10 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Pasangan Muda

Masalah keuangan adalah salah satu permasalahan yang sering muncul di kehidupan rumah tangga. Saat kamu memutuskan untuk hidup berpasangan, tentu membutuhkan penyesuaian dalam berbagai hal. Salah satunya adalah aspek keuangan yang menjadi penting untuk dipikirkan dan diusahakan secara bersama. Hal ini sering kali menjadi pertanyaan bagi pasangan muda, kira – kira bisa gak ya menjadi pasangan yang pintar mengatur keuangan rumah tangga nanti? Untuk itu, para pasangan muda yang memutuskan berumah tangga wajib nih mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tetap harmonis.

Pentingnya Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengapa mengatur keuangan itu penting? Jika berbicara tentang uang, pastinya kamu dan pasangan harus terbuka dan juga transparan. Dengan mengatur keuangan rumah tangga bersama, kamu dilatih untuk disiplin dengan membuat anggaran rumah tangga dan tentunya hal ini membutuhkan komunikasi yang lancar.

Tak hanya itu, dengan kamu pintar mengatur keuangan rumah tangga bersama pasangan akan menjamin rencana keuangan masa depan. Karena untuk memiliki kehidupan yang layak dan masa depan yang tenang dibutuhkan pengetahuan akan alokasi dana yang harus disisihkan dari penghasilan setiap bulannya.

Dan yang paling penting adalah dengan mengatur keuangan rumah tangga akan menjauhkan kamu dari hutang. Karena kamu dan pasangan sudah memiliki alokasi dana yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan utama, hingga kebutuhan healing!

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Banyak faktor yang mempengaruhi cash flow keuangan rumah tangga. Maka dari itu, penting nih bagi kamu dan pasangan untuk mengenal terlebih dahulu kondisi keuangan saat ini, dengan cara berikut:

1. Hitung seluruh pendapatan kamu dan pasangan

Untuk mengatur keuangan rumah tangga yang efektif, kamu dan pasangan harus menghitung seluruh pendapatan yang masuk selama satu bulan. Pendapatan yang dimaksud adalah penghasilan gaji bulanan, serta termasuk dengan insentif yang didapatkan bila menerima upah lembur atau keuntungan dari investasi.

2. Analisis kebutuhan dan gaya hidup kamu bersama pasangan

Pada tahap ini, kamu harus bisa memahami apa itu kebutuhan dan keinginan. Ketika kamu sudah berumah tangga, pastinya ada kebutuhan – kebutuhan yang wajib dipenuhi seperti kebutuhan untuk makan, kebutuhan untuk biaya listrik, air, transportasi. PT Mandiri AXA General Insurance (“MAGI”) menyarankan untuk bisa mengatur keuangan rumah tangga yang pertama perlu dilakukan adalah dengan memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan. Penuhi dulu kebutuhan rumah tangga baru alokasikan untuk keinginan pribadi.

3. Komunikasi secara terbuka mengenai alokasi keuangan satu sama lain

Setelah mengetahui seluruh pendapatan selama satu bulan dan memahami kebutuhan dan gaya hidup bersama pasangan, kamu dan pasangan harus membuat daftar pengeluaran prioritas, bagaimana alokasinya. Tak hanya itu, jika kamu atau pasangan termasuk ke dalam sandwich generation yang dimana membantu keluarga dalam biaya sehari – hari maka hal ini wajib untuk diinformasikan ke pasangan lho!Terlebih jika ada biaya – biaya yang harus dipenuhi seperti biaya perawatan diri, sebaiknya diceritakan secara terbuka bersama pasangan supaya bisa mengatur keuangan rumah tangga yang lebih baik.

4. Set goals untuk masa depan

Jika sudah mengenal kondisi keuangan kalian, maka kamu dan pasangan akan lebih mudah dalam mengatur keuangan rumah tangga. Ceritakan dengan pasangan tentang mimpimu dan sebaliknya, lalu apa harapan kalian untuk masa depan. Dengan mimpi dan harapan ini, akan membuat alokasi dana lebih mudah saat mengatur keuangan rumah tangga.

Baca juga: Jadi Financial Freedom di Usia Muda, Begini Tips Mewujudkannya!

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Simak tips berikut agar berhasil dalam mengatur keuangan rumah tangga untuk para pasangan muda, catat ya!

1. Berkomunikasi dan terbuka dengan pasangan

Jika kalian sudah berkeluarga, sudah bukan waktunya lagi untuk menabukan obrolan seputar keuangan rumah tangga dengan pasangan. Jika sebelumnya tak sempat dilakukan, sempatkanlah tahun ini untuk bisa mengobrol soal keuangan secara rutin dengan pasangan. Kalau perlu, buatlah anggaran bersama di awal bulan. Lakukan review bersama di akhir bulan. Masing-masing harus jujur dan terbuka mengenai kondisi keuangan yang ada. Jika ada masalah, duduklah berdua dan cari solusi terbaik.

