10 Rekomendasi Tempat Wisata Lebaran Yang Wajib Dikunjungi

Setelah sebulan lamanya berpuasa, lebaran atau hari raya Idulfitri menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Saat lebaran tiba, umat Islam akan saling mengunjungi sanak saudara untuk bermaaf-maafan. Terlebih, libur idul fitri 2023 adalah liburan panjang setelah pandemi. Bahkan pemerintah pun telah mempersiapkan untuk menyambut mudik lebaran 2023 mulai dari infrastruktur jalan dan sarana transportasi, termasuk persiapan yang berkaitan dengan tempat wisata lebaran. Selain menghabiskan waktu bersama keluarga di libur lebaran dengan mengunjungi tempat wisata lebaran, ini saatnya kita untuk memajukan UMKM tempat wisata di Indonesia.

Rekomendasi Tempat Yang Cocok Untuk Wisata Lebaran

Biasanya, perayaan Idulfitri akan berlangsung selama dua sampai tiga hari. Sebagai negara mayoritas muslim, hari raya Idulfitri ditetapkan sebagai hari libur nasional, di mana perkantoran dan sekolah akan diliburkan. Agar momen lebaran lebih seru, ajak keluarga liburan ke sini yuk!

1. Palm Jumeirah, Dubai

Siapa sih yang tidak mau mengunjungi Dubai? Salah satu negara yang dikenal dengan gedung pencakar langit nan mewah. Cocok nih jika kamu dan keluarga ingin mencoba wisata lebaran yang baru untuk merayakan hari raya Idul fitri di Dubai. Palm Jumeirah menjadi salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi. Pulau buatan ini merupakan surga bagi para wisatawan karena banyak sekali tempat wisata, hotel hingga tempat perbelanjaan yang bisa dijajaki.

2. Pantai Krui, Lampung

Jika mudik ke daerah Lampung, kamu wajib nih bawa keluarga saat wisata lebaran untuk menikmati angin di pantai Krui. Pantai Krui merupakan pantai dengan ombak tertinggi nomor 7 di dunia. Wisata jagoan Lampung ini juga dikenal sebagai salah satu spot surfing yang mendunia lho! Krui memiliki banyak pantai yang bisa kamu kunjungi, seperti pantai karang nyimbor, pantai tembakak, labuhan jukung krui dan yang lainnya.

3. Green Canyon, Pangandaran

Salah satu tempat liburan hits di daerah selatan berada di kawasan Pangandaran. Daerah yang dikelilingi oleh pantai ini sudah pasti memiliki banyak tempat liburan yang bisa kamu jadikan wisata lebaran. Salah satunya adalah Green Canyon. Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang dihiasi dengan tebing batu menjulang tinggi dan pepohonan di sekitarnya. Kamu bisa menikmati keindahan alam tersebut menggunakan perahu. Stok foto Instagram langsung penuh deh di HP mu!

4. Cappadocia, Turki

Berbicara tentang Turki, sebenarnya ada banyak tempat wisata bersejarah yang bisa kamu kunjungi, seperti Hagia Sophia, Konya, Topkapi Palace dan Selcuk. Tapi kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Cappadocia, salah satu tempat populer yang terkenal dengan wisata tour balon udaranya. Kamu bisa membawa keluarga untuk menikmati pemandangan lembah-lembah Kapadokia dari atas ketinggian yang tak dimiliki oleh daerah-daerah lain di Turki saat wisata lebaran nanti.

5. Bunaken, Manado

Lanjut ke tempat wisata lebaran lainnya, yaitu surga bagi berbagai macam biota laut yang unik dan penuh warna, taman laut Bunaken. Taman laut di sekitar Bunaken ini merupakan bagian dari Taman Nasional. Kamu bisa melihat pesona “putri duyung” nyata! Selain itu, Bunaken juga memiliki 20 titik terbaik untuk menyelam lho!

6. Istana Siak, Riau

Siak adalah tempat wisata alam, sejarah dan budaya di Riau. Banyak wisatawan bahkan dari mancanegara yang menjajaki daerah ini. Salah satu tempat wisata lebaran yang menarik adalah Istana Siak. Istana Siak adalah bukti dari kerajaan Melayu Islam terbesar di Riau. Kamu bisa melihat banyak peninggalan kerajaan seperti kompleks Istana Kerajaan Siak.

