6 Inspirasi Liburan Seru untuk Lebaran, Lihat Rekomendasinya disini!

Menyambut libur panjang dalam rangka cuti bersama lebaran, banyak sekali agenda yang bisa kamu coba. Liburan yang seru bersama keluarga misalnya, akan jadi agenda menarik jika kamu tidak berencana melakukan mudik tahun ini.

Bonding bersama dengan keluarga di waktu liburan panjang akan jadi quality time yang baik, sebab setiap anggota keluarga tentu memiliki kesibukan masing-masing saat hari kerja. Momen libur panjang lebaran ini akan jadi waktu yang pas untuk dimanfaatkan bersama orang-orang terkasih.

Nah beberapa agenda liburan yang seru bisa kamu lihat di sini, dan rencanakan dengan matang bersama dengan keluarga.

Baca Juga: 15 Wisata Religi Islami Paling Indah di Indonesia & Luar Negeri

1. Coba Staycation Bareng Keluarga

Menjadi salah satu agenda menghabiskan waktu yang populer di kalangan masyarakat kekinian, nyatanya staycation bisa menjadi agenda liburan yang seru untuk keluarga. Kamu bisa dengan mudah mencari spot yang tepat, yang didukung dengan semua fasilitasnya untuk menunjang kenyamanan bersama-sama.

Selain mendapat tempat yang nyaman untuk beristirahat dan menghabiskan waktu, kamu dan semua anggota keluarga bisa mendapatkan momen kebersamaan yang tidak tergantikan. Apalagi jika kamu juga memiliki rencana untuk menambah keseruan agenda ini, seperti misalnya acara barbeque, atau bermain gitar di bawah bintang-bintang, dan lain sebagainya.

Temukan fasilitas villa, homestay, atau hotel untuk acara ini, dan pastikan lokasinya strategis dan disukai semua anggota keluarga.

2. Glamping

Jika masih ingin tinggal di satu lokasi selama beberapa hari tapi ingin pengalaman yang unik, kamu dan keluarga bisa mencoba glamping. Merupakan kependekan dari glamorous camping, agenda berkemah ini didukung penuh dengan fasilitas lengkap dan menjamin kenyamanan setiap orang yang ada di dalamnya.

Secara mendasar, acara glamping merupakan acara berkemah namun dengan fasilitas tenda yang lengkap. Di beberapa lokasi, bahkan tenda yang disediakan memiliki kamar mandi dengan air hangat dan bathup, fasilitas kolam renang, hingga acara outbond yang bisa dimanfaatkan.

Pengalaman unik akan didapatkan karena setiap anggota keluarga bakal menghabiskan waktu di tenda yang super mewah, yang terasa nyaman tapi tetap tidak melepaskan esensi berkemah dengan tidur di tenda.

3. Liburan, Quality Time, dan Edukasi dengan Berkunjung ke Museum

Jangan salah, berbagai museum di banyak daerah menawarkan wisata edukasi yang sangat seru ketika dikunjungi bersama dengan keluarga. Selain dapat melihat berbagai pajangan, benda bersejarah, serta karya yang disajikan, kamu juga bisa menemukan banyak pengetahuan baru.

Interaksi yang terjalin antara kamu, pasangan, dan anak-anak, bisa menjadi interaksi yang sangat hangat dan sehat. Selain berada di lokasi yang sama, banyak sekali bahan obrolan baru yang dapat diperbincangkan dengan tanya jawab sederhana.

Tapi ingat, ketika berkunjung ke museum tetap jaga volume suara ya, agar tidak mengganggu pengunjung lain dan menjaga kondisi museum tetap tenang.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Lebaran Yang Wajib Dikunjungi

4. Mengunjungi Taman Rekreasi

Mengunjungi taman rekreasi menjadi agenda yang bisa masuk dalam opsi yang kamu punya. Memanfaatkan momen ketika semua orang pulang ke kampung halaman, maka dapat diprediksi taman hiburan dan rekreasi akan tidak terlalu padat.

