Lengkap, Ini 11 Tips Mendapatkan Promo Tiket Pesawat Murah!

Mendekati pertengahan tahun, anak-anak akan memasuki pergantian semester dan biasanya agenda liburan mulai direncanakan. Tentu, kita semua tahu bahwa berburu promo tiket pesawat murah jadi hal wajib, agar pengeluaran yang diperlukan bisa ditekan dan lebih berhemat.

Tiket pesawat sendiri sempat mengalami kenaikan harga yang luar biasa pada masa lebaran atau Idul Fitri 2024 lalu. Namun harganya berangsur turun, dan kini semakin mendekati normal. Bukan tak mungkin jika kamu tidak berburu dari sekarang harganya akan kembali melonjak pada musim liburan nanti.

Lalu sebenarnya adakah tips berburu promo tiket pesawat supaya mendapatkan harga terbaik dan termurah?

Well, mari cermati masing-masing poin berikut ini, dan coba sekarang juga!

Baca Juga: 5 Kategori Kompensasi Keterlambatan Penerbangan, Ini Aturannya!

1. Dapatkan Informasi Terkini Lewat Newsletter

Memang newsletter jadi salah satu sarana marketing yang bisa dibilang ‘kuno’, tapi banyak maskapai atau platform perjalanan menggunakannya untuk menyebarkan informasi terkini tentang promo yang mereka berikan pada pelanggannya.

Selain dari newsletter, kamu juga bisa mencari informasi promo di berbagai event mulai dari travel fair, anniversary sale, advance ticket sale, early bird, promo hari besar atau perayaan tertentu, dan lain sebagainya.

2. Coba Pesan di Hari Kerja

Harga tiket cenderung akan lebih mahal di akhir pekan, hari libur nasional, atau momen cuti bersama. Maka dari itu salah satu cara untuk mendapatkan promo tiket pesawat murah adalah dengan memesannya di hari kerja.

Akan cukup tricky memang karena kamu juga harus mengatur waktu cutimu agar dapat memanfaatkan kesempatan ini. Tapi demi tiket murah dan quality time bersama orang terdekat, kenapa tidak?

3. Jangan Buru-Buru, Bandingkan Dulu!

Beberapa platform mungkin menawarkan promo yang menarik untuk di-checkout. Tapi jangan terburu-buru, dan ambil waktu sebentar untuk melihat situs resmi dari maskapai atau kanal resmi lain yang menjual tiket incaranmu.

Bisa jadi ada selisih harga yang cukup besar di antara platform ini karena satu dan lain hal. Sebagai pelanggan, sudah selayaknya untuk memilih harga paling masuk akal.

4. Promo Tiket Pesawat Murah dengan Paket Liburan

Coba juga untuk melihat bundling yang ditawarkan agen perjalanan atau platform penjualan tiket dengan paket liburan. Bundle ini terkadang menawarkan benefit yang nilainya lumayan untuk dimanfaatkan, tentu dengan perhitungan yang tepat.

Beberapa kondisi mungkin juga akan diberikan oleh penawaran tersebut. Mulai dari minimal jumlah pemesanan, minimal transaksi, dan lain sebagainya.

5. Cermati Biaya Lain-Lain

Setelah mendapatkan tiket yang kamu inginkan, jangan tergesa-gesa untuk melakukan pembayaran atau eksekusi transaksi. Cermati lagi berbagai biaya yang belum dicantumkan dalam penawaran, dan perhatikan total harga yang harus dibayarkan di akhir proses ini.

Kalau memang total harga yang dibayar masih lebih tinggi dari budget yang dialokasikan, maka kamu bisa mencoba mencari tiket lain sebelum mengambil penawaran yang diberikan.

6. Waktu Pembelian Tiket Pesawat

Meski sudah banyak diketahui orang, tapi belum banyak yang melakukan ‘perburuan’ tiket pesawat pada tengah malam. Pemesanan tiket pesawat yang dilakukan pada pukul 23.00 hingga pukul 01.00 dini hari bisa jadi waktu paling pas untuk mendapatkan harga tiket termurah.

Tidak berarti waktu-waktu ini pasti ada promo tiket pesawat yang berlaku, tapi setidaknya selisih harga yang bisa kamu dapatkan akan cukup lumayan, dan bisa menghemat budget liburanmu dengan signifikan.

Baca Juga: Ini 4 Ukuran Koper Kabin yang Secara Umum Bisa Kamu Gunakan!

7. Pembelian Tiket Jauh-Jauh Hari

Tips ketujuh ini menjadi salah satu tips ampuh yang bisa kamu coba untuk mendapatkan promo tiket pesawat murah. Tapi yang dimaksud jauh-jauh hari di sini benar-benar jauh hari ya, bisa mencapai beberapa bulan atau lebih dari empat minggu sebelum waktu keberangkatan.

