Lebih Dari 9 Tempat Bersejarah Ikonik Bisa Menjadi Destinasi Wisata Menarik, Cek di Sini!

Rencana liburan selalu jadi hal menyenangkan untuk dibuat, terlebih jika kamu berhasil mewujudkannya. Tidak hanya ke pantai atau gunung saja, ide liburan ke berbagai tempat bersejarah juga menarik untuk dikulik lho!

Apakah kamu pernah berkunjung ke tempat-tempat dengan karakter demikian sebelumnya? Jika belum, sederet tempat bersejarah di bawah ini bisa jadi ide yang masuk ke itinerary-mu untuk liburan selanjutnya. Tidak hanya indah, banyak hal bernilai yang bisa didapatkan setelah kamu mengunjungi lokasi-lokasi berikut ini.

Baca Juga: 10 Pantai Romantis di Berbagai Negara Untuk Valentine Kamu!

Tempat Bersejarah di Luar Negeri

Selain di Indonesia, kejayaan masa lalu juga dialami oleh banyak bangsa di berbagai belahan dunia. Jangan salah, keindahan tempat-tempat bersejarah yang ada di berbagai belahan Bumi ini juga tak kalah dengan apa yang ada di Indonesia.

Beberapa yang mungkin bisa menjadi pertimbangan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Taj Mahal, India

Menjadi salah satu bangunan paling terkenal di dunia, Taj Mahal juga bisa menjadi destinasi wisata sejarah yang kamu masukkan ke dalam opsi yang kamu buat. Bangunan indah ini mendapatkan gelar sebagai World Heritage Site dari UNESCO pada tahun 1983 lalu.

Dibangun oleh Kaisar Shah Jahan untuk mengenang almarhum istrinya, Mumtaz Mahal, yang meninggal setelah melahirkan putera mereka, bangunan ini juga menjadi makam dari sang istri. Keindahannya tidak terbantahkan, apalagi jika kamu bisa melihatnya secara langsung.

2. Hagia Sophia, Turki

Mungkin nama Hagia Sophia sering muncul pada drama Turki, atau bahkan film barat yang ditayangkan secara internasional. Bukan tanpa sebab, nyatanya bangunan ini memang benar-benar mempesona dan mengagumkan.

Lokasinya sendiri ada di Istanbul, Turki, dan disebut-sebut sebagai lambang dari arsitektur era Bizantium. Awalnya, Hagia Sophia dibangun sebagai gereja Katedral Ortodoks, dan menjadi bangunan katedral terbesar di dunia selama hampir seribu tahun.

Banyak cerita yang tersimpan di bangunan ini, terkait dengan sejarah yang terjadi di dalam dan sekitarnya. Menarik jika kamu bisa berkunjung kesana dan menikmati langsung keindahannya.

3. Petra, Yordania

Pernahkah kamu berpikir untuk mengunjungi kota gua yang diukir di tebing batu? Ya, kamu tidak salah baca, diukir. Petra menjadi situs bersejarah di Yordania yang merupakan kota gua yang ada di tebing batu. Masuk dalam salah satu warisan dunia UNESCO, area ini diperkirakan dibangun pada abad ke-5 sebelum masehi.

Untuk pengalaman yang benar-benar berbeda, Petra akan menjadi tujuan sangat menarik untuk disambangi. Tidak hanya karena usianya lebih dari dua milenium, tapi juga keindahan dan arsitekturnya yang presisi benar-benar menakjubkan.

4. Pulau Paskah, Samudera Pasifik

Keempat adalah Pulau Paskah yang ada di Samudera Pasifik. Keindahan pulau ini jelas tidak perlu diragukan. Tapi selain itu, kamu juga bisa melihat banyak sekali patung raksasa serupa wajah sebuah sosok yang jumlahnya banyak sekali.

Sedikitnya terdapat 887 moai yang ada di sana, dan diciptakan oleh orang-orang Rapa Nui di masa lalu. Hingga saat ini, tujuan pembuatan dan bagaimana seluruh patung tersebut berada di lokasinya masih misterius. Penasaran ingin turut menyelidikinya?

5. Chichen Itza, Meksiko

Sekilas bangunan ini memiliki bentuk serupa dengan Piramida Giza di Mesir atau Candi Borobudur. Namun demikian, Chichen Itza yang ada di Meksiko ini memiliki keunikannya sendiri. Dibangun pada tahun 502 - 522 masehi, bangunan ini adalah peninggalan arkeologi suku Maya.

Tempat bersejarah yang satu ini sarat dengan nilai filosofis dan erat kaitannya dengan ilmu astronomi. Hampir semua bagiannya memiliki makna yang mendalam untuk kebudayaan suku Maya, dan sangat menarik untuk ditelusuri lebih jauh.

Selain lima tempat terkenal di atas, masih banyak lagi tempat bersejarah lain yang bisa dikunjungi di seluruh dunia. Mulai dari Angkor Wat di Kamboja, Menara Pisa di Italia, Parthenon di Yunani, Istana Gyeongbokgung di Korea, hingga Menara Tokyo di Jepang, semua memiliki daya tarik dan nilai sejarahnya masing-masing.