2. Merancang Anggaran Bulanan

Pastikan kamu memiliki rencana keuangan perbulannya. Kemana saja uang kamu dan pasangan harus dialokasikan serta kebutuhan yang harus dibeli setiap bulannya. Banyak ahli yang menyarankan mempertimbangkan rasio ideal saat menentukan biaya rumah tangga keseluruhan. Oleh karena itu para ahli menyarankan kamu mengadopsi aturan 50/30/20 untuk menganggarkan after-tax income (pendapatan setelah dipotong pajak). Fokusnya adalah 3 area pengeluaran, yakni kebutuhan hidup atau rumah tangga, pengeluaran fleksibel, dan tujuan finansial jangka panjang:

  • Alokasikan 50 persen dari pemasukan untuk kebutuhan hidup atau rumah tangga termasuk utilitasnya, makanan transportasi, dan bahan bakar
  • Alokasikan 30 persen untuk pengeluaran fleksibel. Kategori pengeluaran ini termasuk hal-hal yang inginkan meski tidak dibutuhkan, misalnya saja hadiah ulang tahun, tiket nonton bioskop, gym membership, kopi pagi hari, dan sebagainya
  • Alokasikan 20 persen untuk tujuan finansial jangka panjang seperti dana darurat, dana pensiun, dana pendidikan bagi buah hati, serta untuk melunasi seluruh utang

3. Catat Seluruh Pengeluaran Rumah Tangga

Kamu wajib memiliki catatan seluruh pengeluaran keuangan rumah tangga. Lakukan pencatatan secara rutin untuk memastikan pengeluaran tidak lebih besar dari penghasilan. Kamu bisa melakukan pencatatan melalui laporan keuangan secara sederhana dengan mencatat pengeluaran secara detail dan mengelompokkan menjadi berbagai kategori.

4. Tentukan Pengeluaran Prioritas

Setelah kamu dan pasangan mengetahui pengeluaran rumah tangga secara detail, kamu bisa menganalisa kategori pengeluaran yang paling sering dikeluarkan dan menelusuri apakah kategori tersebut merupakan kategori pengeluaran yang prioritas atau tidak. Untuk mengatur keuangan rumah tangga, kamu dan pasangan bisa mengurutkan kebutuhan / pengeluaran yang prioritas dan mengedepankan kebutuhan tersebut dibanding yang lain.

5. Sisihkan Untuk Dana Darurat

Disaat keuangan rumah tangga sudah dapat dianalisa dan dicukupkan dengan baik, maka disarankan untuk kamu menyisihkan dana darurat. Sejak pandemi, dana darurat menjadi hal yang benar-benar harus disiapkan dan tidak bisa dianggap remeh karena dana darurat akan membantu keuangan rumah tangga jika ada hal – hal yang tidak diinginkan terjadi di masa depan.

Dilansir dari laman Bibit, untuk yang sudah menikah dan punya anak, siapkanlah setidaknya 12 bulan dari pengeluaran bulanan. Adapun daftar pengeluaran untuk menghitung jumlah dana darurat yang harus disiapkan adalah kebutuhan pokok misalnya konsumsi harian, tagihan rutin bulanan (listrik, internet, air), transportasi, pembayaran sewa rumah/kos (jika ada), hingga pengeluaran seperti utang misalnya cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Pengeluaran ini tidak termasuk hiburan seperti liburan karena sifatnya bukanlah pengeluaran wajib.

Cara untuk mengumpulkan dana darurat tersebut adalah dengan mengalokasikan 10% dari penghasilan bulanan (gaji) sampai terkumpul dana daruratmu. Namun, nggak masalah juga kalau kamu hanya bisa mengumpulkan di bawah 10% dari gaji setiap bulannya. Sebab, yang terpenting adalah konsisten dan punya target yang jelas supaya kamu siap jika ada keadaan darurat.

6. Proteksi Keluarga dengan Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan menjadi salah satu produk yang menjamin kebutuhan kesehatan keluargamu saat ini dan di masa depan. Tahukah kamu, berdasarkan temuan dari laporan bertajuk MMB Health Trends, peningkatan biaya perawatan di rumah sakit memperkirakan peningkatan biaya medis hingga 10% tahun 2022 empat kali lipat dibandingkan perkiraan tingkat inflasi secara umum untuk wilayah Asia. 

