Ingin Membeli Mobil Keluarga? Pertimbangkan 9 Hal Berikut Ini!

Untuk sebuah keluarga kecil yang bahagia, keberadaan mobil tentu akan membantu dalam banyak hal. Kamu jelas paham benar hal ini, maka tak heran memilih mobil keluarga yang tepat jadi hal yang juga penting untuk dilakukan.

Tapi sebenarnya di antara semua opsi mobil yang ada, apa sih yang harus diperhatikan saat ingin memiliki mobil keluarga yang cocok dan nyaman digunakan?

Nah, untuk membantu kamu dalam menentukan opsi mobil yang tepat untuk keluarga kecil bahagiamu ini, kami telah mencoba memetakan beberapa fitur yang recommended untuk ada di dalam sebuah kendaraan.

Maka tanpa berpanjang lebar, mari cermati satu per satu fitur yang sebaiknya kamu pertimbangkan ada di mobil pilihanmu nanti di bawah ini!

Baca Juga: 73 Negara Bebas Visa yang Bisa Kamu Sambangi Buat Liburan

1. Pastikan Mesin yang Responsif

Sebenarnya poin pertama ini tidak hanya berlaku untuk memilih mobil keluarga saja, tapi setiap jenis mobil yang mungkin akan kamu beli di masa depan. Mesin responsif akan menjadi hal mendasar, dan harus dipastikan pada setiap kendaraan.

Bepergian dengan keluarga akan identik dengan barang bawaan yang tidak sedikit. Maka dari itu, mesin yang responsif menjadi hal mutlak supaya perjalanan tetap terasa nyaman tanpa harus menanggung risiko kendaraan rewel di jalan.

2. Konsumsi Bahan Bakar

Poin kedua adalah sebisa mungkin pilih mobil yang punya konsumsi bahan bakar hemat. Secara ideal, mobil dengan model seperti ini memang akan ‘dibayar’ dengan tingkat kenyamanan yang sedikit lebih rendah. Tapi jika kamu mengutamakan fungsi, maka rasanya hal ini tidak masalah.

Lagipula kenyamanan bisa disiasati dengan mudah menggunakan berbagai tambahan di bagian jok mobil atau fitur tambahan lain yang diberikan setelahnya. Percayalah, mobil keluarga dengan konsumsi bahan bakar hemat akan jadi hal yang sangat berguna, apalagi digunakan secara rutin dan untuk perjalanan jarak jauh.

3. Soal Fitur Keamanan

Memang berada di posisi ketiga, tapi bukan berarti fitur keamanan tidak menjadi prioritas. Fitur keamanan sendiri bisa dilihat untuk badan dan rangka mobil, serta fitur keamanan di dalam kabin mobil yang akan kamu pilih.

Fitur seperti keberadaan airbag, kemudian sabuk pengaman, sistem pengereman, struktur rangka dan badan mobil yang sudah dapat menyerap benturan, wajib jadi hal yang kamu perhatikan demi perlindungan pada keluarga yang kamu sayangi.

Jika perlu, pastikan mobil yang akan dipilih punya Isofix, atau International Standards Organization FIX. Fitur ini diperlukan ketika kamu punya anak yang masih bayi, karena berguna untuk mengaitkan kursi bayi dengan jok mobil.

4. Kenyamanan di Kabin

Karena akan digunakan secara rutin, maka penting agar setiap penumpang yang turut dalam perjalanan merasa nyaman di kabin. Setidaknya, pastikan fitur mobil keluarga mendasar tersedia di bagian dalam mobil tersebut.

Beberapa fitur yang sebaiknya ada adalah ruang kabin yang senyap, hiburan, televisi kecil, AC sejuk, suspensi yang nyaman, kapasitas kabin yang lega, bahan kulit jok dan busa yang digunakan, serta layout dari kabin itu sendiri.

5. Fitur Terbaru untuk Mobil Keluarga

Poin kelima adalah mengenai fitur-fitur terbaru yang menjadi pelengkap sebuah mobil. Semakin banyak fitur yang tersedia memang harga mobil akan semakin tinggi. Tapi, kenyamanan yang ditawarkan juga akan meningkat.