Di setiap kota besar biasanya terdapat taman rekreasi yang buka pada hari-hari libur panjang. Wahana yang tersedia menyajikan tantangan seru sebagai pengalaman baru, dan memacu adrenalin. Atau kamu juga bisa sekedar menikmati suasana yang ada di titik-titik santai taman rekreasi ini.

Liburan seru bisa dirasakan oleh setiap anggota keluarga yang turut serta dalam agenda ini. Sedikit tips untuk berkunjung ke taman rekreasi, bawalah pakaian ganti agar tidak perlu ragu ketika bermain di wahana basah!

5. Mencoba Wisata Kuliner Lokal dan Internasional

Wisata kuliner bersama-sama dan berkeliling kota juga bukan ide yang buruk bukan? Mencicipi berbagai makanan khas dan makanan yang belum pernah dicoba oleh anak-anak akan jadi petualangan yang seru. Disamping bisa memperluas wawasan, kegiatan wisata kuliner juga membantu memperkaya khasanah cita rasa yang dimiliki si kecil. Mereka bisa mendapatkan preferensi rasa dari beragam makanan, sehingga indera pengecap yang dimiliki memiliki banyak ingatan rasa.

Banyak titik yang bisa kamu kunjungi, seperti area PIK di Jakarta, kemudian di area Alun-Alun Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut mengenai inspirasi dan opsi kuliner, juga bisa ditemukan dengan berkunjung ke area-area negara tetangga. Mengapa? Sebab negara tetangga memiliki cita rasa yang unik dan berbagai makanan khas yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

Beberapa daftarnya bisa kamu lihat di sini, dan masukkan dalam opsi untuk melengkapi khasanah kuliner Asia Tenggara.

  • Pho dari Vietnam. Makanan ini berbentuk sup mi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Vietnam. Hidangan ini memiliki rasa yang kompleks dan unik, meski tampilannya terlihat sederhana. Bahan yang digunakan adalah kaldu ayam atau sapi, dan disajikan dengan bumbu rempah yang kuat, mi beras kenyal, serta irisan daging sapi dan kecambah.
  • Pad Thai dari Thailand. Pad sendiri dalam bahasa lokal berarti hidangan tumis beraroma. Pad Thai adalah makanan yang terdiri dari bihun, tahu, udang kering, tauge, dan telur. Bisa juga ditambahkan topping daging ayam, agar rasanya semakin mantap.
  • Banh Mi dari Vietnam, adalah salah satu bentuk variasi sandwich yang populer dengan bahan utama baguette. Kombinasinya dengan rempah, bumbu, dan olahan daging sedikit memberikan aksen Prancis di dalam makanan ini.
  • Pancit dari Filipina. Bisa kamu temukan di berbagai pesta dan perayaan, makanan ini terbuat dari mi goreng dengan daging dan sayuran, lengkap dengan topping yang ada di atasnya. Banyak variasi Pancit yang kini tersedia, seperti Pancit Bihon dan Pancit Canton.

Jika ingin lebih jauh kamu juga bisa mengajak liburan sekeluarga ke Eropa. Di sana, banyak sekali makanan khas yang bisa dicoba, seperti Pizza Al Taglio dari Italia, Frites dari Belgia, Currywurst dari Jerman, Kroketten dari Belanda, Banitsa dari Bulgaria, hingga Fried Herring Sandwich dari Swedia.

6. Festival dan Kegiatan selama Ramadan di Luar Negeri

Opsi lain yang tidak kalah menantang dan bisa menjadi agenda liburan yang seru adalah menikmati berbagai festival khas Ramadan yang ada di berbagai negara. Tentu saja ini bisa jadi pengalaman seru untuk anak-anak, karena bisa mengenali apa saja kegiatan yang dilakukan di negara lain ketika momen Ramadan ini tiba.

