Gejala Flu Singapura, Cepat Kenali dan Tangani dengan Tepat

Penyebaran penyakit terus jadi hal yang yang wajib diperhatikan, baik untuk diri sendiri, atau orang-orang terdekat. Belakangan, muncul penyakit yang menyebar secara cepat yang dikenal dengan flu Singapura. Tentu saja, kamu wajib paham benar tentang penyakit ini dan apa saja gejala flu Singapura hingga ke tahap penanganan yang tepat untuk hal tersebut.

Baca Juga: Cermati 9 Tanda PCOS, Jangan Ragu Berkonsultasi dengan Dokter!

Mari Mengenal Apa Itu Flu Singapura, Semua Dimulai dari Sini…

Flu Singapura sendiri disebut sebagai salah satu jenis penyakit yang dipicu karena infeksi yang sangat menular. Penyebaran banyak terjadi di kalangan anak-anak, meski tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga tertular penyakit ini.

Tanda yang muncul ketika seseorang terserang penyakit ini sendiri cukup jelas, dan akan dibahas pada bagian berikutnya. Yang pasti siapapun yang mengidap penyakit ini wajib mendapatkan perawatan secara optimal di rumah atau di fasilitas kesehatan sehingga dapat cepat pulih sehingga kembali beraktivitas dan tidak menulari orang lain.

Tapi Apa Pemicunya?

Secara umum, seorang yang terkena flu Singapura sendiri terserang oleh strain coxsackievirus atau biasa disebut dengan istilah virus A16. Virus ini jadi bagian dari kelompok virus yang disebut enterovirus, dan dapat menyebar dari satu orang ke orang lain dengan cepat.

Pada kondisi ekstrim, virus akan menyebar ke jaringan mulut, sekitar amandel, hingga masuk ke dalam sistem pencernaan dan ke seluruh tubuh lewat aliran darah. Meski demikian penyebaran ini akan selalu ‘dihalangi’ oleh sistem kekebalan tubuh penderitanya. Ini kenapa istirahat yang cukup dan konsumsi makanan sehat jadi penting dalam fase pemulihan ketika terserang flu Singapura.

Beberapa cara penularan yang umum terjadi antara lain:

  • Cairan dari hidung atau tenggorokan yang keluar saat bersin
  • Air liur atau ludah, dalam banyak konteks disebut droplet yang terlempar saat batuk
  • Cairan yang berasal dari luka melepuh seseorang
  • Permukaan benda yang sudah terkontaminasi oleh kotoran penderita virus sebelumnya
  • Penggunaan alat makan dan minum dengan penderita lain
  • Menyentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah bersentuhan dengan tinja penderita penyakit ini

Bagian Kedua: Mencermati Apa Saja Gejala yang Muncul

Setelah mengenai apa itu flu Singapura, mari beranjak ke bagian kedua untuk mengetahui kira-kira apa saja gejala dari penyakit ini. Seperti yang sudah kamu baca tadi, gejala dari infeksi flu Singapura cukup tampak pada anak atau penderitanya.

Gejala ini akan muncul beberapa hari setelah seseorang terinfeksi virus A16[SI1] [RE2] , yang berarti virus tersebut memerlukan waktu inkubasi untuk dapat menyerang dan menimbulkan dampak fisik yang terlihat. Beberapa gejala paling mencolok adalah sebagai berikut.

  • Adanya penurunan nafsu makan dari penderita
  • Munculnya ruam merah di bagian tangan, kaki, mulut, hingga pantat
  • Muncul luka seperti melepuh di area lidah, gusi, atau di dalam pipi
  • Penderita mengalami nyeri perut
  • Demam tinggi dan batuk-batuk
  • Munculnya sariawan di gusi dan lidah
  • Mengalami nyeri tenggorokan
  • Penderita menjadi rewel atau gelisah secara terus menerus

Ketika gejala ini muncul, sebenarnya langkah paling tepat adalah dengan periksa di fasilitas kesehatan terdekat, dan meminta rekomendasi dari dokter untuk penanganannya. Sebab jika tidak flu Singapura dapat memicu terjadinya komplikasi lain yang berbahaya, bukan hanya untuk kesehatan bahkan juga untuk keselamatan seseorang.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Internasional, Siapa Saja yang Perlu?

Risiko Komplikasi Flu Singapura yang Mungkin Terjadi

Flu Singapura sendiri akan memicu banyak gejala di bagian mulut. Sebenarnya risiko komplikasi utama adalah dehidrasi karena adanya luka di bagian mulut, yang membuat penderitanya sulit minum. Namun demikian ada beberapa risiko lain yang meski jarang terjadi tetap harus diwaspadai.

1. Radang Otak

Atau dikenal dengan istilah ensefalitis, ditemukan pada beberapa anak yang tengah mengidap flu Singapura meski jarang terjadi.

2. Meningitis

Terjadinya peradangan di lapisan pelindung otak dan sumsum tulang belakang, dan memerlukan perawatan medis secara cepat dan tepat

3. Kelumpuhan dan Onikolisis

Kelumpuhan bisa jadi komplikasi yang muncul dari serangan virus A16 ini. Selain itu, kuku kaki dan tangan bisa saja terlepas dan menandakan kondisi sudah semakin parah

4. Komplikasi Lain

Seperti kondisi miokarditis, polio, bahkan hingga mengancam keselamatan penderitanya.

