15 Menu Buka Puasa Sehat Ala Rumahan Yang Nikmat

Waktu berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu-tunggu menjelang datangnya bulan Ramadan. Menuju waktu tersebut, kita biasanya akan menyiapkan berbagai makanan dan minuman lezat untuk disantap setelah seharian berpuasa. Namun supaya ibadah puasa kamu lancar, kamu juga harus memperhatikan pilihan menu buka puasa yang bernutrisi, ramah di kantong dan lezat! Bonusnya, bulan Ramadan bisa jadi kesempatan kamu untuk memperbaiki pola hidup dengan mengatur apa yang dimakan agar lebih terkontrol lho! Tentunya dengan memilih menu buka puasa yang sehat.

Menu Buka Puasa Sehat Ala Rumahan

Daripada bingung memilih menu buka puasa, berikut 15 menu buka puasa sehat yang lezat untuk keluarga dan bisa kamu kreasikan di rumah. 

1. Salad Buah

Berbuka dengan yang segar! Setelah seharian puasa, tubuh memerlukan asupan mineral dan serat agar tidak dehidrasi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan air. Kamu bisa mencampurkan beberapa buah seperti semangka, melon, nanas, naga, apel, alpukat, dan buah favorit lainnya dengan campuran yoghurt, mayonnaise, keju serta susu.

2. Jus / Smoothie

Kamu suka buah, tapi lebih suka mengkreasikan buah jadi minuman segar seperti jus atau smoothie? Why not!  Kamu bisa menambahkan gandum, granola, dan beberapa biji – bijian agar menu buka puasa kamu jadi lebih sehat! Selain sehat, smoothie juga lezat apalagi disajikan dalam keadaan dingin yang bisa menambah nikmatnya buka puasa kamu.

3. Kurma

Kurang lengkap jika kita tidak menyebutkan kurma sebagai salah satu makanan khas buka puasa. Buah lezat ini mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga mampu mengembalikan energi dan membantu memperbaharui asupan karbohidrat serta menekan keinginan mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Bahkan, kurma menjadi salah satu makanan takjil yang disarankan oleh Rasul. Kamu juga bisa mengolah kurma menjadi susu kurma segar lho!

4. Bubur Kacang Hijau

Satu lagi menu buka puasa sehat yang bisa kamu sajikan sebagai takjil. Bubur kacang hijau mengandung berbagai jenis mineral yang sangat penting untuk tubuh, yaitu folat, zinc, potassium, mangan dan magnesium. Selain itu, kacang hijau sudah dilengkapi karbohidrat kompleks, serat, dan protein nabati.

 

5. Pepes Ayam / Ikan

Kamu bisa mengonsumsi menu pepes jika tidak ingin terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak. Jika ingin mengurangi lemak, silakan pilih bagian dada ayam ya. Untuk ikan, kamu bisa menggunakan ikan air tawar atau ikan laut kesukaan keluarga. Selain minim kolesterol jahat, pepes ayam atau ikan kaya akan nutrisi dari bumbu rempah.

6. Sayur Bening/Sop

Salah satu menu yang praktis dan murah untuk menu buka puasa sehat. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menghadirkan menu buka puasa sehat yang tetap bergizi! Pada satu porsi sayur sop, Anda sudah bisa menemukan menu lengkap. Terdapat serat dari berbagai jenis sayuran dan protein hewani.

7. Telur, Tahu, Tempe Balado

Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung protein cukup tinggi. Kamu bisa mengolah telur agar lebih mantap dengan bumbu balado. Di sini, kamu bisa berkreasi dengan menambahkan tahu atau tempe untuk tambahan protein nabati.

 

8. Tumis Sayur

Tumis sayuran merupakan menu buka puasa sehat dan pastinya enak. Kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin dengan berbagai pilihan sayuran, seperti:

  • Tumis kangkung
  • Tumis sawi putih
  • Tumis tauge
  • Tumis kailan
  • Capcay
  • Cah brokoli

Pastikan selalu ada sayur pada menu buka puasa kamu ya untuk bantu memenuhi serat harian tubuh.

