Ingin Mencoba Usaha Laundry? Baca Artikel Ini Dulu Yuk!

Jika berbicara mengenai kesempatan dan potensi bisnis, satu hal yang menjadi batasnya hanyalah imajinasi yang kamu punya. Selama kamu punya cukup referensi dan kreativitas, ada saja kesempatan yang bisa dimanfaatkan. Salah satu bisnis yang masih cukup menjanjikan hingga sekarang ini adalah usaha laundry.

Tapi kenapa usaha ini masih menjanjikan? Bukankah di berbagai kota besar dan daerah usaha laundry telah menjamur dan memiliki pelanggan setianya masing-masing?

Di sinilah poin yang harus kamu perhatikan. Ketika jenis usaha menjamur, artinya terdapat potensi pasar yang menarik yang dilihat oleh pebisnis lain. Dengan jenis usaha yang sama, kamu bisa membuat unique selling point yang menarik untuk pelanggan.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Asuransi, Jenis, dan 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Asuransi yang Tepat

4 Jenis Bisnis Laundry

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bisnis laundry, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis usaha laundry yang bisa ditawarkan kepada pelanggan seperti:

1. Bisnis Laundry Kiloan

Seperti namanya, jenis pertama ini akan melayani pencucian pakaian dengan ukuran kiloan. Usaha ini akan memiliki skala kecil hingga menengah, dengan modal sekitar dua hingga tiga mesin cuci. Cukup menarik untuk dicoba bukan?

Karena skalanya cenderung kecil, kamu bisa mencoba bisnis ini untuk ditempatkan di area perumahan, perkampungan, kampus, atau dekat dengan kawasan kontrakan dan indekos. Tentu kamu harus melakukan riset harga sebelum mengeksekusinya.

2. Bisnis Laundry Koin

Karena menggunakan mesin cuci dalam unit yang cukup banyak, maka modalnya juga akan cenderung lebih besar. Selain menyediakan jasa laundry, kamu juga dapat menjual berbagai produk pendukungnya, seperti detergen, pewangi, kantong cuci, dan sebagainya.

Konsep yang diterapkan adalah self-service, jadi pelanggan akan datang membawa pakaian kotor, dan menimbang dan menyesuaikan dengan kapasitas mesin yang tersedia. Karena semua dilakukan oleh pelanggan, maka tidak banyak staf yang diperlukan selain dari staf teknis untuk perawatan mesin cuci.

3. Bisnis Laundry Retail

Pada jenis ketiga ini, bisnis telah berjalan dengan sistem yang lebih baik dan kompleks. Terdapat serangkaian standar yang harus dipenuhi pada pelayanan yang diberikan, sesuai dengan SOP dari brand yang kamu ambil.

Menawarkan fitur yang lebih lengkap namun dengan biaya investasi yang terbilang lebih besar, kamu sebenarnya akan mendapatkan kemudahan karena sistem bisnis sudah disediakan oleh pemilik brand.

4. Bisnis Laundry Industri

Laundry dilakukan dalam partai besar dan menyasar bisnis-bisnis sekitar. Artinya, pelanggan tidak lagi pada orang perorangan, namun cenderung pada entitas bisnis lain dan menjadi model B2B. Sasaran utama yang dimiliki adalah industri yang tidak menyediakan in-house laundry, dan membutuhkan partner khusus dalam bidang ini.

Standar pelayanan dan tarif yang dipasang akan dapat didiskusikan dengan klien yang kamu punya.

Langkah-langkah Memulai Bisnis Laundry

Jika kamu ingin benar-benar merintis bisnis laundry dari nol, maka langkah-langkah sederhana berikut ini bisa menjadi acuan yang tepat.

  • Pilih nama dan buat logo, agar mudah diingat, kamu harus menentukan nama yang menarik dan logo yang simpel. Dengan begini, pelanggan dan pasar akan lebih mudah mengenali bisnismu.
  • Buat business plan. Perencanaan bisnis menjadi hal penting yang tidak bisa diabaikan, agar kamu punya kerangka jelas tentang bagaimana bisnis dijalankan dan bagaimana prospek jangka panjang yang dimilikinya.
  • Pilih lokasi yang strategis. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bisnis laundry akan banyak bergantung pada pemilihan lokasi. Posisi menentukan prestasi, demikian pula dengan bisnis yang ingin kamu buka ini.
  • Lakukan pemilihan peralatan dan staf yang sesuai dengan segmen pasar atau jenis bisnis yang kamu pilih, sehingga tidak ada pemborosan dalam modal bisnis yang digunakan.
  • Jangan lupa daftarkan usaha agar bisnis yang kamu jalankan punya legalitas hukum yang jelas. Masalah ini sebenarnya menjadi hal pokok dalam bisnis, agar di kemudian hari tidak terjadi masalah berkaitan dengan hukum dagang.
  • Mulai pasarkan bisnis dan layanan yang kamu tawarkan dengan strategi yang tepat.

Cukup mudah bukan?

Baca Juga: Berencana Beli Mobil Bekas? Ini Untung - Ruginya yang Harus Kamu Tahu!

