Sudah Tahu Kompensasi untuk Delay Pesawat yang Kamu Alami? Cermati Selengkapnya di Sini!

Jika ditanya tentang hal apa yang bisa memicu emosi ketika akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, tentu delay pesawat jadi salah satunya. Kejadian yang tidak bisa diduga ini sering terjadi dan mengacaukan agenda yang kamu miliki, sehingga harus berhadapan dengan berbagai kerepotan lainnya.

Tapi sebenarnya apa sih penyebab dari pesawat delay itu? Apakah selalu diakibatkan karena faktor teknis, atau justru ada penyebab-penyebab lain yang sebenarnya bisa dihindari oleh maskapai dan penyedia jasa penerbangan?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Glamping Seru, dari Toba hingga NTB!

Kenali Dulu Arti Delay Pesawat

Delay dalam dunia penerbangan sendiri diartikan sebagai penundaan jadwal penerbangan dari jadwal semula yang sudah ditentukan. Penyebabnya dapat berasal dari banyak faktor, namun kebanyakan diungkapkan sebagai kendala teknis.

Waktu penundaan ini ada yang memiliki estimasi jelas, ada pula yang perkiraannya tidak dapat dipastikan. Karena merupakan kesalahan dari pihak maskapai dan membawa kerugian bagi penumpangnya, maka terdapat aturan ketat terkait kompensasi yang wajib diberikan mengacu pada berapa lama delay pesawat tersebut terjadi.

Ketika terjadi delay, kamu akan mendapatkan informasi langsung dari perwakilan maskapai atau melalui pengumuman di layar dan pengeras suara.

Memetakan Faktor Penyebab Terjadinya Delay Pesawat

Nah untuk faktornya sendiri seperti yang diungkapkan sebelumnya cukup beragam. Mulai dari masalah teknis terkait mesin atau fungsi pesawat, kemudian masalah pada awak kabin yang bertugas, atau bahkan masalah administrasi dan kesalahan penumpang terkait jadwal keberangkatan pesawat.

Namun setidaknya terdapat enam penyebab umum yang biasanya menjadi alasan utama kenapa pesawat harus mengalami penundaan keberangkatan.

  • Pertama, cuaca di area bandara sedang sangat buruk, seperti hujan lebat, badai petir, atau kabut tebal yang dapat mengganggu jarak pandang dan operasional penerbangan secara praktis. Jika hal ini tidak diindahkan, risiko lebih besar harus ditanggung oleh penumpang dan awak kabin
  • Kedua, pesawat mengalami masalah teknis pada mesin, kelistrikan, atau masalah teknis lain yang membuatnya tidak dapat beroperasi dengan optimal untuk melaksanakan tugas
  • Ketiga, terjadinya kepadatan lalu lintas di bandara. Hal ini cukup sering terjadi di bandara dengan landasan pacu yang terbatas, dan tidak dapat mengakomodir jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat dari dan ke bandara tersebut
  • Keempat, terdapat perubahan atau keterlambatan dari jadwal pesawat sebelumnya yang memicu efek domino pada penerbangan yang kamu gunakan
  • Kelima, adanya masalah administratif. Seperti yang disampaikan sebelumnya masalah ini terkadang juga muncul. Masalah administratif yang dimaksud dapat berbentuk urusan pemeriksaan penumpang, barang bawaan, atau dokumen penerbangan yang diperlukan oleh pihak maskapai
  • Keenam, adanya gangguan keamanan seperti ancaman bom, atau inspeksi keamanan yang lebih ketat demi menjamin keselamatan dari setiap penumpang yang menaiki penerbangan tersebut

Di antara keenam penyebab ini, mana yang pernah kamu alami?

Baca Juga: 7 Ide Liburan Sekolah Asyik dan Rekomendasi Destinasi

3 Jenis Delay dan Kompensasi yang Menjadi Hak Penumpang

Jika mengacu pada aturan yang berlaku, penerbangan akan dikatakan delay jika sudah terlambat lebih dari 30 menit. Namun sebelum sampai ke daftar kompensasi yang bisa kamu dapatkan ketika terjadi delay, terlebih dahulu pahami dulu tiga jenis keterlambatan yang dikategorikan pada laman jdih.dephub.go,id berikut ini.

