Begini Cara Klaim Asuransi Mobil dengan Mudah

Memiliki proteksi kendaraan seperti asuransi mobil akan sangat berguna untuk melindungi keuangan kamu Apalagi, saat terjadi kecelakaan atau kehilangan akibat pencurian. Asuransi kendaraan akan membuat nyaman dan merasa tenang pada saat berkendara di jalan. Risiko yang mungkin terjadi kapan saja terhadap kendaraan akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Asuransi kendaraan bermotor atau asuransi mobil dibedakan menjadi dua jenis, yaitu asuransi Comprehensive dan asuransi Total Loss Only (“TLO”). Pada umumnya, TLO adalah suatu program asuransi yang hanya melindungi mobil dari dua jenis risiko, yaitu risiko kehilangan kendaraan akibat pencurian dan kerusakan yang biaya perbaikannya di atas 75% dari nilai pertanggungan. Asuransi mobil Comprehensive adalah asuransi yang melindungi dari segala macam risiko atau kerusakan seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok, risiko kehilangan kendaraan akibat pencurian, kerusakan yang biaya perbaikannya di atas 75% dari nilai pertanggungan dan risiko lainnya yang terjadi pada kendaraan bermotor selama tidak dikecualikan dalam polis asuransi.

Sayangnya, masih banyak orang yang berpikir bahwa proses dan cara klaim asuransi mobil terlalu berbelit. Klaim asuransi mobil adalah hak untuk setiap pemegang polis yang juga merupakan pihak tertanggung asuransi. Cara klaim asuransi mobil sendiri tidak sulit, asalkan Anda memenuhi syarat dan ketentuan klaim polis asuransi. Tenang saja, MAGI akan berbagi cara klaim asuransi mobil agar langsung diterima. Yuk simak!

Baca juga: Asuransi All Risk dan Asuransi Total Loss Only, Bedanya Apa?

Dokumen yang Dibutuhkan Saat Klaim Asuransi Mobil

Kelengkapan dokumen saat mengajukan klaim asuransi mobil sangat penting. Jika Anda belum melengkapinya, maka pihak asuransi tidak akan bisa memproses laporan yang Anda buat. 

Pada umumnya, dokumen utama yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:
●    Formulir klaim yang sudah diisi dan ditandatangani
●    Copy KTP Tertanggung
●    Copy SIM Pengemudi
●    Copy STNK

PT Mandiri AXA General Insurance (“MAGI”) juga menyarankan kamu untuk melengkapi dokumen tambahan sesuai dengan jenis klaim yang diajukan, seperti untuk klaim personal accident kamu bisa melengkapi dengan dokumen kwitansi dari rumah sakit untuk klaim cidera badan pengemudi atau penumpang atau untuk jenis klaim asuransi mobil pencurian kamu bisa melengkapi dengan dokumen laporan polisi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara klaim asuransi mobil, klik disini

Syarat Untuk Klaim Asuransi Mobil

Agar klaim asuransi mobil bisa disetujui dengan mudah dan cepat, pastikan Anda memenuhi syarat-syarat berikut ini:
●    Peristiwa atau risiko yang terjadi oleh tertanggung tercantum di dalam polis asuransi yang sudah disetujui
●    Polis asuransi berstatus aktif
●    Memenuhi persyaratan klaim asuransi mobil, termasuk dokumen utama dan dokumen tambahan sesuai jenis klaim yang akan diajukan

Berapa Lama Klaim Asuransi Mobil

Pada umumnya klaim asuransi mobil biasanya memakan waktu hingga 5 hari kerja. Namun, waktu tersebut tidak berlaku untuk setiap proses klaim. Ada hal lain yang mempengaruhi lamanya waktu klaim, seperti tingkat kerusakan mobil hingga kelengkapan dokumen yang dilampirkan saat pengajuan klaim. Jika dokumen tidak lengkap, pihak asuransi akan meminta Anda untuk memberikan dokumen susulan sehingga proses klaim asuransi harus tertunda hingga seluruh dokumen sudah terkumpul lengkap.

Selain itu, jika terjadi kerusakan yang cukup parah pada mobil Anda, pihak bengkel rekanan bisa saja memerlukan waktu lebih lama untuk proses perbaikan dan memengaruhi waktu klaim asuransi hingga cair.

