Kenali Apa Itu Asuransi, Jenis, dan 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Asuransi yang Tepat

Menjalani aktivitas setiap hari tentu menawarkan berbagai kesempatan untuk kehidupan. Tapi yang yang harus kamu sadari adalah bahwa kesempatan ini juga hadir bersama dengan risiko. Maka penting untuk seseorang, termasuk kamu, memiliki produk asuransi yang tepat. Untuk mengawalinya, tentu kamu harus tahu apa itu asuransi.

Banyak jenis asuransi kini disajikan oleh berbagai perusahaan untuk memberikan perlindungan finansial pada pemiliknya. Ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, asuransi dapat memberikan bantuan klaim sejumlah dana, sehingga beban finansial yang harus ditanggung bisa diringankan.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Asuransi Secara Umum dan Jenis-jenisnya

Apa Itu Asuransi

Salah satu definisi asuransi yang mungkin paling relevan adalah yang disampaikan dalam situs resmi OJK, pada sikapiuangmu.ojk.go.id. disebutkan bahwa asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi atau penanggung, dan pemegang polis atau tertanggung dimana tertanggung membayar sejumlah premi untuk mendapatkan pertanggungan atas risiko kerusakan, tanggung jawab hukum pada pihak ketiga yang mungkin diderita oleh tertanggung, menerima pembayaran yang didasarkan pada meninggal atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Jadi sederhananya ketika kamu punya produk asuransi, apa yang kamu alami dan masuk dalam tanggungan asuransi tersebut bisa diklaim dengan sejumlah nilai uang atau bentuk pertanggungan lainnya.

Macam-Macam Asuransi

Sebelum membeli atau menggunakan produk asuransi, tentu ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa saja macam-macam produk asuransi yang ada dan bisa menjadi opsi. Nantinya setelah tahu jenis-jenis asuransi ini, kamu bisa menentukan produk asuransi mana yang kira-kira paling tepat untuk digunakan.

Asuransi Kesehatan

Jenis kedua adalah asuransi kesehatan. Produk asuransi ini bisa membantu kamu dalam menangani masalah kesehatan yang tertanggung. Apa yang akan diberikan oleh asuransi ini adalah menanggung biaya proses perawatan kondisi kesehatan yang sudah dituliskan dalam asuransi yang kamu gunakan.
Asuransi ini sendiri banyak diberikan pada karyawan yang bekerja di perusahaan besar sebagai salah satu benefitnya. Tapi jika kamu ingin memiliki asuransi kesehatan sendiri, hal ini juga akan lebih baik karena klaim bisa didapatkan ketika apa yang ditakutkan terjadi.

Asuransi Umum

Selain beberapa asuransi yang disebutkan tadi, ada juga beberapa asuransi umum yang disediakan. Asuransi ini akan meng-cover banyak bidang lain selain yang disebutkan pada jenis asuransi di atas. Jenisnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Asuransi Perjalanan: adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan selama kamu melakukan perjalanan, baik di dalam atau di luar negeri. Jadi selama travelling, kamu bisa merasa lebih tenang ketika harus berhadapan dengan situasi yang tidak menentu atau risiko lain yang tercantum di polis asuransi yang kamu punya.
  • Asuransi Kendaraan: adalah jenis asuransi yang bisa kamu andalkan untuk risiko mogok, macet, lecet, kehilangan kunci, kecurian, hingga kejadian yang tidak diinginkan di jalan yang menimpa kendaraan kesayanganmu.
  • Asuransi Kebakaran: secara umum asuransi ini bisa kamu pahami sebagai sebuah asuransi yang memberikan perlindungan atas kerusakan pada bangunan atau harta benda lain yang disebabkan oleh kebakaran, sambaran petir, ledakan, tertimpa pesawat terbang, hingga kerusakan karena asap.
  • Asuransi Rumah: asuransi rumah sendiri adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan pada munculnya kerugian akibat kebakaran, tidak pencurian, dan kerusakan yang ada karena bencana alam.
  • Asuransi Properti: adalah jenis asuransi yang sifatnya unnamed perils, yang memberikan perlindungan dan jaminan pada seluruh risiko yang terjadi pada harta benda atau kepentingan yang ditanggungkan kecuali risiko yang ada pada bagian pengecualian.
  • Asuransi Kesehatan: adalah jenis asuransi yang bisa memberikan jaminan pada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, pembedahan, hingga biaya obat-obatan.

Dan lain sebagainya.

Pentingnya Memilih Asuransi yang Tepat

Mungkin tidak sedikit orang yang masih berpikiran apa alasan kuat untuk memiliki produk asuransi yang tepat? Bukankah semua bisa dilakukan dengan cara menabung dan menyiapkan berbagai dana darurat untuk kepentingan yang mendadak dan di luar perkiraan?

