5 Ide Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Menjanjikan

Melihat peluang bisnis mungkin jadi salah satu bakat yang tidak dimiliki semua orang. Jika kamu termasuk golongan yang memiliki bakat ini, bahkan bisnis modal kecil bisa dioptimalkan untuk mendapatkan cuan yang cukup tinggi.

Tapi sebenarnya apa saja sih bisnis modal kecil di era digital yang serba cepat dan praktis ini? Apakah melulu soal bisnis online? Atau justru bisa berangkat dari hal-hal yang mendasar, yang menjadi kebutuhan masyarakat setiap hari?

Tidak selalu baru dalam jenis bisnisnya, ini beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa dilakukan oleh pemula sebagai percobaan awalnya!

Baca Juga: 10 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Pasangan Muda

1. Warung Kopi

Warung kopi yang dimaksud bukan berupa coffee shop modern, namun lebih ke model warung kopi yang juga menjajakan mi instan. Bisnis ini memang terdengar cukup receh, tapi siapa sangka jika omzetnya per bulan cukup tinggi.

Hitungan kasar saja, sebungkus kopi sachet satu renteng sekitar Rp20.000 - Rp25.000, kemudian satu gelasnya bisa dijual seharga Rp4.000 hingga Rp5.000. Maka setidaknya dari satu renceng kopi kamu bisa memperoleh omzet mencapai Rp125.000.

Tentu, hitungan yang diperlukan masih ada banyak variabel lain. Tapi, setidaknya terdapat gambaran untuk melihat prospek dari bisnis receh ini.

Untuk memasukkan unsur kekinian, kamu bisa menghubungkannya dengan layanan pemesanan online, kemudian mengkreasikan mi instan atau kombinasi kopi yang ada, atau membuat tempat yang nyaman untuk sekedar nongkrong.

2. Warung Kelontong

Bisnis modal kecil selanjutnya adalah warung kelontong. Kembali terdengar sangat mendasar dan sederhana bukan?

Namun dengan posisi yang strategis dan hubungan baik dengan masyarakat sekitar, kamu bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan yang setia. Warung kelontong pada dasarnya menyediakan berbagai kebutuhan pokok yang dimiliki oleh masyarakat, dalam jumlah kecil dan eceran.

Mulai dari beras, mi instan, gula, tepung, rokok, ragam jajanan, minuman ringan, plastik kiloan, tas plastik, obat-obatan ringan, dan lain sebagainya. Secara harfiah, kamu bisa menjual apa saja di warung kelontong yang kamu punya ini.

Tentu kamu perlu unique selling point yang bisa membuat warungmu unggul dibandingkan warung lain. Lokasi strategis akan memegang peranan besar. Mungkin salah satu idenya adalah kamu menyediakan layanan pesan-antar untuk jumlah belanja tertentu.

Terkait harga, persaingannya akan sangat ketat. Jadi mungkin kamu tidak bisa banyak bermain di poin ini.

3. Bisnis Food Truck

Pernahkah kamu berpikir bahwa sebenarnya orang yang berjualan tahu bulat adalah salah satu bentuk bisnis food truck yang populer di luar negeri? Memang bentuknya berbeda, tapi secara konsep, bisnis ini termasuk dalam golongan tersebut.

Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual produk makanan lain, yang bisa dimasak di atas truck atau mobil bak terbuka. Dengan sedikit modifikasi, kamu bisa memiliki dapur yang dibawa berkeliling untuk menyajikan makanan hangat pada setiap pelanggan.

Kelebihannya tentu adalah kamu bisa berjualan di area-area strategis yang punya banyak crowd, kemudian makanan yang kamu sajikan juga hangat karena baru saja dimasak, serta terlihat unik jika bisa menyajikan makanan yang tidak biasa.

Tapi kamu harus pertimbangkan juga urusan perijinan ketika kamu akan membuka ‘lapak’ di suatu lokasi.

Baca Juga: Pentingnya Work Life Balance Demi Jaga Kesehatan Mental Mu

4. Auto-Detailing Service

Auto-detailing service belakangan memiliki potensi pasar yang cukup besar, karena tingginya animo masyarakat pada perawatan kendaraan yang mereka miliki. Sialnya bagi kebanyakan orang mereka tidak memiliki cukup waktu untuk membuat kendaraannya senantiasa kinclong.

Di sini kamu bisa masuk dan menawarkan solusi untuk kebutuhan mereka. Dengan menyediakan jasa auto-detailing service panggilan, kamu bisa mendatangi lokasi klien dan melakukan perawatan luar kendaraan, sehingga bisa selalu tampil maksimal setiap saat.

Alat yang dibutuhkan tidak mahal, dan skill yang diperlukan bisa dipelajari lewat berbagai kursus. Kamu bisa mulai mengembangkan jaringan lewat teman-teman yang ada disekitarmu, untuk menjadikannya portofolio yang bisa diunggah ke media sosial.

Jangan salah, jika kamu cukup beruntung dan sukses, mobil-mobil sport dan motor besar bisa jadi pelanggan setia!

5. Travel Planner

Healing, jadi agenda rutin banyak orang untuk tetap menjaga kewarasan di tengah semua beban kerja dan pikiran yang harus ditanggung setiap hari. Tapi untuk bisa mengistirahatkan badan dan pikiran, jelas diperlukan rencana matang dan agenda yang solid ‘kan?

Jika kamu punya pengalaman dalam traveling, kamu bisa membuka jasa travel planner untuk orang-orang ini. Jangan salah sangka, pasar untuk bisnis ini cukup menggoda untuk orang-orang yang ingin mencoba hal baru guna mengembalikan semangat mereka.

Susun itinerary yang menarik, dengan berbagai kegiatan seru tapi tanpa harus merepotkan. Tawarkan jasa ini pada orang-orang di sekitarmu, dan minta mereka melakukan review pada setiap perjalanan yang mereka lakukan dengan rencanamu.

Baca Juga: 2 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya yang Harus Kamu Tahu

Bagaimana menurutmu? Cukup menarik untuk dicoba bukan? bisnis modal kecil yang disebutkan di atas tentu saja hanya sedikit dari kesempatan atau potensi yang ada sekarang ini, dengan semua teknologi dan sistem yang tersedia. Selama kamu mau menekuninya, tentu tak butuh waktu lama untuk mendapatkan keuntungan yang kamu cari.

Untuk membantu pengembangan bisnis jangka panjang yang lebih aman dan terlindung, kamu juga bisa lho memanfaatkan produk asuransi yang tepat. Seperti asuransi yang ditawarkan oleh AXA Insurance Indonesia, yakni Asuransi SmartBusiness. Asuransi ini bisa membantu kamu terlindung dari berbagai risiko yang dihadapi saat merintis bisnis dan mengembangkannya, sehingga bisnis modal kecil yang kamu usahakan bisa berkembang jadi bisnis yang sukses dan mendatangkan cuan di masa yang akan datang!

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung melalui AXA myPage hingga 31 Desember 2023

Sumber: 

  • https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/6-tren-usaha-modal-kecil-untuk-pemula-yang-menjanjikan-di-2020
  • https://www.bfi.co.id/id/blog/peluang-bisnis-paling-menjanjikan
  • https://blog.hubspot.com/sales/small-business-ideas
  • https://www.niagahoster.co.id/blog/ide-bisnis/