  • Keterlambatan penerbangan atau dengan istilah lain flight delayed
  • Tidak terangkutnya penumpang dengan alasan kapasitas pesawat udara, dengan istilah denied boarding passenger
  • Pembatalan penerbangan dengan istilah cancelation of flight

Waktu delay sendiri akan dihitung dengan rumus selisih jadwal keberangkatan pesawat dengan realisasi saat pesawat meninggalkan apron bandara menuju landasan pacu guna melakukan lepas landas.

Kompensasi yang Menjadi Hak Penumpang

Untuk kompensasi yang menjadi hak penumpang akan mengacu pada waktu keterlambatan yang terjadi. Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal di Indonesia, daftarnya adalah sebagai berikut:

  • Delay antara 30 hingga 60 menit, kompensasi yang didapatkan adalah minuman ringan
  • Delay antara 61 hingga 120 menit, kompensasi yang didapatkan adalah makanan dan minuman ringan
  • Delay antara 121 hingga 180 menit, kompensasi yang didapatkan adalah makanan dan minuman berat
  • Delay antara 181 hingga 240 menit, kompensasi yang didapatkan adalah makanan dan minuman ringan ditambah dengan makanan berat
  • Delay lebih dari 240 menit, kompensasi yang didapatkan adalah berupa ganti rugi tunai sebesar Rp300,000 per penumpang

Jika terjadi pembatalan penerbangan, maka kamu akan mendapatkan kompensasi berupa penawaran dua alternatif utama. Pertama pengembalian dana secara penuh sejumlah harga tiket yang dibeli atau refund, dan yang kedua adalah pengalihan ke penerbangan berikutnya.

Agar Tidak Bosan, Ini Beberapa Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Delay pesawat jelas jadi hal terakhir yang diharapkan semua orang yang menggunakan transportasi udara ini. Tapi jika harus berhadapan dengan kondisi tersebut, kamu sebenarnya bisa melakukan cukup banyak hal di ruang tunggu bandara.

Mulai dari berbelanja, membaca buku yang kamu bawa, istirahat sejenak dengan tidur, menikmati fasilitas lounge yang disediakan, nongkrong di kafe, wisata kuliner di berbagai gerai makanan yang ada, membuat konten untuk media sosialmu, melihat kembali rencana kegiatan di tempat tujuan, mengerjakan pekerjaan yang harus diselesaikan, hingga bermain game.

Setidaknya dengan tahu beberapa hal di atas, kamu tidak lagi mati gaya ketika harus menunggu kepastian dari pihak maskapai yang kamu gunakan untuk terbang ke tempat tujuanmu.

Baca Juga: Rencanakan Kunjunganmu dengan Visa Schengen Sekarang, Cermati Detail Pembuatannya di Sini!

Merencanakan liburan dengan matang memang jadi hal yang wajib dilakukan. Tapi tahu apa yang harus diperbuat ketika berhadapan dengan kondisi delay pesawat juga akan jadi insight berguna agar kamu tidak mati gaya selama menunggu kepastian keberangkatan yang akan dilakukan oleh pihak maskapai. Tentu untuk melengkapi perjalananmu ini, kamu juga direkomendasikan untuk memiliki asuransi perjalanan, seperti yang ditawarkan PT AXA Insurance Indonesia, dalam produk Asuransi SmartTravel International. Asuransi ini akan membantumu dalam memberikan jaminan atas kecelakaan diri, biaya pengobatan, dan ketidaknyamanan yang kamu alami selama perjalanan di dalam negeri. Syarat dan ketentuannya berlaku, namun perlindungan dan manfaat yang ditawarkan juga nyata akan memberikan ketenangan. Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan produk asuransi SmartTravel yang handal dari PT AXA Insurance Indonesia sekarang juga, dan nikmati perjalananmu ke berbagai tujuan di Indonesia!

Referensi:

  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/pl-cara-ampuh-usir-bosan-saat-delay-pesawat/142965
  • https://kumparan.com/jendela-dunia/ketentuan-kompensasi-keterlambatan-penerbangan-untuk-penumpang-1zsdVnRfRYw/full
  • https://www.detik.com/jogja/berita/d-7357218/apa-penyebab-pesawat-delay-ini-penjelasan-beserta-kompensasinya
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240304223823-269-1070405/kompensasi-pesawat-delay-penumpang-bisa-dapat-rp300-ribu-lho
  • https://www.gardaoto.com/blog/5-tips-memilih-jadwal-penerbangan-agar-terhindar-delay/
  • https://bisnis.tempo.co/read/1604211/jadwal-pesawat-terkena-delay-ini-detail-aturan-delay-dan-kompensasinya
  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20551