Berencana Beli Mobil Bekas? Ini Untung - Ruginya yang Harus Kamu Tahu!

Untuk kamu yang baru saja memulai bahtera rumah tangga, atau baru memiliki income yang stabil, tentu mobil akan jadi salah satu target pembelian yang dimiliki. Tidak perlu selalu baru, beli mobil bekas juga bisa memberikan benefit yang cukup menarik dari segi finansial.

Jelas saja mobil bekas memiliki harga yang miring jika dibandingkan dengan mobil baru. Selama mobil yang akan kamu beli ini benar-benar terawat, masalah kondisi mesin dan interior mungkin tak akan jadi soal.

Tapi apakah benar semua tentang rencana beli mobil bekas selalu soal hal positifnya?

Baca Juga: Kenali 9 Penyebab Umum Mobil Mogok, Ini 4 Tips Menghindarinya!

Berikut beberapa keuntungan dan kerugian yang semoga bisa membuat pertimbangan membeli mobil bekas semakin matang, dan kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Keuntungan Beli Mobil Bekas

1. Opsinya Cukup Beragam

Bursa mobil bekas, jika dilihat di berbagai lokasi dan berbagai marketplace, sebenarnya menawarkan pilihan yang beragam. Kategori harga, jenis mobil, tahun produksi, hingga kondisi, semua tersedia secara lengkap dan bisa menyesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan.

Secara sederhana, dengan range harga yang sama kamu akan memiliki pilihan jauh lebih beragam untuk mobil bekas jika dibandingkan dengan mobil baru. Tentu saja, fleksibilitas ini jadi kelebihan yang hampir tidak terbantahkan, jika dibandingkan dengan beli mobil baru.

2. Dari Sisi Harga, Jelas Lebih Murah

Karena dalam kondisi bekas, jelas harganya akan jauh lebih terjangkau daripada ketika kamu harus membeli mobil baru. Hal ini menjadi nature dari mobil bekas karena seiring berjalannya waktu sebuah kendaraan pasti mengalami depresiasi.

Pengurangan nilai ini berasal dari usia pemakaian, keausan pada suku cadang mobil, hingga mungkin riwayat kerusakan yang pernah dialami atau kecilnya peminat pada mobil yang dijual tersebut. Tapi jika kamu pandai memilih, kamu bisa mendapatkan mobil dengan kondisi yang masih sangat baik dengan harga tetap terjangkau.

3. Proses Administrasinya Cepat

Mobil bekas dapat dibeli dan dimiliki tanpa melewati proses yang terlalu panjang. Terlebih jika kamu membeli langsung dari pemilik sebelumnya, maka urusan yang dilakukan sekedar transaksional saja, tanpa perlu berbagai berkas administrasi yang ribet.

Pun ketika pembelian dilakukan di showroom mobil bekas, kamu juga akan tetap mendapatkan proses yang jauh lebih sederhana ketimbang membeli mobil baru, baik secara cash atau kredit. Urusan berkas dapat diselesaikan di kemudian hari, terkait balik nama dan sebagainya.

4. Langsung Digunakan

Setelah proses jual-beli selesai, kamu akan menerima surat-surat utama dari mobil dan unit mobil yang kamu bayar. STNK, BPKB, dan surat lain yang diperlukan akan diserahterimakan bersamaan dengan penyelesaian pembayaran.

Kamu bisa langsung menggunakan mobil ini untuk keperluan sehari-hari, tanpa perlu menunggu berkas legal datang atau plat nomor resmi dicetak.

Kerugian Beli Mobil Bekas

Tentu saja di mana ada kelebihan di situ ada pula tantangan atau kekurangan yang menyertainya. Selain empat kelebihan di atas, kamu juga harus sadar bahwa beli mobil bekas juga memunculkan sederet realita yang harus dihadapi.

1. Harga Jual Kembali Lebih Rendah

Ketika kamu membeli mobil bekas dengan harga yang lebih ekonomis, maka opsi untuk menjualnya kembali harus dipikirkan masak-masak. Kenapa? Sebab harga jual kembali mobil bekas jelas akan lebih rendah dari harga belinya, kecuali kamu sudah melakukan perombakan besar-besaran.

Hal ini juga jadi nature dari mobil bekas, sebab nilainya akan terus menurun seiring waktu pemakaian. Usia mesin yang bertambah membuat harganya akan berkurang.

2. Kualitas yang Apa Adanya

Alasan utama mobil golongan ini disebut bekas adalah karena kondisinya sudah tidak baru lagi, dan sudah digunakan oleh pemilik sebelumnya. Kualitas mobil akan berbeda dengan mobil yang baru dari showroom atau dealer resmi.

Kamu harus pandai memilih dan memilah mobil yang akan dibeli. Jika diperlukan, kamu bisa meminta bantuan pada jasa peninjauan mobil bekas yang kini mulai marak beredar di media sosial.

3. Ada Risiko Perbaikan Besar

Risiko ini muncul saat kamu tidak melakukan pengamatan dengan cermat pada mobil yang akan kamu beli. Kerusakan di bagian mesin atau interior mobil yang cukup besar bisa memakan biaya yang tidak sedikit.

Jelas saja, jika kamu ingin menghindari ini, kamu harus sangat teliti untuk memastikan kondisi mobil dan mengetahui kekurangannya.