Kelebihan dari Usaha Laundry

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika kamu mengelola dan memiliki usaha laundry. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Balik modal dalam waktu yang relatif singkat karena demand yang tinggi
  • Tidak perlu gudang besar untuk menyimpan stok produk yang kamu punya, karena pada dasarnya yang dijual adalah jasa
  • Tidak perlu mengikuti tren dalam urusan bisnis, karena laundry menyasar kebutuhan harian dari masyarakat sekitar yang menjadi pelanggan
  • Kuat menghadapi resesi yang mungkin terjadi, karena kemudahan mencuci pakaian adalah hal primer untuk pasar
  • Dapat membuka cabang di sejumlah tempat berbeda ketika sudah memiliki pasar yang lebih luas
  • Asosiasi pengusaha laundry yang menawarkan benefit untuk anggotanya

Tantangan dalam Usaha Laundry

Selain keuntungan atau benefit yang ditawarkan, ada juga beberapa tantangan yang harus kamu sadari dan disikapi dengan bijak.

  • Fleksibilitas yang kurang, sebab yang dijajakan adalah jasa membersihkan pakaian dalam tempo waktu yang jelas. Pelanggan enggan  berkompromi dengan hal ini, jadi ketika kamu menjanjikan pengerjaan dalam waktu tertentu kamu harus menepatinya demi kredibilitas bisnis.
  • Maintenance peralatan yang cermat. Dengan mengandalkan teknisi yang ahli, kamu harus melakukan perawatan dengan cermat setiap periode waktu tertentu. Kerusakan pada alat akan mengganggu kapasitas bisnis, dan berpotensi mengecewakan pelanggan.
  • Persaingan yang cukup padat. Well, tidak dapat dipungkiri bisnis yang ‘basah’ ini memiliki pelaku yang cukup banyak sehingga kamu harus pintar-pintar menyusun strategi yang tepat.
  • Tentang pelanggan, karena setiap pelanggan punya preferensi masing-masing untuk urusan pakaian. Pastikan saja kamu tidak melakukan kesalahan pencucian pada bahan khusus, dan tidak ada pakaian yang hilang atau tertukar

Tips Menjalankan Usaha Laundry

Meski strategi yang disampaikan ini akan terdengar sangat klasik, tapi kamu bisa menjadikannya dasar dan memasukan value dari bisnis yang kamu punya. Secara singkat ini beberapa strategi yang bisa kamu terapkan dan modifikasi agar membedakan bisnis dengan pesaing di pasar.

  • Tentukan lokasi strategis, pastikan tempat yang dipilih punya potensi pasar yang menjanjikan sehingga kamu tidak perlu repot mencari pelanggan dari area lain
  • Berikan jasa antar jemput, baik secara reguler, berbayar, atau promo yang dipadukan dengan loyalty program
  • Soal harga, pastikan kompetitif. Untuk bisnis dengan skala yang sama kamu harus mengetahui harga yang diberikan oleh kompetitor. Pertimbangkan dengan baik, dan tawarkan harga kompetitif sesuai dengan kualitas yang kamu berikan
  • Promo spesial dari strategi pemasaran. Secara berkala, berikan promo-promo menarik yang memiliki tujuan jelas. Misalnya, promo untuk menambah pelanggan baru, promo untuk pelanggan setia, atau promo lain sesuai dengan momentum yang sedang terjadi
  • Pastikan semua tepat waktu dan kualitasnya terjaga. Ketepatan waktu akan menjadi senjata paling ampuh yang bisa kamu berikan, sekaligus jaminan pada ketepatan proses dan cara mencuci. Ingat, pakaian ini akan dikenakan oleh pelanggan, jadi harus benar-benar selesai dalam kondisi sempurna
  • Ingat jadwal maintenance dan jangan sampai terlewat untuk menghindari terjadinya kerusakan alat yang dapat menimbulkan kerugian

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Menjanjikan

Perencanaan yang baik, riset dengan data yang solid, dan eksekusi yang konsisten, akan membawa kamu kepada kesuksesan. Meski demikian, kamu juga harus selalu sadar bahwa bisnis memiliki risiko yang tidak kecil. Maka dari itu, kamu harus punya jaring pengaman untuk mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari karena satu dan lain hal.

Produk asuransi bisnis dari AXA Insurance bisa menjadi solusi untuk urusan ini. Membantu usaha laundry yang kamu miliki dengan perlindungan dan pengendalian risiko, Asuransi SmartBusiness akan memberikan apa yang kamu butuhkan. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa klik tautan terkait yang ada di atas, dan memahami detail produk andalan ini. Rencanakan bisnis dengan baik, dan susun langkah strategis untuk berbagai kemungkinan yang ada di masa depan!

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Desember 2023

Refensi:

  • https://www.bhinneka.com/blog/bisnis-laundry/
  • https://store.sirclo.com/blog/usaha-laundry/
  • https://info.populix.co/articles/memulai-usaha-laundry/
  • https://www.bizhare.id/media/bisnis/memahami-bisnis-jasa-laundry-dan-mengetahui-potensinya-kedepan
  • https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/usaha-laundry/