Cermati Ketentuan Pendaftaran Vaksin Covid untuk Tahun 2024 di Sini!

Secara resmi memang status darurat yang ditetapkan pemerintah soal Covid-19 sudah diturunkan. Tapi hal ini bukan berarti kamu bisa lengah, karena dilaporkan terjadi peningkatan kasus pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 ini. Untuk itu, kamu wajib tahu kebijakan dan pendaftaran vaksin Covid-19 terbaru yang berlaku.

Kewaspadaan pada serangan virus ini tetap harus dipertahankan, meski memang mungkin tak seketat ketika kita berada di masa pandemi lalu. Tapi ada baiknya tetap menggunakan masker saat bepergian, mempertahankan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan setelah berkegiatan, dan protokol kesehatan yang sebenarnya sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 10 Ciri-Ciri Diabetes yang Bisa Diamati

Sekilas Update Kasus Covid Akhir Tahun 2023 dan Awal Tahun 2024

Mengacu pada salah satu berita yang diunggah di situs berita online (CNBC Indonesia), dilaporkan per 30 Desember 2023 terdapat penambahan kasus Covid-19 sebanyak 318 orang. Dengan penambahan ini, total kasus aktif yang terdeteksi di wilayah Indonesia adalah sebanyak 2,606 orang.

Peningkatan ini disertai juga dengan naiknya jumlah pengecekan, dan dugaan adanya varian baru yang memiliki tingkat penularan lebih cepat dan lebih mudah menginfeksi. Meski demikian tingkat keparahan yang ditimbulkan cenderung menurun dan gejala yang muncul sebatas gejala ringan saja.

Pendaftaran Vaksin Covid-19 Per 1 Januari 2024

Umumnya banyak diantara kamu yang membaca artikel ini telah mendapatkan vaksin booster kedua di medio tahun 2022 atau 2023 lalu. Nah, untuk mendapatkan vaksin booster ketiga dan selanjutnya, kamu bisa dengan mudah menggunakan kembali aplikasi PeduliLindungi, atau SatuSehat yang menjadi platform resmi dari pemerintah untuk mengelola data dan jadwal vaksinasi.

Dilansir dari laman indonesiabaik.id, vaksin booster diberikan kepada masyarakat Indonesia dengan cara yang telah ditentukan oleh pemerintah. Masyarakat, dan kamu, bisa memeriksa kelayakan penerima dan  mengklaim tiket vaksin booster lewat aplikasi yang disebutkan tadi.

Jika tiket dan jadwal booster tidak muncul pada aplikasi, maka kamu bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan atau sentra pelayanan vaksinasi terdekat dengan membawa data KTP dan bukti vaksinasi  dosis pertama dan kedua.

Vaksinasi lanjutan yang akan dilakukan kemudian ditunjang oleh banyak rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Tentu, cara pendaftaran vaksin Covid-19 lanjutan ini juga berbeda-beda, tergantung dengan fasilitas yang menyelenggarakannya.

Tapi secara umum, berikut cara pendaftaran vaksin Covid-19 2024 terbaru untuk golongan masyarakat yang masuk kategori berbayar.

  • Periksa lokasi fasilitas kesehatan yang akan dikunjungi
  • Periksa jadwal vaksinasi yang diselenggarakan
  • Kamu bisa menghubungi nomor yang disematkan untuk pendaftaran, atau mendatangi langsung lokasi vaksinasi sesuai dengan jadwal yang telah diberikan
  • Jangan lupa bawa bukti identitas yang sah dan bukti kamu telah mendapatkan dosis vaksin wajib serta dosis vaksin booster. Data ini bisa dilihat pada aplikasi SatuSehat dan valid untuk verifikasi
  • Ikuti prosedur yang telah ditetapkan, dan lakukan pembayaran sesuai dengan tarif yang diberikan

Sebagai catatan, vaksin yang diberikan secara berbayar ini hanya berjenis Indovac dan Inavac. Nantinya kamu akan mendapatkan rekomendasi dari tenaga kesehatan yang bertugas di lokasi tersebut, dan bisa berkonsultasi.

Baca Juga: Waspadai 7 Dampak Buruk Cuaca Panas untuk Kesehatan, Lakukan Langkah Berikut!

Vaksin Gratis dan  Berbayar, Jangan Sampai Tidak Paham Ketentuannya

Pemerintah sendiri sebenarnya secara resmi telah mengumumkan ketentuan terbaru yang berlaku untuk program vaksinasi per 1 Januari 2024 ini. Nantinya, terdapat dua golongan masyarakat yang dibedakan, yakni kelompok dengan fasilitas booster gratis, dan berbayar.

