8 Tips Booking Hotel Lebih Hemat dan Cermat dengan Promo!

Momen liburan selalu jadi waktu yang dinantikan banyak orang untuk menghabiskan waktu berkualitas yang dimiliki dengan kegiatan seru atau dengan orang-orang terdekat. Tidak kalah penting dengan apa yang akan kamu lakukan, booking hotel di waktu yang tepat juga bisa memaksimalkan pengalaman liburanmu.

Kenapa demikian?

Pada dasarnya hotel atau tempat singgah ketika kamu liburan akan menjadi ‘rumah’ sementara, dimana kamu akan beristirahat, menghabiskan waktu setelah berkegiatan, dan kembali mengisi tenaga. Tanpa hotel dan tempat yang pas, bisa jadi istirahatmu terganggu dan kamu tak punya cukup tenaga untuk liburan. Lebih buruk, istirahat yang tidak optimal dapat membawa banyak dampak kesehatan jangka panjang.

Maka dari itu, artikel ini akan coba membedah beberapa tips booking hotel agar liburanmu  tetap terasa seru, tapi dengan benefit pengeluaran yang lebih hemat menggunakan berbagai promo yang mungkin ditawarkan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Glamping Seru, dari Toba hingga NTB!

1. Cari Informasi tentang Hotel yang Baru Dibuka

Promo yang ditawarkan hotel yang baru saja melakukan grand opening biasanya akan memberikan banyak benefit untuk kamu gunakan. Meski memang, syarat utama dari tips ini adalah adanya hotel baru di sekitar lokasi liburan yang kamu tuju.

Namun demikian, range pencarian juga bisa kamu perluas jaraknya. Well mungkin akan membuat kamu memerlukan transportasi tambahan untuk mencapai area tujuan liburanmu, tapi kamu akan memotong banyak anggaran untuk hotel dan tempat singgah ini.

Sisanya adalah matematika sederhana, antara pengeluaran, waktu, dan tenaga yang kamu punya untuk liburan.

2. Manfaatkan Media Sosial dan Berlangganan Newsletter

Meski mungkin tips kedua ini tak terlalu banyak digunakan, namun faktanya cukup banyak promo yang ditawarkan hotel melalui newsletter. Media promosi yang terbilang ‘kuno’ ini masih dimaksimalkan guna memberikan pesan promosi secara langsung pada pelanggan yang dimiliki oleh hotel.

Berlangganan newsletter hanya akan memberikanmu sedikit notifikasi rutin dari pengelola atau akun milik hotel yang kamu pilih. Informasi dalam pesan yang disampaikan cukup beragam, mulai dari update terkait layanan hotel, hingga promo terbatas yang tidak ditawarkan secara terbuka di media konvensional.

3. Paket Liburan, Bisa Jadi Memberikan Harga Akhir Lebih Ekonomis

Kamu juga bisa mencoba mencari paket liburan yang sesuai dengan jadwal dan tujuan liburanmu. Paket ini tidak hanya memberikan penawaran menarik untuk harga hotel dan penginapan, tapi terkadang juga dilengkapi dengan tiket perjalanan.

Pada beberapa paket liburan yang ditawarkan tak jarang kamu juga bisa menemukan fitur lain, seperti misalnya asuransi perjalanan yang diberikan sebagai salah satu daya tarik. Secara umum asuransi perjalanan yang berkualitas akan memberikan perlindungan pada penundaan perjalanan, pembatalan penerbangan, risiko kehilangan bagasi dan barang pribadi, atau kondisi kesehatanmu saat bepergian.

Well untuk informasi tentang asuransi perjalanan berkualitas, kamu bisa langsung cek Asuransi Perjalanan SmartTravel [SI1] dari PT AXA Insurance dan langsung melihat benefit yang ditawarkannya. Secara total, paket liburan akan memberikan harga yang jauh lebih terjangkau.

4. Menjadi Member dari Hotel atau Jaringannya

Tips berikutnya untuk mendapatkan harga ekonomis ketika booking hotel adalah menjadi member dari hotel atau jaringannya. Keanggotaan ini akan memberikan benefit eksklusif, dan bahkan penawaran yang bisa membantumu menghemat biaya untuk menginap.

Ada pula model membership yang menggunakan loyalty poin yang dikumpulkan dari setiap transaksi. Seiring bertambahnya poin kamu bisa menukar poin ini dengan sejumlah benefit, baik berupa potongan harga sewa kamar, benefit tambahan dari transaksi yang dilakukan, atau upgrade pada unit kamar yang kamu pesan.

Kamu bisa mencari informasi lengkap pada situs resmi hotel yang kamu tuju atau biasa kamu gunakan untuk tips keempat ini.

Baca Juga: Sudah Tahu Kompensasi untuk Delay Pesawat yang Kamu Alami? Cermati Selengkapnya di Sini!

5. Pemesanan dengan Travel Agent

Beberapa hotel menjalin kerja sama dengan travel agent, dan memberikan harga khusus untuk pemesanan melalui pihak ketiga ini. Ada beberapa potongan khusus yang hanya dapat diperoleh dari travel agent, sehingga akan membuat liburanmu lebih ekonomis.

Kamu bisa dengan mudah mengakses situs resmi dari travel agent atau mendatangi kantor cabang yang mereka miliki secara langsung. Pemesanan dan detail hotel serta jadwal bisa dilakukan dengan cepat jika harga atau promo yang ditawarkan cocok.

