Pentingnya Work Life Balance Demi Jaga Kesehatan Mental Mu

Sejak pandemi COVID-19, aktivitas kita mulai dari sekolah hingga bekerja dibatasi ruang lingkupnya dengan bekerja di rumah saja. Hal ini menyebabkan orang – orang yang bekerja sulit untuk membagi waktu antara pekerjaan dengan waktu untuk hobi atau beristirahat. Nyatanya, menurut survei Work Trend Index (WTI) dari Microsoft tahun 2021 diketahui bahwa 1 dari 5 responden mengatakan bahwa tempat mereka bekerja tidak memperhatikan aspek keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan selama pandemi berlangsung.

Namun, tahukah kamu ternyata ketidakmampuan seseorang dalam membagi waktunya secara imbang atau yang biasa disebut dengan work life balance bisa menimbulkan permasalahan lain hingga mengganggu kesehatan tubuh lho! Lalu seberapa penting bagi kita untuk menerapkan work life balance? Yuk bahas lebih lengkap bareng MAGI!  

Apa Itu Work Life Balance

Work life balance adalah kondisi di mana seseorang bisa menyeimbangi antara tanggungjawab pekerjaan dan hal-hal di luar pekerjaan. Melansir dari kemenkeu.go.id, aspek utama dalam tercapainya work life balance adalah keseimbangan waktu. Seorang pekerja bisa mengatur waktu dan energinya dengan seimbang, membagi rata antara pekerjaan, kesenangan pribadi seperti traveling, kehidupan berkeluarga hingga waktu untuk bersosialisasi.

Baca juga: Self Reward Untuk Diri Sendiri, Penting Atau Gak Sih?

Kenapa Work Life Balance Penting Untuk Jaga Kesehatan Mental?

Pentingnya kehidupan work life balance ini adalah demi mencapai keseimbangan hidup. Selain 24 jam yang kamu miliki diisi dengan bekerja, kamu bisa mengeksplor hal lain demi meningkatkan kualitas hidupmu. Mengutip dari Forbes, jam kerja yang tinggi atau sering lembur bisa meningkatkan risiko stres jangka panjang. Stres adalah salah satu masalah kesehatan paling umum di tempat kerja. Tapi, jangan anggap remeh masalah stres ya!

Keadaan stres bisa meningkatkan penyakit mental seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan emosi hingga insomnia. Maka dari itu, work life balance memang memiliki kaitan erat dengan kesehatan mental maupun fisik para pekerja.

Manfaat Work Life Balance

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat menerapkan work life balance:

  • Terhindar dari berbagai penyakit mental dan fisik
  • Meningkatkan produktivitas dan performa kerja
  • Memiliki waktu untuk kehidupan pribadi
  • Memiliki kesempatan untuk melakukan hal yang disukai
  • Bisa menjalin hubungan baik dengan orang-orang terdekat
  • Merasa lebih bahagia

Baca juga: 3 Aktivitas Seru Untuk Pecinta Otomotif Sebagai Bentuk Self Reward

Cara Mencapai Work Life Balance

Berikut cara untuk bisa menerapkan work life balance dalam hidupmu versi MAGI:

1. Pintar Mengatur Waktu

Pertama, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik. Seperti bekerja dengan fokus dan tepat waktu agar tidak mengganggu waktu lainnya. Agar lebih mudah dan bisa disiplin dalam bekerja, kamu bisa memulai dengan menentukan prioritas, lalu pelan – pelan dan konsisten tinggalkan kebiasaan menunda pekerjaan. Kebiasaan ini bisa membuat kamu jadi tidak disiplin dengan waktu dan tidak efektif. Kamu bisa menentukan prioritas pekerjaan menggunakan Matriks Eisenhower yang membagi pekerjaan pada 4 skala prioritas.

  • Penting-Mendesak: Harus dikerjakan dan diselesaikan secepatnya.
  • Penting-Tidak Mendesak: Membuat jadwal dan target waktu untuk menyelesaikannya.
  • Tidak Penting-Mendesak: Bisa mendelegasikan tugas kepada rekan kerja yang lain
  • Tidak Penting-Tidak Mendesak: Hapus dari daftar prioritas dan tidak perlu mengerjakannya.