Untuk kelompok yang mendapatkan vaksin gratis adalah sebagai berikut:

  • Lansia, berusia 60 tahun ke atas
  • Dewasa muda dengan komorbid
  • Dewasa muda dengan obesitas berat
  • Dewasa dengan kondisi immunocompromised sedang hingga berat
  • Remaja usia 12 tahun ke atas dengan kondisi immunocompromised sedang hingga berat
  • Wanita dalam keadaan hamil
  • Tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan

Jika kamu termasuk dalam kategori tersebut, maka kamu akan mendapatkan vaksin booster secara gratis. Tapi di luar kategori tersebut maka vaksin booster yang diberikan harus melalui proses pendaftaran mandiri dan membayar tarif yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dampak Nyata Covid-19, Miliki Asuransi Kesehatan yang Tepat!

Jika melihat kondisi sekarang, jelas biaya perawatan dan berbagai tes yang dibutuhkan tidak sebesar beberapa waktu yang lalu. Tapi kamu tahu benar seberapa besar kerugian yang bisa muncul karena virus yang sangat mudah menular ini ‘kan?

Ini kenapa kembali melakukan protokol kesehatan yang sudah sempat menjadi kebiasaan baik wajib dilakukan, sebagai salah satu langkah pencegahan yang berdampak nyata. Kegiatan yang sebenarnya sepele bisa menurunkan risiko penularan dengan signifikan .

Bersamaan dengan itu, memiliki produk asuransi kesehatan yang tepat bisa banyak membantu di situasi yang tidak terduga. Asuransi kesehatan sederhananya bisa jadi jaring pengaman ketika kamu harus berhadapan dengan tagihan rumah sakit atas perawatan, dan hal-hal yang termasuk di dalam polis asuransi yang kamu punya. Manfaat ini nilainya tidak kecil dan sangat terasa membantu di kondisi sulit atau darurat.

Baca Juga: 8 Risiko Penyakit Kronis di Usia Muda, Terapkan Langkah Pencegahannya!

AXA Insurance Indonesia, memahami benar bahwa ancaman kesehatan dari virus seperti Covid-19 masih terus mengintai. Selain tahu cara pendaftaran vaksin Covid-19 terbaru, ada baiknya juga kamu mulai memiliki asuransi handal dari AXA Insurance Indonesia, Asuransi SmartMedicare Domestik. Asuransi andalan dari AXA Insurance Indonesia ini memenuhi kebutuhanmu dalam melindungi kesehatan dengan layanan jasa bantuan 24 jam. Manfaat yang didapatkan utamanya adalah menjamin biaya kesehatan yang timbul, baik dari rawat inap atau rawat jalan, serta manfaat lain yang sesuai dengan polis. Kamu bisa segera memiliki produk ini dengan menghubungi layanan pelanggan kami, dan mengetahui detail yang diperlukan. Tetap hidup sehat dan terapkan protokol kesehatan lagi, dan semoga harimu menyenangkan!

Referensi: 

  • https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/48184/t/Kemenkes+Perlu+Sosialisasi+Vaksin+Covid-19+Gratis+Hanya+untuk+Kelompok+Tertentu+per+Januari+2024
  • https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231231/0444571/mulai-1-januari-2024-vaksinasi-covid-19-tetap-gratis-untuk-kelompok-rentan/
  • https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231229191430-20-1043333/vaksin-covid-tak-lagi-gratis-per-1-januari-2024
  • https://kabar24.bisnis.com/read/20240102/15/1728651/suntik-vaksin-covid-19-wajib-bayar-per-1-januari-2024-simak-aturan-lengkapnya
  • https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231231091838-37-501574/kasus-covid-ri-naik-di-nataru-2024-tak-cuma-varian-baru
  • https://rstrijata.com/id/Cara-Mengecek-Jadwal-dan-Tiket-Vaksin-Booster-Melalui-Website-dan-Aplikasi-Peduli-Lindungi-
  • https://indonesiabaik.id/infografis/langkah-langkah-dapat-vaksin-booster
  • https://rs-bhayangkarasurabaya.id/menu/78/1/daftar-vaksin.html
  • https://megapolitan.kompas.com/read/2024/01/06/02000071/lokasi-vaksin-booster-di-jakarta-januari-2024