Apa yang Harus Dilakukan saat Rumah Kebakaran?

Cuaca yang sangat panas beberapa waktu belakangan ini memang menjadi tantangan tersendiri. Tapi yang harus disadari adalah bersamaan dengan suhu yang terjaga tetap tinggi, ada pula kekeringan yang melanda. Risiko rumah kebakaran turut meningkat, dan sudah cukup banyak kejadian di beberapa daerah.

Dengan kondisi seperti ini, maka penting untuk setiap orang tahu lebih banyak informasi seputar kebakaran. Mulai dari penyebab dan pemicunya, kemudian apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi, dan cara mengantisipasi agar kebakaran tidak sampai terjadi, semua penjelasannya bisa kamu temukan di artikel singkat ini.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Menjanjikan

Kerugian Materi yang Tidak Kecil

Tentu ketika rumah kebakaran, akan muncul kerugian materi yang tidak kecil. Selain itu masih ada kerugian lain yang tidak berwujud materi, yang tentu nilainya sangat besar. Ini kenapa kamu perlu tahu benar apa saja penyebabnya, sehingga bisa melakukan langkah antisipasi yang tepat.

Selain itu karena ada risiko yang besar, ada baiknya juga kamu memiliki asuransi atas rumah yang kamu tingali sekarang sebagai sebuah langkah strategis mengurangi kerugian yang muncul. Beberapa manfaat akan memberikan keringanan yang signifikan, sehingga kamu bisa lekas bangkit.

Kenali Apa Saja yang Bisa Memicu Terjadinya Kebakaran

Ketika rumah kebakaran, penyebabnya dapat dipastikan ada di salah satu poin berikut ini. Singkat tapi penting untuk dicermati, berikut beberapa hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran dan bisa kamu hindari.

1. Kebakaran Lingkungan

Kebakaran lingkungan biasanya terjadi pada kebun atau area hutan yang dilanda kekeringan panjang. Well jika tempat tinggalmu dekat dengan area ini, maka penyebab dari kebakaran salah satunya adalah api dari kebakaran lingkungan.

Pada situasi sangat kering dan panas seperti sekarang, kamu harus lebih waspada agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Membakar Sampah

Sebenarnya anjuran untuk tidak membakar sampah telah digaungkan banyak pihak karena nyatanya hanya memindahkan limbah dari bentuk padat ke bentuk gas. Namun masih ada saja orang-orang yang selalu membakar sampah untuk solusi cepat dari limbah yang menumpuk ini.

Jilatan api dari pembakaran sampah juga bisa jadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran area perumahan warga.

3. Anak-Anak yang Bermain Api

Ada alasan kuat kenapa anak-anak dilarang bermain api sembarangan, dan berbagai produk kembang api harus dinyalakan dengan pengawasan orang tua. Kecerobohan anak-anak bisa saja terjadi dan membakar benda yang ada di rumah, sehingga memicu kebakaran.

4. Lilin yang Dinyalakan dan Terjatuh

Hal ini sering terjadi, terutama ketika pemadaman listrik bergilir sedang sering dilakukan. Lilin menjadi salah satu sumber pencahayaan yang mudah didapatkan dan menjadi solusi darurat untuk pemadaman listrik.

Tapi kamu tetap harus berhati-hati agar jangan sampai lilin dinyalakan di dekat barang-barang yang mudah terbakar untuk mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

5. Terjadinya Arus Pendek

Menjadi salah satu penyebab rumah kebakaran paling sering terjadi, terjadinya arus pendek pada kabel atau konsleting bisa dengan mudah memicu kebakaran. Percikan api yang menyambar benda mudah terbakar akan segera membesar, dan kebakaran sudah terlanjur terjadi sebelum ada yang menyadarinya.

6. Lupa Mematikan Kompor

Pada rumah tangga memasak adalah hal yang biasa. Tapi kebakaran yang berasal dari kompor yang lupa dimatikan juga tidak sedikit terjadi.

7. Kebocoran Tabung Gas

Kebocoran tabung gas menjadi hal yang perlu diwaspadai, terlebih untuk kamu yang menggunakan gas sebagai bahan bakar utama untuk memasak. Ketika tabung gas bocor, ledakan bisa dengan mudah terjadi dan memicu kebakaran hebat.

Baca Juga: Ingin Membeli Mobil Keluarga? Pertimbangkan 9 Hal Berikut Ini!

Jika Sudah Terlanjur Terjadi, Apa yang Harus Dilakukan?

Tidak ada yang ingin kebakaran rumah terjadi dan menimpanya. Tapi akan sangat sial jika ketika hal ini terjadi kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan. Secara singkat, ada enam hal yang bisa kamu lakukan ketika mengalami rumah kebakaran.