Satu hal yang menjadi catatan adalah pastikan kamu memilih travel agent yang jelas kredibilitasnya, dan menyediakan layanan after sales yang solutif jika di kemudian hari terjadi masalah.

6. Trik Booking Hotel Ekonomis, Last Minute Call

Ada beberapa hotel yang menerapkan kebijakan potongan harga tertentu saat pemesanan dilakukan di jam-jam tertentu. Hal ini biasa dikenal dengan last minute call, yakni pemesanan yang dilakukan pada malam hari atau menjelang pergantian hari.

Tidak semua hotel memberikan program ini, tapi jika kamu cukup cermat, potongan yang didapatkan mencapai lebih dari 25% untuk pemesanan yang dilakukan. Untuk pemesanan seperti ini, selalu pastikan transaksi dilakukan pada jam yang ditentukan, dan konfirmasi via email atau layanan pelanggan dari hotel tersebut sehingga semua jelas dan kamu dipastikan mendapatkan harga terbaik.

7. Ajukan Penawaran Barter untuk Review

Tips ini mungkin bisa dimanfaatkan oleh kamu yang sudah dikenal sebagai seorang travel blogger. Dengan status ini, review yang kamu berikan dapat menjadi sarana promosi untuk hotel tersebut. Jelas, penawaran yang kamu ajukan sebaiknya bersifat profesional, dan memiliki kontrak yang disepakati kedua pihak sebelum benar-benar dilaksanakan.

Influencer memiliki nilai tawar tersendiri yang tidak dimiliki oleh orang kebanyakan. Meski  potongan atau kerja sama yang dijalin bisa membawa berbagai jenis manfaat, tapi setidaknya kamu bisa memperoleh sejumlah benefit dari kerja sama ini.

Sekali lagi, jika ingin menggunakan tips ini, pastikan ada kontrak yang jelas antara kamu dan pihak hotel, sehingga tidak muncul masalah di kemudian hari.

8. Gunakan Reward dari Kartu Kredit

Jika kamu merupakan pengguna kartu kredit yang aktif, tentu kamu memiliki sejumlah poin yang dapat dikumpulkan untuk ditukar dengan berbagai benefit. Tentu saja, masing-masing kartu kredit akan menawarkan benefitnya dalam bentuk berbeda, tapi voucher atau diskon pada pemesanan hotel jadi salah satu benefit yang cukup umum ditawarkan.

Kamu bisa mencermati promo yang berlaku untuk pengguna kartu kredit tertentu, atau langsung menghubungi agen kartu kredit yang kamu gunakan untuk menanyakan mengenai benefit terkait poin dalam kartu kredit.

Tidak selalu besar, tapi tetap terasa untuk menekan pengeluaran yang akan terjadi untuk hotelmu.

Baca  Juga: Rencanakan Kunjunganmu dengan Visa Schengen Sekarang, Cermati Detail Pembuatannya di Sini!

Itu tadi sederet tips booking hotel untuk memperoleh harga yang lebih terjangkau saat kamu ingin liburan. Masing-masing tips memiliki kondisi, syarat, dan ketentuannya masing-masing, kamu hanya perlu cukup cermat dan teliti untuk melihat peluang potongan dan promo yang ada sehingga memperoleh transaksi yang menguntungkan.

Selain pengetahuan tentang tips booking hotel seperti yang disampaikan di atas, kamu juga agaknya perlu memperhatikan tiket perjalanan yang akan dilakukan. Sedikit telah disinggung sebelumnya, penggunaan asuransi perjalanan direkomendasikan guna mengamankan dari berbagai risiko yang ada.PT  AXA Insurance Indonesia kemudian menawarkan produk Asuransi SmartTravel Domestik yang dapat digunakan, yang akan memberikan jaminan atas kecelakaan diri, biaya pengobatan, serta ketidaknyamanan yang kamu alami selama perjalanan di dalam negeri. Solid, padat manfaat, dan dipastikan bisa mendukung kelancaran agenda liburanmu, PT AXA Insurance Indonesia senantiasa mengupayakan yang terbaik untuk pelanggannya. Segera rencanakan liburan, terapkan tips di atas, dan lengkapi dengan asuransi perjalanan berkualitas dari PT AXA Insurance Indonesia!

Referensi:

  • https://travel.kompas.com/read/2022/11/12/190300827/7-tips-mencari-promo-hotel-agar-liburan-lebih-hemat-?page=all
  • https://www.jenius.com/highlight/detail/tips-cari-hotel-murah
  • https://travel.detik.com/travel-tips/d-7250823/tips-dan-trik-cara-booking-hotel-murah-pencinta-travel-wajib-tahu
  • https://www.marketeers.com/5-tips-booking-hotel-dengan-harga-murah-budget-liburan-auto-aman/
  • https://news.azanahotel.com/16-tips-dapat-diskon-hotel-dengan-harga-termurah/
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230522125045-269-952397/waktu-waktu-terbaik-pesan-hotel-biar-dapat-harga-miring
  • https://kumparan.com/kumparantravel/traveler-catat-ini-waktu-terbaik-pesan-tiket-pesawat-dan-hotel-menurut-ota-20Q6LI71PRA