2. Perhatikan Makanan & Olahraga

Ditengah pekerjaan yang menumpuk, kamu tetap harus memperhatikan untuk mengkonsumsi makan dan minum yang sehat karena tubuh kita membutuhkan tenaga yang cukup dan bergizi. Tak hanya itu, agar kamu bisa work life balance jangan lupa untuk tetap berolahraga dalam menjaga keseimbangan tubuh. Tahukah kamu, dengan berolahraga otak akan menjadi lebih sensitif dengan hormon serotonin dan norepinephrine yang bisa mengurangi depresi lho! Jadi dijamin asupan dan kebugaran tubuh aman, produktivitas dalam bekerja semakin meningkat.

Baca juga: Jadikan Liburanmu Sebagai Momen Self Reward Terbaik

3. Relaksasi

Maka dari itu, jika sudah mulai merasa letih, tak ada salahnya, kok, untuk mengambil jatah cuti dan pergi liburan. Karena berlibur dan jalan-jalan sangatlah diperlukan untuk kesehatan tubuh dan psikis, kreativitas, serta produktivitas dalam bekerja. Menurut Work to Live, jalan-jalan dan berlibur terbukti efektif untuk tingkatkan produktivitas pekerja hingga 80% lho! Tidak hanya itu, selain untuk bersenang-senang, pergi berlibur melihat dunia bisa meningkatkan semangat kerja, menemukan inspirasi baru, menambah wawasan, mengenal jati diri yang sebenarnya hingga mendapatkan teman baru.

Apa Indikator Work Life Balance Sudah Tercapai?

Kamu bisa mencapai keadaan work life balance jika kamu sudah bisa merasakan hal-hal berikut ini:

  • Merasa enjoy ketika bekerja
  • Memiliki waktu untuk diri sendiri, keluarga hingga orang terdekat
  • Bisa melakukan pola hidup sehat seperti waktu tidur cukup, makan berkualitas dan rutin olahraga
  • Punya aktivitas lain bahkan bisa melakukan hobi tanpa harus khawatir

Wujudkan Work Life Balance Bareng MAGI

Hal terpenting dari work life balance adalah bagaimana kamu memiliki waktu untuk dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa melakukan hal yang disukai hingga menemukan inspirasi baru. Salah satu caranya adalah dengan traveling. Pergi berlibur memberikanmu waktu untuk bercengkrama dengan orang terdekat atau bahkan sendirian. Banyak sekali manfaat traveling yang bisa didapatkan untuk kesehatan dan kualitas hidup kedepannya.

Supaya travelling kamu lebih aman tanpa drama, lengkapi dengan perlindungan Asuransi Mandiri Travel Domestik untuk kamu yang mau travelling keliling Indonesia dan Asuransi Perjalanan AXA untuk destinasi luar negeri.


* Syarat dan ketentuan asuransi mengikuti ketentuan polis asuransi
**Kode promo hanya berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri myPage dengan periode 1 – 31 Maret 2023

Sumber:

  • https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palangkaraya/baca-artikel/13616/Worklife-Balance-Sebagai-Gaya-Hidup.html#:~:text=Worklife%20balance%20sendiri%20memiliki%20makna,kehidupannya%20antara%20lain%20Keseimbangan%20Waktu
  • https://glints.com/id/lowongan/work-life-balance-adalah/#.ZBCKYnZBxD_
  • https://www.forbes.com/sites/alankohll/2018/03/27/the-evolving-definition-of-work-life-balance/?sh=732e43489ed3
  • https://blog.skillacademy.com/work-life-balance-adalah
  • https://kumparan.com/kumparantravel/5-alasan-kamu-harus-sering-liburan-saat-masih-muda-1snLBW0dvuH
  • https://www.idntimes.com/travel/tips/siti-hajar-angun/alasan-kenapa-harus-travelling-selagi-muda-c1c2?page=all
  • https://www.worktolive.info/blog/bid/191788/increase-productivity-take-a-vacation#:~:text=The%20research%20shows%20that%20far,can%20increase%20performance%20by%2080%25
  • https://smanegeri3polewali.sch.id/read/6/lakukan-5-cara-melatih-disiplin-waktu-ini-agar-waktumu-lebih-efisien