Jadi kamu bisa menimbang-nimbang kira-kira fitur apa saja yang kamu perlukan dalam menunjang perjalanan yang kamu lakukan. Misalnya saja dengan keberadaan smartphone connection, kemudian kontrol di roda kemudi yang lengkap dan nyaman, fitur hiburan, engine start dengan remot, auto lock walk-away, dan fitur lain.

Semua ini bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu.

6. Seperti Apa Desain yang Pas?

Menjadi salah satu poin subjektif yang akan memiliki jawaban berbeda-beda, desain dan bentuk mobil akan sangat tergantung pada preferensi kamu sebagai pemiliknya nanti.

Belakangan pengembangan desain terasa semakin futuristik dan beragam. Jadi rasanya bukan hal yang sulit mendapatkan desain mobil yang seperti keinginanmu.

7. Fleksibilitas Penggunaan

Fleksibilitas mobil keluarga di sini bisa berbentuk banyak hal. Kompartemen kecil di bagian pintu dalam, ruang penyimpanan yang lega, bisa atau tidaknya jok di baris ketiga untuk dilipat, atau mungkin bahkan tambahan fitur di bagian belakang mobil yang bisa membantu mengorganisir barang bawaan.

Idealnya mobil keluarga akan memiliki tiga row tempat duduk yang bisa digunakan. Tapi jika kamu lebih suka mobil dengan bentuk yang compact, opsi city car bisa cukup menarik untuk keluarga kecil.

8. Preferensi Transmisi

Tidak sedikit orang yang lebih suka transmisi otomatis karena merasa lebih praktis. Tapi dengan pertimbangan harga yang lebih ekonomis, transmisi manual akan memiliki daya tarik yang lebih besar.

Sama seperti dengan desain, pilihan transmisi ini juga akan tergantung dengan kamu atau pasangan yang membawa mobil secara rutin. Karena transmisi akan berujung pada kenyamanan berkendara, kamu bisa diskusikan dulu dengan pasangan model apa yang lebih baik.

9. Jangan Lupakan Soal Asuransi

Menjadi fitur tambahan yang sebenarnya tidak boleh kamu lupakan, asuransi pada mobil keluarga adalah hal yang penting.

Asuransi mobil ini bisa membantumu membereskan berbagai masalah terkait mobil, mulai dari kerusakan ringan, derek, hingga penggantian baru, selama sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: 5 Tips Road Trip Aman Pakai Kendaraan Pribadi

Pada akhirnya, pilihan mobil keluarga yang kamu ambil jelas akan bergantung dengan kebutuhan dan keperluan yang kamu punya. Pertimbangan yang baik akan disusun dari data-data yang kredibel dan solid, jadi jangan ragu untuk berkunjung ke gerai atau showroom untuk mencari informasi terbaru.

Selain pencarian informasi intensif, kamu juga sebaiknya menyiapkan asuransi kendaraan untuk mobil keluarga yang akan kamu punya nanti. AXA Insurance Indonesia, kemudian menawarkan Asuransi SmartDrive untuk membantu kamu dalam melindungi mobil yang kamu punya. Benefitnya beragam, layanan derek, new for old, penggantian kunci kendaraan, penggantian tanggung jawab hukum pihak ketiga, mogok, dan sebagainya, bisa ditanggung**. Jadi selama berkendara kamu tidak perlu khawatir jika ada masalah. Segera kamu bisa cermati syarat dan ketentuannya di laman produk dengan mengklik tautan di atas.

*Promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Desember 2023

** Merujuk kepada ketentuan polis Asuransi SmartDrive

Sumber:

  • https://www.tribunnews.com/otomotif/2018/12/16/ini-fitur-fitur-wajib-ada-kalau-ingin-pilih-mobil-keluarga?page=all
  • https://www.cermati.com/artikel/fitur-penting-yang-wajib-ada-dalam-mobil-keluarga
  • https://car-glass.co.id/blog/rekomendasi-mobil-keluarga-terbaik-2022/