Kenali 9 Penyebab Umum Mobil Mogok, Ini 4 Tips Menghindarinya!

Siapa sih yang tidak kesal saat mobil kesayangannya mogok tanpa sebab yang jelas? Sialnya, kejadian ini cukup banyak menimpa orang-orang, yang kebetulan, jarang melakukan perawatan kendaraan. Sederet penyebab mobil mogok bisa jadi pemicunya, maka ada baiknya kamu tahu kira-kira apa yang membuat hal ini terjadi pada mobil kesayanganmu.

Dengan tahu beberapa penyebab yang memicu mobil mogok, setidaknya kamu bisa melakukan berbagai langkah antisipasi agar kejadian ini tidak perlu dialami.

Baca juga: Begini Cara Klaim Asuransi Mobil dengan Mudah

Penyebab Mobil Mogok yang Sering Terjadi

Mogok sendiri biasa diartikan sebagai kondisi mobil yang tidak bisa lagi menyala mesinnya, sehingga tidak dapat digerakkan dan berfungsi secara normal. Ada beberapa alasan kenapa mobil bisa mogok, dan secara umum ini beberapa pemicunya.

1. Filter Bahan Bakar yang Tersumbat

Menjadi salah satu penyebab paling umum mobil mengalami mogok, bagian filter bensin yang tersumbat ini bisa jadi biang keladinya. Bahan bakar mobil adalah aspek krusial agar mesin bisa bekerja. Saat saluran bahan bakarnya tersumbat, maka suplai bahan bakar ke mesin akan berkurang atau berhenti.

Penyebab dari tersumbatnya filter bahan bakar sendiri bisa berakar dari pengisian BBM, di mana tangki BBM terkontaminasi, dan membuat ada materi padat selain BBM yang masuk ke tangki.

2. Overheat Mesin

Jika disebut sebagai salah satu penyebab mobil mogok paling umum adalah overheat mesin, maka hal ini tidak salah. Seperti namanya, overheat mesin terjadi ketika suhu udara terlalu tinggi pada mesin mobil, dan membuat efek domino yang fatal untuk mesin mobil hingga mengalami mati mendadak.

Overheat sendiri terjadi ketika suhu mesin terlalu tinggi, akibat cuaca panas yang melanda, atau air radiator yang tidak rutin diganti. Air radiator berfungsi untuk membantu proses pendinginan mesin, agar suhunya tidak terlalu tinggi.

3. Aki yang Rusak

Penyebab kedua mobil mengalami mogok bisa jadi karena dipicu aki mobil yang sudah tidak lagi dalam kondisi bagus. Aki akan berpengaruh langsung pada saat kamu menyalakan mesin. Pengapian awal ini harus bisa terjadi dengan baik, supaya mesin mobil bisa menyala.

Ketika aki rusak atau disebut soak, maka aki tidak bisa melakukan proses pengapian awal, jadi mobil tidak bisa dinyalakan.

4. Terjadi Malfungsi Alternator

Tidak perlu cemas karena bahasa yang dipakai semakin teknis. Alternator sendiri sering disebut dengan istilah dinamo ampere, yang berfungsi untuk memasok energi listrik dari aki ke berbagai bagian di mobil.

Ketika bagian ini mengalami malfungsi, maka peran utama yang dijalankan tidak bisa dilakukan. Akibatnya mesin mobil bisa mati tiba-tiba dan kapan saja tanpa peringatan, karena energi listrik yang didistribusikan hilang.

5. Fungsi Karburator Tidak Maksimal

Jika mobil yang kamu miliki adalah mobil klasik atau mobil dengan teknologi lawas, maka karburator mobil yang tidak berfungsi maksimal juga bisa jadi ‘tersangka’ atas kejadian mogoknya mobil ini. Hal ini terjadi saat distribusi bahan bakar terlalu sedikit, sehingga proses pembakaran tidak akan sempurna dan mobil sulit dinyalakan.

6. Baut Mesin Kendor

Simpel, tapi bisa memicu masalah besar sampai pada mobil yang mogok. Baut mesin idealnya dipasang dengan benar sehingga semua berada di tempatnya dan mengunci setiap bagian mesin. Hal ini ditujukan supaya mesin tidak mengalami kebocoran, terlebih di bagian kompresi.

Kebocoran di bagian kompresi dapat membuat mobil mati mendadak, dan merepotkan untuk diatasi.