Memang tidak ada salahnya memiliki pikiran demikian. Tapi kamu juga harus sadar, risiko-risiko yang ada pada kehidupan ini datang tanpa memberi aba-aba, dan tidak mempedulikan persiapan yang kamu punya.

Maka beberapa alasan memiliki asuransi yang tepat, bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Mengelola Keuangan dan Risiko

Financial planning tentu jadi hal yang penting untuk masyarakat kekinian, karena apa yang direncanakan untuk masa depan selalu butuh persiapan. Dengan memiliki produk asuransi, kamu akan memiliki kewajiban membayar sejumlah premi sebagai pengeluaran rutin.

Kamu akan lebih memahami cara mengelola keuangan, dan mengelola risiko yang kamu hadapi setiap hari. Hal ini jelas bisa membantu pendewasaan secara finansial, sehingga urusan keuangan yang kamu punya bisa lebih terencana dengan baik, sekaligus dengan persiapan menghadapi risiko yang ada.

2. Memberi Perlindungan ke Orang Terdekat

Asuransi yang dimiliki juga bisa menjadi wujud nyata perlindungan pada orang-orang yang kamu sayang. Dengan begini, risiko yang dihadapi bisa disikapi dengan bijak, dan orang terdekat juga akan turut terlindung secara finansial.

Bukan berarti melindungi secara total dari semua efek yang diterima ketika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi, tapi setidaknya mengurangi beban yang ada dan harus dihadapi.

3. Membantu Mewujudkan Impian Masa Depan

Tidak dalam bentuk dana yang bisa digunakan di masa yang akan datang, tapi lebih kepada perlindungan pada uang tabungan dan investasi yang sudah kamu punya. Bayangkan ketika kamu sudah menyiapkan banyak dana untuk rencana besar, seperti pernikahan misalnya, kemudian hal buruk terjadi dan dana ini harus digunakan, bukankah impianmu akan menjadi kacau?

Maka dari itu, perlindungan dari asuransi juga bisa memberikan proteksi pada rencana masa depan yang sudah kamu punya, agar bisa terlaksana sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

4. Mengurangi Beban Pikiran

Selalu terbayang dan dihantui risiko kerja, perjalanan, atau risiko finansial lain?

Maka kamu sudah punya alasan kuat untuk mulai memiliki produk asuransi yang tepat sesuai dengan risiko yang dihadapi. Asuransi, seperti dijelaskan secara luas di atas tadi, bisa memberikan proteksi finansial pada banyak risiko yang dihadapi.

Beban pikiran bisa berkurang, dan kamu bisa lebih fokus menjalani hari-hari yang menyenangkan!

Baca Juga: 2 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya yang Harus Kamu Tahu

Memahami apa itu asuransi sebenarnya jadi hal fundamental untuk masyarakat kekinian, yang ingin menyongsong masa depan tanpa risiko. Ini kenapa, penting untuk memiliki jenis asuransi yang tepat, sehingga kamu bisa fokus menjalani hari-hari dengan hati yang tenang.

Asuransi Kesehatan Individu dari MAGI bisa menjadi salah satu produk yang cocok kamu gunakan, untuk memberikan perlindungan pada diri sendiri dan orang-orang tersayang. Dapat memberikan manfaat jangka panjang dan proteksi finansial kesehatan, asuransi ini akan siap membantu menghadapi risiko keuangan pada kondisi kesehatan yang tidak diinginkan. Pahami lebih jauh dan konsultasikan pemilihan produk asuransi yang tepat dengan financial advisor, dan mari sambut masa depan dengan penuh semangat!

Sumber:

  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/453_asuransi%201%20mengenal%20perusahaan%20asuransi_2018.pdf
  • https://katadata.co.id/intan/finansial/620cb37da59d8/asuransi-pengertian-dasar-hukum-jenis-dan-fungsinya
  • https://www.generali.co.id/id/healthyliving/detail/472/5-alasan-mengapa-asuransi-penting-apa-saja
  • https://www.dana.id/blog/5-alasan-penting-kenapa-kita-harus-punya-asuransi
  • https://axa-mandiri.co.id/-/jenis-jenis-asuransi-di-indonesia-simak-penjelasannya-yuk
  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20551
  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/52
  • https://mypage.axa.co.id/drive/quote/step1
  • https://askrindo.co.id/asuransi-kebakaran
  • https://www.cermati.com/artikel/asuransi-rumah-pengertian-jenis-dan-cara-klaimnya
  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/53
  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/58