4. Garansi Cenderung Pendek

Mobil bekas yang dijual umumnya sudah tidak lagi memiliki garansi resmi, hanya garansi yang diberikan oleh pemilik sebelumnya. Garansi ini juga tidak terlalu panjang, jadi akan sangat direkomendasikan dalam kurun waktu tersebut kamu melakukan pengecekan mandalam pada setiap komponen mobil yang baru kamu dapatkan ini.

Setidaknya dengan tahu untung-rugi beli mobil bekas, kamu bisa membuat pertimbangan yang lebih matang ketika akan membelinya. Sebagai tambahan, kamu juga bisa lihat sekilas mengenai tips beli mobil bekas supaya mendapatkan barang yang cenderung dalam kondisi baik.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Asuransi, Jenis, dan 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Asuransi yang Tepat

7 Tips Beli Mobil Bekas Anti Rugi

1. Tentukan Budget

Tips pertama membeli mobil bekas adalah menentukan anggaran yang akan kamu punya untuk melakukan pembelian. Tahu batas maksimal uang yang dapat digunakan bisa membantu kamu memperkecil scope pencarian, sehingga opsi yang muncul akan lebih fokus dan jelas.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setelah budget ditetapkan berikutnya adalah mengetahui apa yang Anda butuhkan. Apakah jenis city car dengan kapasitas terbatas tapi ukuran yang jelas lebih kecil? Atau justru mobil dengan kapasitas tujuh seat yang bisa menampung setiap anggota keluarga? Poin kebutuhan dan budget ini akan membuat pilihan yang tersedia semakin spesifik.

3. Gunakan Marketplace dan Media Sosial

Akan baik jika kamu bisa mendatangi showroom mobil bekas yang ada di area tempat tinggal ketika tempat ini tersedia. Tapi dengan keterbatasan pilihan, kamu juga bisa menggunakan berbagai marketplace untuk mencari opsi terbaik. Pastikan gunakan marketplace yang memiliki sistem transaksi jelas dan solid, sehingga mengurangi risiko terjadinya penipuan.

4. Jangan Melulu Soal Murah

Jangan langsung tergoda dengan harga murah, karena harga mobil bekas di bawah pasaran selalu mengindikasikan ada sesuatu terkait mobil tersebut. Tidak ada salahnya melakukan pengecekan langsung bersama dengan orang yang kamu percaya, untuk memastikan kondisi mobil yang ditawarkan.

5. Riwayat Penggunaan

Untuk mendapatkan mobil yang tepat, kamu juga bisa melihat sejarah penggunaan dari mobil tersebut. Apakah perawatan dan servis rutin selalu dilakukan? Bagaimana kondisi interior dan fungsi di dalamnya? Kamu juga bisa mempertimbangkan total kilometer yang ada pada dashboard mobil. Waspadai perilaku oknum curang yang melakukan reset pada angka kilometer ini, karena bisa membuat penilaian kondisi mobil jadi bias.

6. Pastikan Surat Lengkap

Surat-surat terkait mobil jadi hal selanjutnya yang wajib dipastikan. Mulai dari STNK, BPKB, dan surat pendukung lain harus ada dan masih berlaku, sehingga tidak menambah biaya untuk mengurusnya di kemudian hari. Bila perlu, lakukan balik nama secepatnya agar nyaman digunakan.

7. Uji Coba

Salah satu keuntungan kamu bisa mendatangi tempat penjual mobil bekas adalah kamu bisa mencobanya terlebih dahulu. Ajak seorang yang memahami mesin mobil  ketika test drive ini, sehingga kamu bisa beli mobil bekas dalam kondisi yang sesuai dengan ekspektasi.

Baca Juga: 5 Tips Road Trip Aman Pakai Kendaraan Pribadi

Itu tadi sederet untung-rugi dan tips beli mobil bekas yang bisa dibagikan dalam artikel singkat ini. Teliti dalam membeli mobil bekas selalu jadi hal yang diutamakan, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Setelah kamu mengambil keputusan untuk beli mobil bekas, jangan lupa juga untuk melengkapi kendaraanmu dengan asuransi yang tepat. Perlindungan ini diperlukan untuk mencegah kerugian finansial yang mungkin muncul di kemudian hari, agar tidak menjadi beban. Tentu saja untuk urusan ini, AXA Insurance menyediakan produk handalnya, yakni Asuransi SmartDrive, yang bisa menyiapkan layanan derek, new for old, penggantian kunci kendaraan, sampai dengan penggantian tanggung jawab hukum pihak ketiga dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, pastikan mobil bekas yang kamu beli benar-benar sesuai, dan berikan perlindungan tambahan dengan asuransi dari AXA Insurance Indonesia!


*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Juni 2023

Referensi: 

  • https://cintamobil.com/jual-beli/kelebihan-dan-kekurangan-membeli-mobil-bekas-aid12395
  • https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/tips-membeli-mobil-bekas#
  • https://www.maybankfinance.co.id/artikel/mobil-baru-atau-bekas
  • https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-5671249/untung-rugi-beli-cash-mobil-bekas-atau-kredit-mobil-baru
  • https://www.merdeka.com/uang/untung-rugi-beli-mobil-baru-dan-bekas.html
  • https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/22/114200815/untung-rugi-beli-mobil-bekas-di-atas-10-tahun-