Kenali 5 Manfaat Asuransi Secara Umum dan Jenis-jenisnya

Memiliki asuransi idealnya jadi hal wajib untuk kamu, masyarakat modern yang setiap hari harus berhadapan dengan berbagai risiko. Memang tidak menghilangkan risiko yang muncul, tapi setidaknya kamu bisa mengurangi dampak buruk dari risiko tersebut bilamana terjadi. Manfaat asuransi kemudian sangat luas, tergantung jenis dan polis yang dibeli dari penyedia asuransi.

Manfaat Asuransi Secara Umum

Sebenarnya masing-masing asuransi memberikan manfaat yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis yang ingin kamu gunakan. Namun demikian secara umum paling tidak ada lima manfaat dari asuransi yang bisa dirasakan oleh pemegang polisnya.

1. Memberikan Rasa Aman dan Perlindungan

Segala jenis asuransi akan membuat tertanggung, kamu dalam hal ini, terhindar dari kemungkinan risiko kerugian finansial saat objek yang diasuransikan mengalami kejadian tidak terduga. Hal ini bisa memberikan rasa tenang karena risiko finansial yang dialami akan dapat ditangani dengan baik.

2. Distribusi Biaya dan Manfaat yang Lebih Adil

Semakin besar kemungkinan terjadinya risiko kerugian timbul, maka semakin besar juga premi yang perlu dibayarkan. Namun meskipun kamu perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, kamu tetap dapat mengurangi dampak risiko yang mungkin terjadi atas risiko tersebut. Maka dari itu kamu harus cermat dalam memilih produk asuransi yang tepat, agar risiko yang kamu punya bisa ter-cover dengan baik.

3. Memberikan Kepastian

Dengan mempunyai asuransi yang tepat, kamu bisa mengurangi konsekuensi yang tidak pasti pada keadaan yang merugikan, yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Biaya atau akibat finansial dari kerugian ini bisa dipastikan dan terukur, karena adanya bantuan dari klaim asuransi yang kamu punya.

4. Instrumen Pengalihan dan Penyebaran Risiko

Adanya produk asuransi yang tepat bisa menjadi instrumen yang bisa mengalihkan risiko kerugian yang muncul karena kejadian tidak terduga.

5. Menjadikan Hidup Lebih Tenang

Semua risiko yang dapat diasuransikan dapat ditanggung oleh penyedia asuransi, sehingga hidup yang kamu punya akan lebih tenang ketika harus berhadapan dengan hal yang tidak menyenangkan, atau risiko buruk yang mungkin terjadi dan mengancam stabilitas finansial.

Selain itu, kamu juga harus memahami terlebih dahulu tentang jenis-jenis asuransi yang ada saat ini. Penyedia produk asuransi juga telah melakukan riset mendalam, sehingga dapat menawarkan produk yang beragam sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Baca Juga: Jadi Financial Freedom di Usia Muda, Begini Tips Mewujudkannya!

Mengenal Beberapa Jenis Asuransi yang Ada

Jika dilihat secara umum, sedikitnya ada cukup banyak asuransi yang sifatnya spesifik untuk masing-masing keperluan. Jenis-jenis ini secara umum bisa kamu lihat dan pahami di bawah ini.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu asuransi yang cukup populer dan umum di kalangan masyarakat. Asuransi ini menangani masalah kesehatan dan bisa memberikan proteksi pada sisi finansial dalam rangka menanggung biaya perawatan hingga sembuh. Nantinya setiap produk asuransi kesehatan akan secara spesifik menyebutkan penyakit yang masuk dalam klaim proteksinya.

2. Asuransi Kendaraan

Jika kamu punya kendaraan, asuransi untuk kendaraan juga tersedia. Asuransi ini bisa memberikan proteksi pada hal yang tidak diinginkan, mulai dari kehilangan atau kerusakan akibat berbagai hal. Manfaatnya jelas bisa memberikan rasa tenang pada sisi finansial jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan ini terjadi pada kendaraan yang kamu punya. Satu lagi, asuransi ini juga bisa menambah harga jual kendaraan semakin tinggi.

3. Asuransi Bisnis

Pada jenis ketiga ini ada asuransi bisnis. Jenis ini merupakan perlindungan yang dikhususkan untuk pemilik bisnis. Jadi jika sewaktu-waktu pemilik bisnis jatuh sakit atau mengalami kejadian yang menyebabkan bisnis nya menjadi terhenti dan tidak mendapatkan pemasukan usaha. Maka asuransi bisnis akan membantu memberikan perlindungan.

4. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan bisa memberikan perlindungan pada pemegang polis saat berada di dalam perjalanan. Mulai dari menanggung biaya medis, kehilangan barang, kehilangan dokumen perjalanan, atau bentuk kerugian lain yang mungkin terjadi selama perjalanan dilangsungkan. Mulai dari perlindungan selama perjalanan di seluruh Indonesia hingga seluruh dunia.

5. Asuransi Properti

Seperti namanya dengan memiliki asuransi ini kamu bisa memberikan jaminan ketika mengalami kerugian properti, sepert akibat kelalaian atau akibat bencana alam yang melanda properti yang kamu punya ataupun jika rumah kamu mengalami pencurian lho!

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Setelah Libur Panjang

Itu tadi sedikitnya 5 manfaat umum asuransi dan jenisnya yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi yang tepat. Dalam hal perlindungan untuk kendaraan yang kamu sayangi, kamu bisa menggunakan Asuransi Smart Drive yang disediakan oleh PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Asuransi ini akan membantu kamu memberikan proteksi pada banyak hal, seperti mogok, lecet, penyok, kehilangan kunci, kecurian, hingga kejadian yang tidak diinginkan saat berada di jalan. Pastikan kamu memiliki produk asuransi yang tepat dari perusahaan penyedia asuransi handal, dan hadapi masa depan dengan penuh percaya diri!

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung melalui AXA Mandiri myPage hingga 31 Desember 2023

Sumber:

  • https://www.manulife.co.id/id/artikel/kenali-jenis-jenis-asuransi-untuk-kebutuhanmu.html
  • https://ifg-life.id/2022/07/01/11-manfaat-asuransi-yang-penting-untuk-diketahui/
  • https://axa-mandiri.co.id/-/apa-saja-manfaat-asuransi-untuk-anda-cari-tahu-di-sini-