Dari 8 Alternatif Ini, Mana Healing Terbaik Versimu?

Tren healing yang sepertinya tidak kunjung reda membuat hal ini seperti wajib untuk setiap orang. Dengan rutinitas yang padat dan sibuk, sejenak beristirahat dan menepi akan memberikan kesegaran dan waktu rehat yang diperlukan tubuh, jiwa, dan pikiran. Tapi dari sekian banyak kegiatan, apa ya kira-kira healing terbaik yang bisa dilakukan?

Meskipun mungkin hanya sedikit dari kamu yang tidak tahu apa itu healing, kata ini mengacu pada usaha penyembuhan diri untuk membantu seseorang merawat dirinya sendiri secara fisik, mental, dan emosional. Istirahat sejenak dan melepas rasa jenuh dengan berbagai kegiatan yang membuat bahagia, sehingga bisa kembali bersemangat dalam menghadapi pekerjaan dan kesibukan.

Untuk memberikan inspirasi healing terbaik, kamu bisa cek masing-masing kegiatan berikut ini dan mencobanya ketika perlu beristirahat.

Baca Juga: Waspada Pemicu Jet Lag, Ini Cara Mengatasinya dengan Efektif!

1. Berkesenian, Ekspresi Kreatif

Jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru dan melihat bagaimana ekspresi kejenuhan atau ledakan emosi yang ada di dalam kepala, kamu bisa mencoba berkesenian dengan melakukan ekspresi kreatif. Kegiatan ini banyak jenisnya, jadi kamu bisa sesuaikan dengan rasa penasaran yang kamu punya.

Mulai dari melukis dan menggambar yang dapat dilakukan di sebuah kelas atau secara mandiri di rumah, dance movement therapy, bermain alat musik, berkarya melalui seni digital dan menjadikannya koten, dan lain sebagainya.

Semua bisa dicoba untuk meluapkan perasaan sehingga hati dan pikiran terasa lebih tenang.

2. Mendengarkan Musik

Healing terbaik mungkin adalah berada di zona nyamanmu. Tidak perlu keluar rumah, cukup bersantai di sofa empuk atau tempat tidur, sambil mendengarkan lagu favorit yang sesuai dengan suasana hatimu.

Jangan ragu untuk ikut bernyanyi ala karaoke ya! Karena hal ini bisa memberikan efek lega pada diri seseorang dan mengatur detak jantung menjadi lebih berirama. Relaksasi yang didapatkan setelah mendengar lagu kesukaan akan sangat terasa.

Jika boleh menyarankan, beberapa musik bisa menurunkan denyut jantung serta meredakan ketegangan otot. Mulai dari lagu dengan lirik menyentuh hati, atau musik-musik healing yang bisa ditemukan di berbagai platform.

3. Mencoba Journaling

Cara terbaik ketiga yang bisa kamu coba adalah dengan journaling. Menjurnal menjadi salah satu bentuk yang cukup efektif, sehingga kamu bisa mengeluarkan semua perasaan, pikiran, hingga pengalaman yang membantumu memahami apa yang ada di dalam diri.

Meski umumnya journaling dilakukan dengan membuat tulisan, tapi kamu juga bisa mencoba dengan membuat coretan, gambar acak, atau apapun yang diwujudkan ke dalam media tulis atau gambar. Cara ini bisa jadi efektif untuk menyembuhkan diri.

Di sisi lain, banyak yang berkata bahwa journaling bisa membantu meredakan beban emosional yang kamu rasakan.

Jadi, kapan mau mencobanya?

4. Klasik, Cobalah Olahraga Rutin

Meski terkesan sebagai saran yang sangat kuno, tapi nyatanya olahraga rutin bisa menjadi salah satu bentuk healing terbaik. Untuk pekerja kantoran yang selalu berada di dalam ruangan dan di depan layar, hal ini benar-benar terasa signifikan.

Tidak perlu berbentuk olahraga berat. Kamu bisa mencoba jogging, sekedar berjalan-jalan, melakukan olahraga permainan seperti bulutangkis untuk bersenang-senang, latihan angkat beban, hingga latihan aerobik intensitas tinggi.

Jika dilakukan rutin, efeknya benar-benar akan terasa di tubuh dan pikiran.

Baca Juga: Millennials dan Gen Z, Cermati 8 Poin Penting Ini Sebelum Beli Rumah KPR

5. Makanan Favorit Tidak Pernah Salah

Tidak sedikit orang yang memilih cara ini sebagai cara healing terbaik versinya. Ketika stres melanda dan kejenuhan tidak segera beranjak, makan makanan favorit atau berbagai jenis comfort food bisa menjadi pilihan yang tepat.