Baca juga: Mengenal Asuransi Mobil All Risk, Apa Saja Keuntungannya?

Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak atau Ditunda

Masih banyak peserta asuransi yang tidak mencermati polis asuransi mereka, sehingga akhirnya klaim asuransi kendaraan ditolak atau ditunda. Ada banyak penyebab klaim asuransi tidak disetujui, diantaranya:
●    Dokumen tidak lengkap saat mengajukan klaim
●    Polis asuransi tidak aktif atau lapse
●    Klaim asuransi mobil dilakukan setelah lewat dari batas waktu yang ditentukan oleh perusahaan asuransi
●    Tidak melaporkan adanya tambahan aksesori atau modifikasi mobil kepada perusahaan asuransi
●    Pengemudi mobil melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti tidak memiliki SIM, melanggar lalu lintas, berkendara saat mabuk, dll
●    Kerusakan mobil yang disengaja
●    Kerusakan mobil yang terjadi sebelum tanggal pertanggungan dimulai
●    Keterlambatan pembayaran premi 

Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Mudah Diterima

Dari penjelasan diatas, sudah sangat jelas, bahwa salah satu cara klaim asuransi kendaraan agar dapat diterima dengan baik adalah dengan memberikan dokumen yang lengkap sesuai ketentuan pihak asuransi. Berikut cara klaim asuransi mobil yang perlu Anda perhatikan:

1. Isi Formulir Pengajuan Klaim Asuransi Mobil

Lengkapi semua formulir pengajuan klaim sesuai dengan klaim asuransi yang akan diajukan. Lalu isi formulir secara lengkap dengan  informasi yang berhubungan dengan pemegang polis, seperti nomor KTP atau paspor, nomor polis dan sebagainya.

2. Lengkapi Dokumen Utama dan Tambahan

Pastikan Anda sudah melengkapi semua dokumen yang diperlukan seperti dokumen utama yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain dokumen utama, Anda harus menyiapkan berbagai dokumen tambahan sesuai dengan persyaratan pengajuan klaim.

3. Serahkan Formulir dan Dokumen Pengajuan Klaim ke Perusahaan Asuransi

Jika sudah melengkapi formulir pengajuan klaim serta dokumen pendukung, Anda tinggal mengajukan klaim ke pihak asuransi melalui nomor kontak, email atau website perusahaan dan jangan melebihi waktu pengajuan klaim yang telah ditetapkan. 

Cara Klaim Asuransi Mobil Mudah Dengan MAGI 

Kini ajukan klaim asuransi mobil jadi lebih mudah untuk produk Asuransi SmartDrive dari MAGI. Asuransi SmartDrive memberikanmu kemudahan klaim melalui video call survey. Cukup ajukan klaim via whatsapp melalui nomor 0811-1500-733, lalu kamu akan menerima SMS berupa jadwal dan link tautan untuk video call survey. Jika kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai dokumen klaim yang dibutuhkan atau proses klaim mobil? Mudah, hubungi Customer Care Center MAGI

Sebelum Mobil Ngambek, Lengkapi Dengan Asuransi SmartDrive

Lebih baik punya payung sebelum hujan, lebih baik miliki perlindungan mobil Smart Drive sebelum ada hal yang tidak diinginkan terjadi dengan mobil kamu lho! Asuransi SmartDrive dari MAGI, berikan perlindungan menyeluruh yang bikin hati nyaman dan aman saat berkendara. Mulai dari perlindungan jika kecurian, hingga perluasan manfaat untuk risiko dari banjir, huru hara dan risiko lainnya**. Dengan perlindungan yang menyeluruh dan premi terjangkau, bikin dompet dan mobil tetap aman apalagi saat perjalanan jauh seperti mudik idul fitri nanti. 

 
*Kode promo hanya dapat digunakan untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri myPage hingga 31 Desember 2023
** Syarat dan ketentuan asuransi mengikuti ketentuan polis asuransi

Sumber:
https://mypage.axa.co.id/tata-cara-pengajuan-klaim
https://axa-mandiri.co.id/-/ini-5-cara-klaim-asuransi-yang-tepat
https://lifepal.co.id/media/proses-klaim-asuransi-mobil/ 
https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/yNLGDd6K-8-penyebab-klaim-asuransi-kendaraan-ditolak