Asuransi kesehatan akan bantu keuangan rumah tangga dari kebocoran biaya – biaya perawatan rumah sakit yang tak terduga. Lebih nyamannya, banyak asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai macam manfaat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Baca juga: Penting, Manfaat Asuransi Kesehatan yang Wajib Diketahui

7. Mulai Berinvestasi

Jika sudah pintar mengatur keuangan rumah tangga, yuk mulai rencanakan masa depan dengan berinvestasi. Dilansir dari laman CIMB Niaga, investasi adalah proses mengembangkan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Karena memiliki keuntungan yang lebih, maka resikonya juga lebih besar. Maka dari itu, kamu dan pasangan harus memahami terlebih dahulu konsep investasi dan profil risiko yang dimiliki.

Mulai dari menyusun rencana jangka panjang dan aturan besar dana yang dibutuhkan untuk investasi maka kamu dan pasangan dapat memilih produk investasi sesuai tujuan keuangan. Ada 2 jenis investasi untuk pemula bagi pasangan milenial:

  • Pertama: Investasi aset nyata atau aset wujud nyata di luar sektor keuangan seperti emas, tanah, hingga properti seperti apartemen untuk disewakan kembali.
  • Kedua: Aset finansial di sektor keuangan dimana ada komitmen untuk meningkatkan aset pada surat-surat berharga yang diterbitkan oleh penerbitnya. Contohnya seperti saham, deposito, obligasi.

8. Jaga Rasio Hutang

Menghindari hutang adalah salah satu cara hidup tenang. Namun, jika ada beberapa faktor yang membuat kamu dan pasangan harus berhutang, lakukan tips berikut:

  • Pastikan berhutang untuk kebutuhan pokok, seperti KPR atau cicilan rumah, cicilan kendaraan dan lainnya
  • Jaga rasio hutang tidak lebih dari 30% penghasilan yang dimiliki agar rencana keuangan tidak terganggu

9. Cari Penghasilan Tambahan

Sebagai makhluk hidup yang memikirkan masa depan, tentu kamu dan pasangan harus saling berkembang. Jika dirasa kurang dan ingin hidup lebih nyaman, maka mulailah untuk mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan bisa menjadi penyelamat jika kamu tidak lagi bisa mengandalkan penghasilan utama. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan lho! Seperti dengan memperluas jaringan pertemanan, dengan begitu kamu akan terhubung dengan orang – orang yang lebih luas dan bisa membuka peluang kerjasama. Atau bisa saja kamu menekuni hobi yang kamu senangi agar dapat menghasilkan uang.

10. Konsisten dan Disiplin

Jika sudah membuat anggaran serta menentukan tujuan dan prioritas, langkah berikutnya adalah disiplin untuk merealisasikannya. Ajak pasangan untuk turut berkomitmen pada apa yang sudah direncanakan. Dengan demikian, prioritas bisa tetap menjadi prioritas, sementara kebutuhan lain juga tetap terpenuhi.

Atur Keuangan Rumah Tangga Bersama Asuransi Kesehatan MAGI

Agar kamu bisa mengatur cash flow tetap stabil, maka kamu harus memiliki pemasukan dan pengeluaran yang stabil. Nah, untuk memastikan kamu dan pasangan bisa mencapai tujuan keuangan bersama, harus tetap menjaga kesehatan. Tak hanya dengan cegah agar kamu dan pasangan tidak sakit, namun kamu juga harus memastikan biaya perawatan di rumah sakit dan klinik jika ada keadaan – keadaan darurat supaya tidak menggangu pengaturan keuangan rumah tangga.

Salah satunya adalah dengan memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga. Dengan Asuransi Kesehatan SmartCare Executive dari MAGI, kamu bisa mengatur keuangan rumah tangga lebih nyaman dan bebas dari kebocoran – kebocoran biaya darurat yang disebabkan akibat biaya kesehatan. Tak hanya itu, SmartCare Executive menawarkan beragam manfaat, perlindungan yang luas dengan biaya premi yang terjangkau. Kamu akan mendapatkan kartu asuransi kesehatan dari SmartCare Executive yang dapat digunakan di seluruh rumah sakit dan klinik rekanan MAGI dengan mudah dan nyaman.


*Diskon hanya berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri myPage dengan kode promo SmartMAGI hingga 31 Desember 2023

Sumber:

  • https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-yang-efektif
  • https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/tujuh-tips-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-di-awal-tahun
  • https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/05/05/cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga
  • https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/perencanaan/cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga/
  • https://www.finansialku.com/panduan-membuat-anggaran-rumah-tangga/
  • https://blog.bibit.id/blog-1/yuk-hitung-kebutuhan-dana-darurat-agar-kamu-lebih-siap
  • https://www.beritasatu.com/ekonomi/910961/biaya-medis-di-indonesia-diperkirakan-meningkat-10
  • https://www.manulife.co.id/id/artikel/cara-investasi-bagi-anak-muda-dalam-5-langkah-mudah.html
  • https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-berinvestasi-yang-baik-dan-benar-agar-tidak-rugi