Baca juga: 15 Wisata Religi Islami Paling Indah di Indonesia & Luar Negeri

7. Maroko

Maroko adalah salah satu destinasi untuk wisata lebaran terbaik di luar negeri. Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah dan istimewa, tapi juga memiliki pesona kebudayaan yang unik serta arsitektur kota yang memukau mata. Ini adalah tempat wisata lebaran yang wajib dikunjungi nanti bareng keluarga, ada Marrakesh, Gurun Sahara, Koutoubia Mosque hingga Bahia Palace. Jika kamu ingin mengunjungi saat bulan Ramadan, kamu akan melihat banyak tradisi unik salah satunya adalah dengan tembakan meriam sebagai tanda berbuka puasa.

8. Lembah Baliem, Jayawijaya

Lembah Baliem memiliki festival budaya berskala internasional yang diadakan setiap tahun. Tujuan dari festival ini adalah untuk melestarikan dan mengenalkan nilai-nilai budaya dari Suku Asmat beserta kabupaten Asmat yang merupakan salah satu destinasi wisata eksotis di Papua. Lembah Baliem bisa jadi salah satu opsi untuk wisata lebaran yang baru untuk kamu lho! Anda dapat menyaksikan berbagai atraksi perang adat, musik tradisional sampai dengan mengikuti acara pemilihan abang none Suku Asmat.

9. Wisata Kuliner di Singapura

Menikmati libur lebaran tak hanya di Indonesia aja lho, tapi kamu bisa mengajak keluarga untuk wisata lebaran ke salah satu negara tetangga yang bisa kamu kunjungi adalah Singapura. Negara ini terkenal dengan wisata belanja. Tapi bukan hanya itu! Di sini, kamu bisa mengajak keluargamu untuk menikmati wisata kuliner. Berikut rekomendasi kuliner Singapura yang wajib dicoba:

  • Fishball Noodles Li Xin Teochew
  • Tian Tian Hainanese Chicken Rice
  • 328 Katong Laksa
  • Ponggol Nasi Lemak Centre
  • Ah Heng Curry Chicken Noodles
  • Lau Pa Sat Festival Market

10.Liburan Singkat di Malaysia

Untuk kamu yang memiliki waktu cuti kerja yang singkat dan ingin liburan saat lebaran ke luar negeri, kamu bisa mengunjungi negara Malaysia. Dengan memiliki 61,3% populasi warga Malaysia yang menganut agama Islam akan membuat kamu dan keluarga untuk mudah menemukan makanan halal saat wisata lebaran nanti. Salah satu negara di ASEAN ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Jika membawa anak-anak, kamu wajib mengunjungi taman bermain Legoland Malaysia.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jepang yang Harus Dikunjungi dan Rincian Biayanya

Jalan-Jalan Untuk Wisata Lebaran Dengan Hati Tenang Bareng MAGI!

Mempersiapkan berbagai hal sebelum bepergian jauh adalah hal penting yang tak boleh terlewatkan, termasuk mempersiapkan Asuransi Perjalanan AXA dari MAGI untuk melindungi liburan kamu dan keluarga. Kamu tidak perlu lagi khawatir atas risiko-risiko yang akan muncul selama libur lebaran nanti.

Asuransi Mandiri Travel Domestik PT Mandiri AXA General Insurance menawarkan perlindungan dari risiko kecelakaan diri, keterlambatan dan pembatalan perjalanan, bagasi yang hilang dan tertunda apabila berpergian menggunakan pesawat dan masih banyak lagi. Tidak perlu repot, karena asuransi perjalanan dari MAGI dapat dibeli kapanpun dan dimanapun melalui AXA Mandiri myPage. Nikmati kemudahan pengajuan klaimnya secara online!

*Kode promo hanya berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri myPage dengan periode 30 April 2023

Sumber:

  • https://www.indonesia.travel/id/id/destinasi/sulawesi/bunaken#:~:text=Bunaken%20merupakan%20sebuah%20pulau%20dengan,bagian%20dari%20kota%20administratif%20Manado
  • https://www.nativeindonesia.com/pantai-krui/
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221111103306-275-872417/11-tempat-wisata-di-pangandaran-yang-eksotis-untuk-liburan-keluarga
  • https://www.idntimes.com/travel/destination/dhiya-azzahra/wisata-jakarta-saat-libur-lebaran?page=all
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/culinary/tempat-wisata-kuliner-di-singapura-acc/22675
  • https://www.tourketurki.com/17-tempat-wisata-di-turki-yang-paling-terkenal-dan-wajib-banget-dikunjungi/
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210524111536-275-646121/7-tempat-wisata-ikonis-di-malaysia-yang-terkenal
  • https://blog.antavaya.com/15-destinasi-wisata-ramadan-dan-lebaran-terbaik-di-luar-negeri/