7. Catalytic Converter yang Rusak

Di dalam mobil yang kamu punya, ada sebuah alat pengatur kadar emisi buang. Alat ini yang disebut dengan catalytic converter, dan punya peran penting untuk  menekan kadar racun yang dihasilkan oleh gas polutan yang dihasilkan.

Alat ini berhubungan langsung dengan sistem pembuangan gas polutan. Maka ketika ada kerusakan di bagian ini, mobil juga bisa mogok dan tidak bisa dihidupkan.

8. Oli Gearbox

Kasus ini terjadi pada mobil jenis matic. Gearbox sendiri membantu pengendara saat bermanuver dan melakukan perpindahan gigi secara otomatis, sehingga perlu dipastikan selalu ada di kondisi terbaik. Salah satu komponen yang wajib selalu dicek adalah oli pada gearbox. Jangan sampai olinya habis, dan membuat masalah pada mobil kamu.

9. Mogok di Rel Kereta

Kejadian mobil mogok di rel kereta juga sering dialami, dan tentu saja cukup membuat rasa panik muncul. Paparan emisi elektromagnetik dari rel kereta menciptakan medan magnet yang besar, dan bisa menguat saat mobil melewatinya.

Hal ini terjadi ketika mobil melintasi rel kereta saat kereta hendak lewat.

Tips Agar Mobil Tidak Sering Mogok

Untuk bisa menghindari terjadinya mobil mogok ini, banyak cara yang bisa kamu lakukan. Cara-cara ini sifatnya tentu preventif, sehingga bisa diterapkan sejak setelah kamu membaca artikel singkat ini untuk mengurangi risiko terjadinya mogok mendadak.

1. Servis Rutin

Menjadi salah satu kegiatan paling dasar, kamu harus secara rutin mendatangi bengkel untuk servis. Kamu bisa menggunakan jasa servis resmi atau servis kepercayaan yang kamu punya, untuk merawat dan menjaga kondisi mobil selalu di kondisi baik.

Untuk mobil, servis rutin idealnya mengacu pada jarak tempuh atau durasi pemakaian mobil. Kamu bisa berkonsultasi dengan bengkel kepercayaanmu soal urusan ini.

2. Jangan Lupa Panaskan Mesin

Cara ini juga simpel, tapi bisa membantu kamu menghindari kejadian mobil mogok. Panaskan mesin sebelum dipakai untuk memastikan mesin dalam keadaan baik dan siap digunakan. Proses sederhana ini bisa menjaga kondisi mesin tetap prima, dan membantu kamu menemukan indikasi awal jika ada yang tidak  beres pada mesin.

3. Cek Bahan Bakar

Pastikan tangki bahan bakar selalu terisi dengan jenis BBM yang direkomendasikan. Dalam kasus mobil listrik, pastikan daya yang ada pada baterainya juga selalu tersedia.

4. Miliki Bengkel Langganan

Tanpa mendiskreditkan jasa yang ditawarkan setiap bengkel yang ada, kamu sebaiknya punya bengkel langganan yang bisa selalu diandalkan kapan saja kamu butuhkan. Simpan nomor kontak bengkel ini, dan pastikan kamu selalu dapat layanan terbaik darinya.

Baca Juga: 2 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya yang Harus Kamu Tahu

Mengatasi mobil mogok jelas harus dilakukan dengan benar, supaya mobil bisa kembali pada kondisi terbaiknya. Tidak ada salahnya juga mempunyai asuransi mobil yang bisa diandalkan, seperti yang ditawarkan oleh Mandiri AXA General Insurance, Asuransi Mobil (nama produk Asuransi SmartDrive). Asuransi ini bisa membantu layanan derek, new for old, penggantian kunci kendaraan, hingga penggantian tanggung jawab hukum pihak ketiga**. Asuransi SmartDrive akan banyak membantumu dalam menjaga mobil kesayangan, asuransi ini bisa kamu baca detailnya dengan mengklik tautan terkait. Tetap merawat mobil dengan baik setiap saat, supaya terhindar dari berbagai risiko mobil mogok!  


*Kode promo hanya berlaku untuk pembelian secara langsung melalui AXA myPage hingga 31 Desember 2023
** Syarat dan ketentuan sesuai dengan Polis Asuransi SmartDrive

Sumber:

  • https://lifepal.co.id/media/penyebab-mobil-mogok/
  • https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penyebab-mobil-mogok#
  • https://www.gojek.com/blog/gopertamina/GOPERTAMINA-penyebab-mobil-mogok/