Makanan dengan value tersendiri akan memberikan efek tenang dan melemaskan otot yang kaku. Kamu bisa mencoba mencari makanan yang mirip dengan masakan orang tua di rumah, atau meminta pasangan memasakkan makanan favoritmu.

Tidak masalah juga jika pilihan yang kamu ambil adalah ragam jenis fast food. Tapi ingat, jika opsi ini yang diambil maka kamu harus bisa mengontrolnya dan mengimbangi dengan pola hidup sehat di hari esok.

6. Liburan atau Bepergian

Yap, selanjutnya kamu bisa mencoba untuk liburan atau bepergian ke tempat yang ingin kamu kunjungi atau justru ke tempat yang sering dikunjungi karena membawa rasa nyaman. Meski memang perlu persiapan dan sejumlah biaya, tapi traveling jarang gagal untuk cara healing terbaik.

Kamu bisa menggunakan moda transportasi yang tersedia untuk menuju ke lokasi. Mulai dari transportasi darat, laut, atau udara, semua dapat disesuaikan dengan budget perjalanan dan berapa lama waktu yang kamu punya untuk healing.

7. Bersih-Bersih Rumah

Meski terdengar seperti tugas yang berat dan membosankan, ternyata bersih-bersih rumah bisa memberikan efek relaksasi dan healing yang benar-benar terasa. Kamu bisa membersihkan setiap sudut rumah dan barang-barang yang ada di hunianmu satu per satu.[RE1]

Tidak hanya memberikan ketenangan ketika kamu melakukannya, kamu juga akan berkeringat cukup deras saat membereskan dan membersihkan rumah. Gerak aktif ini membantu produksi hormon kebahagiaan, jadi fisikmu sekaligus bisa bergerak dengan intensitas ringan hingga sedang.

Hasil akhir dari bersih-bersih rumah jelas jadi hadiah tersendiri atas usaha yang kamu lakukan. Siapa yang tidak suka rumahnya bersih dan rapi?

8. Meditasi atau Yoga

Bisa dilakukan di rumah atau dengan mengikuti kelas khusus, meditasi atau yoga adalah kegiatan healing yang jadi pilihan banyak orang. Melatih ketenangan, fokus pada satu hal yang dipikirkan, dan mencoba meredakan semua emosi dengan menerima keadaan, membantumu merasa lebih ‘dingin’ dan bisa berpikir dengan jernih.

Jika kamu belum pernah melakukan meditasi, kamu bisa menjadikannya salah satu agenda ketika kamu bepergian atau liburan. Di Bali misalnya, banyak sekali kelas yang tersedia untuk melakuka yoga dan meditasi.

Berlibur dan mencoba hal baru, kamu bisa mendapatkan manfaat healing terbaik dalam sekali perjalanan.

Baca Juga: Lengkap, Ini 11 Tips Mendapatkan Promo Tiket Pesawat Murah!

Mencoba berbagai cara dan metode healing terbaik, pada akhirnya hasil yang didapatkan jelas akan sangat subjektif. Tapi tidak ada salahnya juga bukan untuk mencoba berbagai cara di atas atau cara-cara lain yang kamu temukan di artikel terkait? Satu hal yang pasti, ketika healing yang kamu pilih adalah untuk liburan atau bepergian, kamu wajib menggunakan asuransi perjalanan yang handal. Bukan tanpa alasan, agendamu liburan adalah untuk menyegarkan pikiran, jika sesuatu terjadi dan kamu justru berhadapan dengan banyak masalah yang sebenarnya bisa dicegah, tentu akan membuatmu semakin jenuh. PT AXA Insurance Indonesia, menghadirkan Asuransi SmartTravel Domestik yang bisa digunakan untuk mendukung agenda liburanmu. Lengkap dengan semua manfaatnya yaitu memberikan perlindungan kecelakaan, pengobatan, delay pesawat, hingga kehilangan bagasi  produk dari PT AXA Insurance Indonesia ini akan memberikan perlindungan dan manfaat penting untuk menjamin perjalananmu berlangsung dengan aman dan nyaman. Pastikan memiliki partner asuransi yang handal, dan dapatkan kesegaran setelah healing!

 Referensi:

  • https://www.gramedia.com/best-seller/self-healing-terbaik/#5_Seni_dan_Ekspresi_Kreatif
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/cara-self-healing-terbaik-trp/134413
  • https://www.hipwee.com/list/7-kegiatan-self-healing-yang-bisa-kamu-terapkan/#google_vignette
  • https://www.ruangmenyala.com/article/read/ide-healing
  • https://www.sehataqua.co.id/cara-self-healing-terbaik/
  • https://www.discoverasr.com/id/destinations/indonesia/jakarta/tempat-self-healing-terbaik
  • https://www.staffany.id/blog/cara-self-healing/