  • Pertama, jangan tunda untuk keluar rumah. Lupakan barang-barang berharga dan materi lain, misi utama kamu adalah keluar dari rumah secepatnya
  • Kedua, tidak perlu menyelidiki apa yang menyebabkan kebakaran, jika kamu memiliki waktu untuk hal ini, kebakaran rumah tentu tidak perlu terjadi
  • Ketiga, jika api membesar dan kamu masih di dalam rumah, bergerak dengan merangkak sedekat mungkin dengan lantai. Hal ini membantu kamu menghindari asap yang beracun yang bisa membuat kamu tidak sadarkan diri
  • Keempat, ketika kamu keluar dari rumah usahakan hanya membuka satu pintu atau jendela saja. Hal ini dilakukan agar penyebaran api tidak semakin cepat karena angin yang masuk
  • Kelima, sebelum membuka pintu atau jendela, coba sentuh pintu atau jendela terlebih dahulu. Jika terasa hangat atau panas, jangan coba dibuka karena kemungkinan besar ada api di balik pintu atau jendela tersebut
  • Keenam, jika kamu melarikan diri dengan orang lain, maka usahakan tetap bersama dengan orang tersebut

Lakukan Langkah Pencegahan agar Hal Ini Tak Perlu Terjadi

Untuk langkah pencegahannya sendiri bisa dijelaskan dalam delapan poin berbeda, berdasarkan penyebab yang sudah dituliskan di atas.

1. Gunakan Peralatan Elektronik dengan Bijak

Menyambungkan berbagai peralatan elektronk hendaknya dilakukan dengan bijak. Jangan sampai kamu menggunakan peralatan ini secara berlebihan, apalagi menyambungkan beberapa colokan menjadi satu rangkaian.

2. Berikan Edukasi pada Anak-Anak tentang Bahaya Korek Api

Edukasi mengenai bahaya korek api sebenarnya perlu dilakukan sejak dini. Dengan memahami bahayanya api, anak-anak bisa menjadi lebih waspada dan tidak ceroboh, bahkan sangat baik jika mereka tidak bermain api tanpa pengawasan orang dewasa.

3. Ingat Mematikan Kompor

Selalu ingat untuk mematikan kompor jika ingin meninggalkan rumah, atau selesai memasak. Tips sederhana untuk kamu yang pelupa, kamu bisa meletakkan sticky notes di beberapa tempat untuk pengingat supaya kamu selalu memastikan kompor yang tidak digunakan dalam keadaan mati.

4. Buang Rokok di Asbak

Selain mematikan rokok, pastikan juga rokok dibuang ke tempat yang sudah disediakan. Akan sangat berbahaya jika rokok yang masih menyala dibuang ke tempat sampah yang berisi bahan-bahan mudah terbakar.

5. Pasang Smoke Detector

Jika ada api pasti ada asap. Pemasangan alat pendeteksi asap sangat direkomendasikan untuk melakukan peringatan dan penanganan cepat, karena secara otomatis alat ini bisa dihubungkan dengan penyemprot air di titik yang sama.

6. Alat Pemadam Kebakaran Rumah

Sebenarnya hal ini bersifat sebagai tambahan saja. Tapi jika kamu bisa memiliki alat pemadam kebakaran di rumah tentu akan sangat baik untuk menangani api yang tiba-tiba membesar.

7. Jalur Evakuasi yang Dipahami Semua Orang

Pasangan, anak, orang tua, asisten rumah tangga, atau dan setiap pihak yang ada di rumah sebaiknya tahu benar jalur evakuasi yang harus diambil ketika terjadi keadaan darurat. Buat skema sederhana yang bisa dipahami banyak orang, dan sesekali lakukan latihan untuk skema ini.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Asuransi, Jenis, dan 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Asuransi yang Tepat

Selain mengetahui penyebab, cara bersikap, dan cara mencegah rumah kebakaran, seperti disampaikan di bagian awal tadi ada baiknya kamu memiliki asuransi rumah. Produk ini disediakan oleh AXA Insurance Indonesia dengan nama Asuransi SmartHome. Asuransi ini secara umum akan memberikan perlindungan atas harta benda atau barang-barang jika terjadi kerusakan atau kehilangan yang mengakibatkan kerugian keuangan yang kamu alami sebagai tertanggung, serta tuntutan hukum pihak ketiga padamu tas harta benda sesuai manfaat yang dijamin di dalam ketentuan polis. Selalu waspada dan berhati-hati ya!

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Desember 2023

Referensi: 

  • https://www.liputan6.com/hot/read/5308206/8-penyebab-kebakaran-di-rumah-lengkap-penjelasannya
  • http://www.bpbd.jogjaprov.go.id/berita/kenali-potensi-bahaya-kebakaran-rumah-1
  • https://www.gardaoto.com/blog/7-penyebab-rumah-terbakar-dan-cara-pencegahannya/
  • https://swb.co.id/id/blog/127-7-cara-sederhana-mencegah-kebakaran-rumah-atau-aparteman-yang-harus-anda-ketahui
  • https://www.inilah.com/cara-mencegah-kebakaran-di-rumah
  • https://damkar.depok.go.id/2017/08/07/10-cara-menghadapi-kebakaran-di-rumah/
  • https://sohib.indonesiabaik.id/article/tips-saat-kebakaran-g808H#:~:text=Saat%20kebakaran%20berlangsung%3A&text=Jika%20mendengar%20alarm%20kebakaran%2C%20segera,berguling%2Dgulinglah%20sampai%20api%20padam.
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/02/02/075331/wajib-tahu-hal-hal-yang-harus-dilakukan-saat-terjadi-kebakaran