa membantumu menetapkan target waktu penjualan yang ideal.

5. Pasar Mana yang Jadi Tujuanmu?

Sebenarnya soal pasar yang akan jadi target tujuan akan cukup luas, dan bergantung pada beberapa hal. Bisa digolongkan menurut segmentasi kelas ekonomi, komunitas, kota, gender, usia, konsumsi media, dan lain sebagainya.

Apapun yang kamu tuju, pastikan kamu tahu benar karakter pasar ini dan apa yang menjadi kebutuhan atau motivasi mereka dalam membeli produk. Bermodal informasi tersebut, strategi pemasaran bisa disusun dengan cermat dan berbuah manis.

6. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial yang kamu punya bisa jadi cara pemasaran efektif untuk lingkaran terdekat. Dari pengikut yang ada, bantuan untuk menyebarkan informasi tentang produkmu bisa dilakukan dengan biaya yang cenderung ekonomis.

Jika memiliki lebih banyak modal, metode pemasaran lain dapat kamu coba, misalnya iklan di Instagram, Facebook, atau media berbayar lainnya. Yang pasti, dasari semua dengan riset yang kuat sehingga keputusan alokasi modal bisa masuk akal dan memiliki prospek jelas.

Baca Juga: 25 Ide Bisnis Rumahan dengan Keuntungan yang Menjanjikan!

7. Kualitas Produk

Pada akhirnya, kue kering lebaran yang kamu jual akan dimakan oleh seseorang. Untuk mendapatkan kesan yang baik dan pemasaran yang berkelanjutan, kualitas produk harus tetap jadi nomor satu yang diperhatikan.

Saat produk yang kamu jual memberikan tampilan yang menarik dan rasa yang lezat, maka kue kering ini mudah disukai orang. Berikan diskon untuk pembeli yang telah mengunggah konten dengan kue kering yang kamu jual, sebagai salah satu cara pemasaran yang efektif dan terjangkau.

8. Pastikan Kamu Punya Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis menjadi penting untuk membantumu terhindar dari kerugian besar, jika bisnis kue kering lebaran yang kamu rencanakan ini tidak berjalan lancar. Meski sifatnya adalah pelengkap, tapi ketika bisnis mulai berkembang hal seperti ini menjadi penting.

Tentukan asuransi bisnis yang tepat dan bisa diandalkan, agar manfaat yang diperoleh benar-benar optimal dan sesuai kebutuhan.

Alasan Kenapa Bisnis Kue Kering Lebaran Menarik dan Tantangannya

Alasan Memilih Bisnis Kue Kering Lebaran

Cukup banyak poin yang membuat banyak orang ingin mencoba bisnis ini. Mulai dari pangsa pasar yang luas, varian kue kering yang banyak, resep-resep unik dan modifikasi yang bisa diberikan, hingga potensi keuntungan besar dengan modal yang cenderung kecil.

Semua alasan ini digunakan sebagai motivasi untuk memulai bisnis kue kering dalam rangka hadiah untuk berbagai perayaan. Namun demikian sebagai pebisnis, tentu kamu juga wajib membuka mata pada tantangan yang ada pada bisnis ini.

Apa Saja Tantangannya?

Bersamaan dengan kesempatan yang muncul, ada juga sederet tantangan yang harus dipikirkan dan disiasati agar tidak sampai menghambat bisnismu. Secara umum tantangan yang ada adalah sebagai berikut.

  • Subjektivitas tinggi dalam penentuan rasa kue kering
  • Biaya bahan yang terkadang mengalami fluktuasi
  • Komitmen waktu yang diperlukan untuk membuat, mengemas, dan menyiapkan produk
  • Peralatan produksi yang perlu disiapkan, dan jumlahnya tidak sedikit
  • Persaingan ketat menjelang hari raya seperti lebaran, Natal, atau hari besar lainnya
  • Selalu ada risiko kegagalan dan kerugian

Baca Juga: Lebih Dalam tentang Bisnis Franchise, Ini yang Harus Kamu Pahami!

Pada akhirnya, bisnis kue kering lebaran ini tetap jadi ide yang cukup menggoda untuk banyak orang. Dengan persiapan yang matang, kamu bisa memanfaatkan kesempatan yang ada dan mengatasi tantangan, sehingga mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Tentu saja, memiliki asuransi atas bisnis yang kamu jalankan ini juga akan berguna, seperti Asuransi SmartBusiness yang ditawarkan AXA Insurance Indonesia untukmu. Secara praktis, asuransi smartbusiness ini akan memberikan santunan untuk gangguan usaha, kecelakaan diri serta rawat inap di rumah sakit pada kamu dan usaha kamu bilamana kejadian-kejadian yang tercantum dalam ketentuan polis muncul dan harus dihadapi, sehingga kemungkinan terburuk dapat ditakar dengan akurat. Maksimalkan semua kesempatan yang ada dan selalu buat rencana matang, dan selamat mencoba!

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Maret 2024

 Referensi:

  • https://pintar.co/blog/6-alasan-kuat-untuk-membuka-usaha-kue-sendiri
  • https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/peluang-bisnis-kue-kering-di-pasar-online#google_vignette
  • https://accurate.id/aplikasi-kasir/mengenal-bisnis-kue/
  • https://www.cermati.com/artikel/tips-menjalankan-bisnis-kue-kering-jelang-lebaran
  • https://www.bfi.co.id/id/blog/tips-bisnis-kue-kering-dan-estimasi-keuntungannya
  • https://www.kompas.com/food/read/2021/04/21/150900675/tips-mulai-usaha-kue-kering-tak-perlu-modal-besar?page=all
  • https://bioma.id/artikel/9-tantangan-yang-mungkin-anda-hadapi-saat-memulai-bisnis-dessert
  • https://koinworks.com/strategi-bisnis/kue/strategi-mengatasi-penurunan-penjualan-bisnis-kue/