Tiket yang dipesan jauh hari punya kecenderungan harga yang lebih murah, dengan selisih yang cukup besar. Entah apa alasannya, tapi tiket pesawat untuk keberangkatan dua atau tiga bulan lagi bisa dipastikan lebih murah dibandingkan dengan waktu keberangkatan di minggu ini.

8. Jika Cukup Banyak Waktu, Coba Penerbangan Transit

Tidak jadi opsi utama yang direkomendasikan untuk promo tiket pesawat murah, tapi penerbangan transit akan jadi alternatif yang menarik dicoba. Tentu dengan syarat bahwa kamu punya banyak waktu untuk dialokasikan, karena periode transit yang akan dialami bisa jadi lebih dari beberapa jam.

Penerbangan transit memungkinkan harga lebih terjangkau secara nominal rupiah, tapi lebih mahal dari segi waktu. Well, kembali lagi, apakah kamu punya cukup waktu untuk dihabiskan? Atau justru kamu bisa memanfaatkan waktu transit untuk menjelajah lokasi transit yang disambangi.

9. Bandara Alternatif

Cara kesembilan adalah untuk mencari bandara alternatif yang ada di dekat lokasi tujuan liburan. Misalnya saja, untuk mencapai Yogyakarta, kamu tidak harus menuju ke Bandara Adisutjipto atau Bandara Yogyakarta International Airports.

Kamu bisa menuju ke Bandara Adi Soemarmo yang ada di solo, dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan darat seperti kereta commuter yang harganya terjangkau.

10. Gabung dengan Komunitas

Di era serba modern seperti sekarang, banyak komunitas yang berbasis media sosial. Jika kamu cukup jeli, tidak sedikit kok komunitas yang berfokus pada traveling dan vacation, yang membagikan informasi tiket murah atau promo tiket pesawat lainnya.

Memang perlu waktu untuk bisa bergabung dan menjadi anggota dari sebuah komunitas. Tapi untuk jangka panjang, informasi yang diberikan biasanya bernilai cukup tinggi.

11. Prioritaskan Maskapai Ekonomis

Pasti kamu tahu benar ada beberapa maskapai yang dikenal sebagai maskapai ekonomis atau low cost carrier, ada pula maskapai yang mengutamakan kenyamanan penerbangan. Jika harga termurah yang kamu perlukan, maka maskapai jenis pertama sebaiknya jadi prioritas saat mencari tiket pesawat.

Meski sudah memiliki tiket yang murah, tapi ada saja promo tiket pesawat yang diberikan oleh maskapai ini.

Baca Juga: Cermati Prosedur Ibu Hamil Naik Pesawat, Simak 5 Tipsnya di Sini!

Cukup banyak ya tips mencari promo tiket pesawat murah yang disampaikan di atas? Mungkin jika kamu punya tips lain, kamu bisa berbagi dengan pembaca lainnya agar manfaat yang kamu punya bisa dinikmati juga oleh lebih banyak orang yang membutuhkan.

Setelah mendapatkan promo tiket pesawat murah, liburanmu akan terasa lebih lengkap jika kamu juga menyertainya dengan asuransi perjalanan yang handal, seperti Asuransi SmartTravel Domestik yang ditawarkan oleh PT AXA Insurance Indonesia. Manfaat utama dari asuransi ini adalah memberikan jaminan atas kecelakaan diri, biaya pengobatan, dan ketidaknyamanan perjalanan yang kamu alami selama kamu melakukan perjalanan di dalam negeri. Produk asuransi diiselenggarakan oleh PT AXA Insurance Indonesia terbukti ampuh dalam memberikan perlindungan selama perjalanansehingga perjalananmu dijamin akan semakin nyaman dan terasa seru!

Referensi:

  • https://travel.detik.com/travel-news/d-7154608/10-cara-mendapat-tiket-pesawat-murah-bisa-dapat-diskon-dan-promo
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/ssstt-traveloka-bocorkan-strategi-mencari-tiket-pesawat-murah-promo/15887
  • https://www.insertlive.com/lifestyle/20220909140109-210-290164/10-cara-mendapat-tiket-pesawat-murah-selain-pilih-hari-rabu
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/5400513/10-tips-jitu-mendapatkan-tiket-pesawat-murah
  • https://travel.kompas.com/read/2022/02/08/170500627/7-tips-dapat-tiket-pesawat-murah-cari-waktu-yang-tepat-untuk-memesan?page=all
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231229171755-269-1043278/9-tips-dan-trik-beli-tiket-pesawat-murah
  • https://kumparan.com/jendela-dunia/6-cara-mendapatkan-promo-tiket-pesawat-untuk-menghemat-biaya-perjalanan-209MdIrhu0U/full
  • https://glints.com/id/lowongan/cari-tiket-pesawat-murah/
  • https://www.mygetplus.id/blog/kata-gita/cara-beli-tiket-pesawat-murah/
  • https://travelxplore.id/10-tips-dapat-tiket-pesawat-murah-bahkan-bisa-diskon-dan-promo/