9. Ikan Tuna

Sebagai menu lauk untuk menu buka puasa sehat dan bergizi, kamu bisa masak tuna. Mengutip dari healthy eating, Ikan tuna adalah sumber protein tanpa lemak, vitamin B, dan asam lemak omega-3 yang bisa bantu kamu untuk menangkal depresi, mencegah penurunan kognitif, peradangan hingga menurunkan risiko penyakit jantung lho!

10. Pecel

Perpaduan sayuran rebus seperti kangkung, tauge, kacang panjang dan labu siam dengan bumbu pecel bisa jadi salah satu pilihan untuk menu buka puasa sehat. Sering disebut pecel atau lotek, pun kamu bisa membuatnya dirumah loh karena mudah dan bahan – bahannya gampang untuk ditemui.

11. Sup Kacang Merah

Diyakini sebagai salah satu menu buka puasa sehat yang bergizi, murah dan hanya menggunakan bahan – bahan yang cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan seperti kacang merah segar, wortel, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kaldu ayam atau sapi.

12. Sup Ayam Makaroni

Hangatnya sup makaroni bisa jadi alternatif pilihan menu buka puasa sehat yang nikmat dan bantu bikin perut lebih nyaman setelah menahan rasa lapar seharian. Makaroni diyakini memiliki dapat mengembalikan energi dan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Jangan lupa, tambahkan dengan sayuran agar manfaatnya lebih optimal.

13. Ikan Bakar

Ikan adalah menu buka puasa sehat yang rendah lemak. Tapi untuk tetap menjaga kadar lemaknya tetap rendah, kamu harus dapat mengolahnya dengan benar dan sesuai! Pilih jenis ikan yang cocok untuk di bakar seperti gurame, dorang atau kakap. Serta pilih minyak zaitun sebagai pengganti mentega / minyak dan cukup menggunakan bumbu sederhana seperti kecap manis, jeruk nipis, merita serta cabai.

14. Daging Panggang

Tidak ada salahnya kamu berbuka puasa dengan mengonsumsi daging sapi. Untuk menjadikan daging sapi sebagai pilihan menu buka puasa sehat, kamu harus pastikan untuk memisahkan semua lemak dan kulitnya. Pilihlah jenis daging yang tanpa lemak dan diolah dengan panggang seperti steak agar lebih sehat.

15. Oatmeal

Oatmeal sangat cocok untuk disajikan dan dipilih sebagai menu buka puasa sehat karena dapat mengembalikan energi tubuh. Terutama bila mengingat waktu buka puasa yang terbatas dan dekat dengan waktu tarawih, ada baiknya untuk tidak langsung menyantap makanan yang berat.

Lindungi Kesehatan Keluarga di Bulan Puasa Bersama MAGI!

Dengan menyiapkan menu buka puasa sehat, kamu sudah menaiki satu tangga untuk menjaga kesehatan tubuh. Selanjutnya, naikkan langkahmu untuk berbekal asuransi kesehatan sekarang juga. Jika mengatur pola makan sehat merupakan sebuah pencegahan, maka perlindungan kesehatan SmartCare Executive dari Mandiri AXA General Insurance (“MAGI”) berperan sebagai perlindungan dari apa yang tidak bisa diprediksi.


*Kode promo hanya berlaku untuk pembelian secara langsung untuk periode 1 – 31 Maret 2023

Source:
https://www.orami.co.id/magazine/menu-buka-puasa-sehat
https://www.halodoc.com/artikel/6-pilihan-menu-takjil-sehat-untuk-berbuka-puasa
https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/10/183000265/ini-menu-takjil-yang-sehat-menurut-ahli-gizi?page=all
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/mana-yang-lebih-sehat-tuna-atau-salmon/
https://www.sayurbox.com/blog/9-menu-berbuka-puasa-yang-sehat