Asuransi Kesehatan Internasional, Siapa Saja yang Perlu?

Mobilitas tinggi yang dimiliki seseorang dalam  berbagai urusannya menuntut kondisi yang terus terjaga. Jika kamu termasuk dalam kategori orang yang sering bepergian ke luar negeri, maka rasanya penting untuk paham lebih dalam tentang asuransi kesehatan internasional dan manfaat yang bisa diperoleh.

Sebenarnya secara mendasar, asuransi kesehatan internasional memberikan manfaat yang mirip dengan asuransi kesehatan domestik, seperti yang mungkin sudah kamu miliki sekarang ini. Tapi asuransi ini memiliki area layanan lebih luas, lintas negara dan bahkan mungkin lintas benua.

Baca Juga: Pro-Kontra Travelling dengan Mobil Campervan, Agenda yang Menarik!

Asuransi Kesehatan Internasional dan Asuransi Kesehatan Domestik

Jika kedua asuransi ini sama-sama asuransi kesehatan, maka apa perbedaannya?

Sesuai dengan namanya, asuransi kesehatan internasional akan dapat memberikan manfaat ketika kamu berada di luar negeri, di negara, kota, atau jaringan rumah sakit yang telah menjalin kerjasama dengan penyedia asuransi yang kamu pakai. Jadi kunjungan ke luar negeri tidak perlu disertai dengan kekhawatiran pembengkakan pengeluaran, jika dalam perjalanan kamu mengalami gangguan kesehatan sesuai dengan apa yang tercantum di dalam polis.

Pada asuransi kesehatan domestik, manfaat yang diterima serupa hanya saja cakupan utama yang diberikan untuk perawatan, tindakan, dan manfaat sesuai polis hanya berlaku di wilayah Indonesia saja. Selama berada di wilayah Indonesia dan di rumah sakit yang sudah terdaftar sebagai mitra, maka kamu tidak perlu cemas akan biaya pengobatan dan perawatan yang dikeluarkan jika mengalami gangguan kesehatan.

Jadi secara mendasar, perbedaannya terletak pada area cakupan layanan penggunaan manfaat asuransi tersebut

Adakah Alasan Kuat Menggunakan Asuransi Kesehatan Internasional?

Well secara praktis jika kamu memiliki mobilitas tinggi yang mencakup negara-negara di luar Indonesia, maka kamu sudah punya semua alasan yang diperlukan untuk memiliki asuransi kesehatan internasional ini.

Mengapa?

Sebab kondisi kesehatan harus selalu menjadi prioritas. Baik dalam rangka liburan atau urusan pekerjaan, tanpa tubuh yang sehat kamu akan menemukan banyak hambatan dan gangguan untuk menikmati dan menyelesaikan urusanmu.

Belum lagi biaya berobat di luar negeri yang tidak bisa dikatakan terjangkau, yang bisa menambah total biaya perjalanan hingga angka yang terlalu besar dari perkiraan awal, tentu akan membuat perjalanan menjadi sangat terganggu.

Beberapa alasan kuat kenapa kamu harus menggunakan asuransi ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Risiko gangguan kesehatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, sehingga kamu perlu jaminan pertanggungan biaya perawatan saat di luar negeri
  • Biaya perawatan yang tidak rendah saat berada di luar negeri, yang bisa membuat anggaran perjalanan membengkak, yang jelas bisa ditekan dengan manfaat asuransi ini
  • Membantu menjamin perjalanan menjadi lebih nyaman karena risiko kesehatan yang ada bisa diminimalisir dari segi biaya
  • Menjadi lebih tenang karena semua urusan biaya kesehatan bisa ditanggung sesuai dengan polis yang kamu punya
  • Masa berlaku polis bisa ditentukan sendiri sehingga dapat digunakan seperlunya saja

Cukup masuk akal bukan?

Baca Juga: Mendapatkan Pengalaman Baru dengan Hiking di Eropa, Australia, dan Korea

Cermati Keunggulan dan Kategori Sasaran Utamanya

AXA Insurance Indonesia kemudian menyediakan jenis asuransi ini, dengna nama Asuransi SmartMedicare International. Secara mendasar, produk andalan ini merupakan asuransi kesehatan internasional yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan mu akan pertanggungan kesehatan dengan akses jaringan rumah sakit di seluruh dunia.

Akses layanan jasa bantuan untuk priduk asuransi ini diberikan selama 24 jam penuh dengan jaminan biaya kesehatan seperti untuk rawat inap, rawat harian, rawat jalan, gigi, persalinan, serta manfaat lain sesuai dengan kondisi dan manfaat polis yang tertera.

Keunggulannya jelas adalah pada wilayah cakupan layanan yang diberikan, serta kelengkapan biaya pertanggungan yang akan kamu nikmati sebagai jaring pengaman saat bepergian ke luar negeri. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah memasukkan pasangan dan anak dalam asuransi ini, sehingga manfaat yang diperoleh bisa maksimal.

Tapi sebenarnya siapa saja sih orang-orang yang idealnya memiliki asuransi kesehatan dari AXA General Insurance ini? Apakah semua orang secara umum?

Yang jelas, kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan sering berkunjung ke area-area rawan penyakit adalah orang-orang paling ideal untuk memiliki asuransi ini. Kunjungan internasional yang riskan selalu menghadapkan kamu pada risiko yang jelas, sehingga bisa disikapi dengan tepat.

Selain itu kamu atau keluarga yang memiliki kondisi kesehatan kurang stabil juga sebaiknya menggunakan Asuransi Kesehatan SmartMedicare International ini, karena dengan demikian kamu bisa meminimalisir risiko pembengkakan biaya akibat gangguan kesehatan di negara tujuan.

Baca Juga: 8 Risiko Penyakit Kronis di Usia Muda, Terapkan Langkah Pencegahannya!

Tentunya sebelum membeli asuransi jenis apapun, kamu wajib membaca semua syarat dan ketentuan yang diberikan agar mendapatkan informasi gamblang mengenai berbagai poin penting dalam polis yang diberikan. Hal serupa juga berlaku pada asuransi AXA Insurance Indonesia, dan kamu akan dibantu oleh petugas terkait untuk urusan ini.

Memaksimalkan proteksi pada saat bepergian ke luar negeri dalam berbagai urusan bisa kamu lakukan, salah satunya dengan memiliki asuransi kesehatan internasional handal seperti yang ditawarkan AXA Insurance Indonesia. Dengan Asuransi SmartMedicare International, perjalanan ke luar negeri terasa lebih nyaman dan aman, karena risiko pembengkakan biaya bisa ditekan ketika gangguan kesehatan terjadi!

*Penjaminan dan manfaat berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Referensi: 

  • https://mypage.axa.co.id/smartmedicare/international/step1?utm_source=sem&utm_medium=text&utm_campaign=AON&utm_content=text&gclid=Cj0KCQiA7aSsBhCiARIsALFvovwGzKKwz5kVtFd3Y_GXtOg79T5PwHIM0bdlvLjwvvLT6PyWUZ7iCnIaApoLEALw_wcB
  • https://mypage.axa.co.id/e-health/quote/step1
  • https://lifepal.co.id/asuransi/kesehatan-axa-mandiri/