Selalu Waspada, Ini Langkah Pencegahan dan Penanganannya

Disampaikan pada salah satu artikel di situs Halodoc, bahwa flu Singapura hingga saat ini belum memiliki obat yang dapat menyembuhkannya. Namun hal ini bukan berarti tidak ada langkah penanganan yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan.

Langkah Pencegahan yang Bisa Kamu Terapkan

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah flu Singapura, langkah sederhana bisa kamu lakukan dan terapkan pada diri sendiri atau orang terdekat, untuk menghindari segala bentuk risiko penularan.

  • Lakukan isolasi pada penderita flu Singapura hingga sembuh untuk menghindari penularan.
  • Ajarkan anak-anak untuk rutin mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun antiseptik, dan air mengalir.
  • Bersihkan area atau benda yang dicurigai terpapar kontaminasi virus secara rutin dengan cairan pembersih.
  • Selalu hindari penggunaan barang pribadi secara bersama-sama dengan penderita flu Singapura
  • Selalu terapkan langkah sederhana seperti menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk

Langkah Penanganan Ketika Terjangkit Flu Singapura

Ketika sudah terlanjur terserang flu Singapura, kamu tidak perlu panik. Dikutip dari situs resmi Siloam Hospitals, ini adalah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menangani pasien agar kondisinya lekas membaik.

  • Pertama, berikan minuman dingin untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman yang muncul di tenggorokan
  • Kedua, sebisa mungkin hindari makanan dan minuman yang punya rasa asam atau pedas
  • Ketiga, sajikan makanan dengan tekstur lunak untuk memudahkan penderita menelannya
  • Keempat, pastikan penderita mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga bisa menjauhkan risiko dehidrasi
  • Kelima, berikan penderita waktu istirahat yang cukup setiap hari
  • Keenam, gunakan krim anti gatal dan penyembuh ruam dengan rekomendasi dokter sehingga ruam yang muncul bisa lekas mengering
  • Ketujuh, berkumur dengan air garam hangat untuk meredakan rasa nyeri di tenggorokan.

Baca Juga: Raih Perlindungan Kesehatan dengan SmartMedicare Plan Domestik dari AXA Insurance Indonesia

Risiko penularan flu Singapura sebenarnya masih terbuka lebar. Maka dari itu, penerapan langkah pencegahan yang disiplin bisa berdampak besar pada upayamu menghindarkan diri sendiri dan orang terdekat dari serangan virus ini, baik ketika kamu beraktivitas setiap hari atau ketika bepergian ke luar negeri, ke negara yang mungkin menjadi area dengan tingkat infeksi tinggi untuk flu Singapura.

Setelah tahu tentang penyakit ini dan gejala flu Singapura, semoga kamu punya awareness yang lebih tinggi terkait poin yang disampaikan di atas. Jika memang akan bepergian ke luar negeri, ada baiknya kamu melengkapi rencana perjalananmu dengan asuransi kesehatan internasional yang tepat, seperti Asuransi SmartMedicare International dari PT AXA Insurance Indonesia[SI3] [RE4] . Produk asuransi ini dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhanmu dan orang terdekat akan pertanggungan kesehatan dengan akses jaringan rumah sakit di seluruh dunia. Akses layanan jasa bantuan untuk produk asuransi International Exclusive juga tersedia selama 24 jam penuh sehingga dapat membantu menangani gangguan kesehatan yang muncul, seperti flu Singapura. Asuransi SmartMedicare International juga akan memberikan manfaat berupa jaminan biaya kesehatan yang muncul karena rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, hingga persalinan, dan kondisi lain yang sesuai dengan manfaat polis. Percayakan produk asuransi pada PT AXA Insurance Indonesia, dan nikmati perjalananmu dengan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Referesi:

  • https://www.halodoc.com/kesehatan/flu-singapura
  • https://www.alodokter.com/flu-singapura
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/flu-singapura-pada-anak
  • https://rsbp.bpbatam.go.id/2023/10/mengenal-flu-singapura-penyebab-gejala-dan-pencegahannya/
  • https://www.tangerangkota.go.id/berita/detail/42309/mengenal-flu-singapura-dinkes-kota-tangerang-segera-hubungi-faskes-jika-alami-gejala
  • https://primayahospital.com/anak/flu-singapura-pada-anak/
  • https://ppid.bogorkab.go.id/?d=33227&page_title=Mengenal_Flu_Singapura_:_Penyebab,_Gejala_dan_Pencegahannya
  • https://www.rspp.co.id/artikel-detail-305-Flu-Singapura-Pada-Anak-Gejala,-Pencegahan,-dan-Pengobatan.html
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240403144140-255-1082371/8-cara-mencegah-tertular-flu-singapura
  • https://www.rri.co.id/kesehatan/596668/kenali-gejala-flu-singapura-dan-cara-pencegahannya
  • https://mediaindonesia.com/humaniora/665169/ini-cara-untuk-cegah-flu-singapura#google_vignette