Jadi Financial Freedom di Usia Muda, Begini Tips Mewujudkannya!

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah kondisi dimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa harus ketergantungan kepada orang lain. Misalnya seperti memiliki tabungan, investasi, uang tunai hingga aset yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Financial freedom seringkali menjadi perbincangan terlebih untuk generasi milenial dan generasi z karena jadi impian banyak orang.

Untuk bisa mencapai financial freedom tentu gak mudah, karena dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang, serta sebagai generasi muda dibutuhkan disiplin dan komitmen yang tinggi dalam mengelola keuangan.

Apa Itu Financial Freedom?

Menurut investment coach Bareksa, Felicia Putri Tjiasaka, financial freedom merupakan tujuan besar dalam perencanaan keuangan yang artinya tidak selalu pensiun atau berhenti kerja. Ketika sudah mencapai tahap tersebut, kamu bekerja bukan lagi untuk uang.

Penghasilan sudah didapatkan secara passive income, seperti halnya orang orang yang memiliki dana pensiun untuk menutup biaya hidupnya saat mereka sudah tidak aktif bekerja. Terlepas dari penghasilan, seseorang yang sudah merasakan kebebasan finansial bekerja untuk meraih mimpi atau sekedar menyukai kegiatan tersebut.

Baca juga: Penting, Manfaat Asuransi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Kenali Gaya Kamu Dalam Mengelola Keuangan

Mulai dari pahami dengan kondisi keuangan kamu terlebih dahulu. Apakah dari penghasilan yang didapatkan akan mencukupi segala kebutuhan dan keinginan kamu, tanpa nantinya menganggu dana simpanan atau tabungan yang kamu miliki.

Setelah itu, hitung kembali pengeluaran setiap hari, minggu, bulan untuk dapat melihat apakah pengeluaran yang ada sudah digunakan dengan baik. Atau justru pengeluaran kamu lebih besar dari pendapatan, disini kamu harus meninjau kembali dan mensiasati dengan mencari tambahan pendapatan dari sumber lain atau mengurangi pengeluaranmu.

Ketiga, pasang dan taruh motivasi yang bisa membuat kamu lebih disiplin dan berkomitmen dalam menjaga pengeluaran supaya mimpi financial freedom bisa terwujud!

Cara Mewujudkan Financial Freedom di Usia Muda

Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa memiliki kontrol atas uangmu di usia muda? Kuncinya adalah dengan mengatur keuangan. PT Mandiri AXA General Insurance (“MAGI“) sudah merangkum cara yang wajib kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial.

1. Rencanakan Life Goal

Tentukan apa yang ingin kamu capai di masa yang akan datang? Misalnya mulai dari merencanakan untuk miliki dana darurat, hingga dana – dana lain untuk kebutuhanmu. Tapi supaya dapat mencapai keinginanmu, kamu harus menentukan cashflow setiap hari, minggu bahkan bulan. Supaya perencanaan yang dirancang akan lebih realistis sesuai dengan keadaan keuanganmu!

2. Lunasi Hutang dan Kredit

Setelah mengetahui apa yang jadi wish list kamu, sebaiknya tinjau ulang apakah kamu memiliki hutang atau kredit yang saat ini masih berjalan? Apabila iya, disarankan untuk kamu dapat melunasi hutang dan kredit tersebut secepat mungkin. Saat hari gajian tiba, kamu bisa menyisihkan setiap bulannya untuk pelunasan.

Baca juga: Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

3. Memulai Hidup Sehat & Sederhana

Salah satu hal yang sangat berpengaruh pada rencana finansial adalah kondisi di saat kamu sakit dan memerlukan biaya perawatan yang besar. Untuk menghindari situasi tak terduga, kamu wajib menjalani pola hidup sehat dengan mengontrol makanan, rutin berolahraga dan istirahat cukup, serta memulai hidup sederhana tapi bukan berarti pelit ya! Tapi lebih ke bijaksana dalam mengatur pengeluaran secukupnya.

4. Investasi

Jika kamu sudah memiliki tabungan dana darurat dan asuransi, saatnya untuk memulai investasi. Kenapa? Karena uang yang saat ini kamu miliki tidak akan memiliki nilai yang sama dalam beberapa tahun mendatang. Selain berinvestasi dengan beragam instrument investasi yang ada seperti emas, reksadana, saham dan yang lainnya.

Investasi jangka panjang untuk kesehatan kamu juga penting lho!

Pentingnya Asuransi Kesehatan Untuk Capai Financial Freedom

Tahukah kamu, investasi jangka panjang untuk kesehatan akan mendukung kamu untuk bisa mencapai financial freedom lebih cepat. Dengan memaksimalkan proteksi melalui SmartCare Executive dari MAGI sebagai asuransi perlindungan kesehatan dari risiko penyakit yang bisa datang kapan saja.

Perlindungan untuk kamu hingga keluarga dengan beragam manfaat mulai dari manfaat rawat inap seperti perlindungan untuk biaya operasi, kecelakaan hingga perluasan manfaat rawat jalan1 dengan premi yang terjangkau. Manfaat ini juga dapat diakses menggunakan kartu asuransi kesehatan secara mudah di seluruh rekanan rumah sakit dan klinik di Indonesia membuat kamu jadi lebih nyaman dalam mendapatkan perlindungan.

1Penjaminan berdasarkan syarat dan ketentuan polis yang berlaku
*Berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri MyPage hingga 31 Januari 2023

Source: bareksa.com ; glints.com ; axa-mandiri.co.id ; abisgajian.id ; gajigesa.com ; Manulife.co.id ; bfi.co.id .