Baca Juga: Jadi Financial Freedom di Usia Muda, Begini Tips Mewujudkannya!

Tempat Bersejarah Area Indonesia

Kekayaan budaya Indonesia yang telah terkenal sejak lama mewariskan banyak sekali tempat bersejarah dengan keindahan arsitektur yang sangat luar biasa. Beberapa yang kamu lihat di sini tentu hanya sebagian kecil saja, dan kamu bisa dengan leluasa melakukan eksplorasi lebih jika memang ingin menjelajah tempat bersejarah warisan di berbagai daerah.

1. Taman Sari, Yogyakarta

Kota mana yang menjadi tempat memulai daftar paling pas jika tidak Yogyakarta? Memiliki masyarakat yang ramah dan budaya yang sangat hangat, nyatanya Yogyakarta juga menyimpan tempat bersejarah yang kini menjadi tempat wisata.

Adalah Taman Sari, yang merupakan kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan luas 10 hektar dan memiliki 57 bangunan indah di dalamnya. Selain arsitektur yang menawan, kamu juga bisa menemukan kompleks pemandian yang hingga saat ini masih dialiri air yang jernih!

2. Candi Borobudur, Magelang

Tidak jauh dari Yogyakarta kamu bisa singgah ke mahakarya masyarakat era lampau, Candi Borobudur. Keagungannya menyita perhatian dunia, sebagai satu buah Candi yang berukuran masif dan memiliki relief yang menceritakan kisah sejarah panjang.

Letaknya di Magelang, sebuah kota kecil dengan jarak tak lebih dari 2 jam perjalanan darat dari Yogyakarta. Hingga saat ini, candi bersejarah ini masih digunakan sebagai tempat kegiatan keagamaan, khususnya saat Hari Raya Waisak.

Ingin pengalaman unik saat berkunjung ke sana? Lihat kalender dan sesuaikan jadwal liburanmu dengan Hari Raya Waisak ya.

3. Istana Maimun, Medan

Beralih ke pulau Sumatera, kemasyuran Istana Maimun di Medan bisa jadi salah satu lokasi tempat bersejarah yang masuk ke dalam opsi liburan kamu. Bangunan ini adalah peninggalan Kesultanan Deli yang masih terawat hingga sekarang, dan dibangun oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1888.

Sedikitnya ada 30 ruangan di dalam istana ini. Uniknya, arsitektur yang ada tidak hanya bergaya Melayu, tapi juga Timur Tengah dan Eropa. Hal ini hasil dari bantuan arsitek asal Italia yang membantu proses pembangunannya.

4. Fort Rotterdam, Makassar

Melompat jauh ke Makassar, kamu bisa mendapati Fort Rotterdam sebagai destinasi wisata sejarah berikutnya. Benteng ini digunakan sebagai tempat pertahanan yang telah berdiri sejak era Kerajaan Gowa-Tallo, sekitar tahun 1667.

Di benteng ini, salah satu ruangannya menjadi saksi sejarah saat Pangeran Diponegoro ditahan dan diasingkan. Banyak cerita menarik kalau kamu singgah ke lokasi ini.

Baca Juga: 6 Inspirasi Liburan Seru untuk Lebaran, Lihat Rekomendasinya disini!

Setiap tempat bersejarah yang disebutkan di atas jelas memiliki daya tarik dan nilai sejarah yang tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lain. Membawa nilai warisan yang sangat kental dengan perkembangan peradaban umat manusia, kamu tidak hanya bisa menikmati keindahannya saja tapi juga belajar tentang sejarah peradaban di setiap tempat tersebut.

Nah, untuk mendukung agenda liburan yang kamu punya ini, kamu juga sebaiknya selalu mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan perjalanan, seperti misalnya asuransi perjalanan. Asuransi seperti ini bisa membantu memberikan perlindungan pada kemungkinan yang tidak diinginkan, sehingga perjalanan yang kamu lakukan bisa tetap berlanjut. PT Mandiri AXA General Insurance (“MAGI”) memiliki dua jenis asuransi perjalanan yang cocok untuk digunakan, yakni Asuransi Smart Travel Domestik (nama produk Asuransi Mandiri Travel Domestik) untuk perjalanan di seluruh kota Indonesia serta Asuransi Smart Travel International (nama produk Asuransi Perjalanan AXA) untuk perjalanan internasional. Dua asuransi ini bisa kamu gunakan untuk melindungi agenda liburan yang kamu jalankan, untuk menjelajah ke tempat bersejarah di dalam dan luar negeri. Pastikan semua disiapkan dengan baik, dan selamat merencanakan liburanmu!


*Kode promo hanya berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri myPage hingga 31 Desember 2023

Sumber:

  • https://jateng.inews.id/berita/17-tempat-bersejarah-di-indonesia
  • https://btp.ac.id/tempat-bersejarah-di-indonesia/
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/destinasi-bangunan-bersejarah-di-dunia-paling-populer-acc/181892
  • https://kumparan.com/jendela-dunia/11-tempat-bersejarah-di-dunia-yang-jarang-diketahui-1z6BSo9yabw