Ini 5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Setelah Libur Panjang

Setelah puas dengan travelling akhir tahun bersama keluarga atau teman, banyak yang memilih perjalanan dilakukan menggunakan pesawat ataupun transportasi umum lainnya seperti kereta. Hal ini membuat kendaraan pribadi terparkir di garasi mobil rumah dalam kurun waktu yang panjang. Tahukah kamu, saat mobil jarang digunakan dapat menyebabkan aki rusak? Sehingga membuat mobil tidak bisa di starter lho!

Kita semua ingin mengawali awal tahun dengan baik terlebih berangkat untuk beraktivitas dengan mobil tanpa kendala. Tapi siapa sangka banyak hal yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Daripada bingung sambil menebak – nebak biaya service mobil, yuk kita cari tahu dan kenali lebih dalam penyebab mobil tidak bisa distarter dan cara pencegahannya bareng Mandiri AXA General Insurance (MAGI)!

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter biasanya karena kondisi aki bermasalah atau tekor disebabkan aki tidak mendapat suplai listrik yang cukup karena jarang digunakan. Akibatnya, kapasitas kinerja aki menjadi kurang maksimal.

Permasalahan starter mobil sendiri cukup beragam, ada mobil yang tidak bisa distarter namun lampu nyala, aki bagus bahkan ada juga mobil yang tidak bunyi saat distarter. Berikut alasan mobil tidak dapat distarter yang sudah MAGI rangkum:

1. Aki Rusak

Aki merupakan mesin yang mengalirkan daya listrik pada kendaraan. Jika aki bermasalah, maka akan menjadi penyebab utama mobil mengalami disfungsi. Terkadang, mobil bisa mendadak mogok, tidak dapat distarter, tidak ada suara dan lampu interior tidak nyala.

2. Masalah Pada Busi

Busi adalah part yang berfungsi untuk pengapian mesin, yaitu untuk membakar bensin dan udara lewat gerakan piston agar mobil dapat menyala. Jika busi kotor atau rusak, maka akan menghambat bunga api yang dibutuhkan agar starter mobil bisa bekerja.

3. Koil Terlalu Panas

Jika tidak ada masalah pada aki atau busi, bisa jadi terdapat gangguan pada koil. Koil berfungsi untuk mengubah tegangan aki menjadi daya listrik. Apabila koil terlalu panas, maka dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

4. Dinamo Ampere Rusak

Selanjutnya, penyebab mobil tidak bisa distarter bisa jadi karena alternator atau dinamo ampere yang rusak. Dinamo ampere berfungsi untuk mengalirkan listrik ke aki. Jika rusak, maka mobil tidak mampu nyala walaupun aki dalam keadaan bagus.

5. Bahan Bakar Mobil Tersumbat

Saat bahan bakar mobil tersumbat, maka distribusi bahan bakar pun tidak maksimal. Hal ini bisa disebabkan oleh fuel pump dari tangki ke karburator yang melemah.

 

Cara Merawat dan Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Distarter

Daripada bingung dan pusing kenapa mobil tidak bisa distarter, MAGI akan bagikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah!

1. Cek Kesehatan Fuel Pump

Fuel pump berperan untuk mengatur aliran bahan bakar pada mobil. Saat mobil tidak bisa distarter akibat fuel pump tangki ke karburator melemah, kamu bisa menghentak fuel pump hingga berfungsi kembali. Kamu juga bisa melihat multi information detail (MID) pada dashboard untuk cek kondisi terkini fuel pump.

2. Bersihkan Busi Mobil

Jika penyebab mobil tidak menyala saat distarter adalah busi yang kotor, maka sudah seharusnya Kamu membersihkan busi mobil dengan menggunakan kain. Namun, apabila keadaan busi sudah korosi/berkarat, maka Kamu perlu segera mengganti busi baru di bengkel.

3. Cek Kondisi Aki

Apabila penyebab mobil tidak bisa distarter ada pada aki, maka periksa aki mobil mulai dari kabel koneksinya. Jika ada kabel sambungan yang kendur, silakan kencangkan kembali dengan cara lepas kabel, bersihkan kabel dan pasang kembali dengan kencang. Periksa juga kedua kutub aki dengan melepas kutub positif dan bersihkan kotoran yang menempel.

 

Walaupun kamu bisa cek dan mengatasi masalah mobil tidak bisa distarter sendiri di rumah, tapi jangan lupa kamu juga harus melakukan pemeriksaan mesin secara menyeluruh di bengkel lho! Karena kita tidak benar – benar tau apa yang jadi penyebab dan bisa saja ada masalah di komponen mobil yang harus diperbaiki segera.

Maka dari itu, MAGI berikan perlindungan Smart Drive supaya kamu gak khawatir lagi atas biaya service yang tidak terduga1. Biar hati tenang dan aman, MAGI berikan perlindungan asuransi mobil kamu secara menyeluruh mulai dari perlindungan mogok, kendaraan dicuri, mobil penyok hingga perlindungan dari banjir atau pun lainnya dengan perluasan manfaat yang ada1.

*Berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri MyPage hingga 31 Januari 2023

1Penjaminan asuransi Smart Drive sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam polis 

Sumber: Daihatsu.co.id ; Suzuki.co.id ; Otoklix.com