  • Festival Garangao di Qatar

Festival ini diadakan selepas berbuka puasa dan salat Maghrib setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Ramadan, artinya di pertengahan bulan suci ini. Festival in sendiri akan menampilkan anak laki-laki dengan baju hitam berompi merah bersulam emas, semetnara anak perempuan akan hadir dengan mengenakan pakaian tradisional dishdasha berwarna cerah lengkap dengan ikat kepala atau bukhnig atau hijab hitam transparan berhias benang emas. Mereka akan berpawai dan menyanyi sepanjang jalan, dan meminta kue ke rumah-rumah penduduk.

  • Bazaar Ramadan

Acara ini diadakan di Singapura, tepatnya di area Masjid Sultan. Bazaar Ramadan selalu diselenggarakan sejak tahun 1960-an, dan tidak pernah sepi pengunjung. Mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh, kamu bisa mengajak keluarga ke sana sekaligus menikmati keindahan Singapura dan keseruan bazaar ini.

  • Lampu Fanus

Kerlap-kerlip lampu fanus bisa dinikmati jika kamu melancong ke Kairo, Mesir. Tradisi ini merupakan tradisi turun temurun setiap datangnya bulan Ramadan, dan dilakukan oleh hampir setiap rumah yang ada di sana. Sejak zaman DInasti Fatimiyah, pemasangan lampu fanus sudah dilakukan. Tentu saja, kamu juga bisa menikmati berbagai makanan khas yang bisa didapatkan di sana.

  • Breakfasting di Japan Islamic Center

Sebelum hari raya Idul Fitri tiba, kamu dan keluarga juga bisa mencoba suasana liburan yang seru dengan nuansa Ramadan yang kental di Jepang. Kamu bisa mengajak anggota keluarga singgah ke Japan Islamic Center, dan menikmati berbagai acara di sana. Mulai dari buka bersama, dialog keagamaan, majelis taklim, hingga salat tarawih berjamaah, semua dilakukan dengan nuansa Negeri Sakura yang unik.

Baca Juga: Pentingnya Work Life Balance Demi Jaga Kesehatan Mental Mu

Sedikitnya enam ide liburan yang seru di atas bisa kamu pertimbangkan, dan olah dengan kreativitas yang kamu miliki. Satu hal yang pasti, tujuannya adalah menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta. Untuk mendukung agenda dan perjalanan yang kamu lakukan ini, kamu juga sebaiknya mewaspadai keadaan jalan raya. Kamu bisa melindungi keluarga dengan Asuransi Mandiri Travel Domestik untuk perjalanan domestik dan Asuransi Perjalanan AXA untuk perjalanan internasional serta untuk kemungkinan yang tidak diinginkan, dan Asuransi SmartDrive untuk mobil pribadi yang kamu kendarai**. Produk ini disediakan oleh MAGI, untuk menunjang kegiatan liburan yang seru untuk kamu dan semua anggota keluarga!

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri myPage hingga 30 April 2023
** Syarat dan ketentuan asuransi mengikuti ketentuan polis asuransi

Sumber:

  • https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/6-ide-keren-ini-bikin-liburan-keluarga-makin-seru
  • https://superyou.co.id/blog/gayahidup/ide-liburan-keluarga/
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/inspirasi-ide-liburan-keluarga-di-jakarta-acc/17011
  • https://www.ruangguru.com/blog/aktivitas-liburan-seru-di-rumah-bersama-keluarga
  • https://hypeabis.id/read/11508/10-hidangan-terpopuler-khas-asia-tenggara-genhype-sudah-coba/2
  • https://pergikuliner.com/blog/10-makanan-khas-asia-tenggara-yang-tenar-di-dunia
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/4241715/7-tradisi-unik-saat-bulan-ramadan-di-berbagai-negara
  • https://www.reddoorz.com/id-id/blog/places-to-visit/9-negara-yang-memiliki-tradisi-unik-ramadan