Waspada Kesehatan Anak Pasca-libur Idul Fitri 2022, Begini Cara Atasinya!

Liburan lebaran selalu jadi momen yang paling dinanti, apalagi di libur lebaran Idul Fitri 2022 ini, kita sudah diperbolehkan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang diinginkan. Tak sedikit pula yang melakukannya berbarengan dengan mudik lebaran. Sayangnya, pasca libur Lebaran, anak sering mengalami demam yang biasa disebabkan perubahan pola makan, kurangnya istirahat, udara di lingkungan baru, dan ritme tubuh yang berubah saat liburan. Apalagi jika kondisi anak kelelahan dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berikut ini ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang anak setelah musim liburan dan harus diwaspadai.

1. Diare

Hidangan lebaran seperti ketupat, opor, rendang, dan aneka kue kering serta jajanan siap menanti untuk dicicipi. Apabila anak-anak mengonsumsinya berlebihan, biasanya mereka akan mengalami masalah pencernaan karena umumnya anak-anak masih memiliki sistem pencernaan yang cukup sensitif, sehingga besar kemungkinan makanan bersantan atau terlalu pedas akan membuatnya terserang diare. Untuk menyiasatinya, Anda dapat meminta anak-anak untuk mencicip dalam porsi kecil saja. Pastikan juga anak tetap memakan sayur dan buah agar nutrisinya seimbang.

2. Demam

Selain gangguan pencernaan, demam menjadi penyakit yang sering terjadi pada anak pasca libur Lebaran. Ini bisa menjadi tanda diberbagai penyakit, seperti tifus, leptopspira, influenza, demam berdarah, sakit tenggorokan, infeksi saluran kemih, dan yang terbaru Covid-19.

Baca juga: Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

3. Hepatitis Akut

Saat ini, Hepatitis Akut tengah menjadi sorotan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Gejala yang biasanya muncul yaitu mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran. Melansir Kompas.com, Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI Hanifah Oswari mengatakan, dugaan awal penyebab hepatitis akut pada anak-anak tersebut yakni adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV, dan lain-lain.

Lalu, adakah cara untuk mencegahnya?

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk kewaspadaan dan antisipasi terhadap hepatitis akut pada anak diantaranya selalu mencuci tangan pakai sabun, konsumsi makanan yang matang dan bersih, menggunakan alat makan sendiri, menghindari kontak dengan orang sakit, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat di tempat umum.

Lindungi Keluarga Tersayang dengan Asuransi Kesehatan

Kondisi kesehatan tidak dapat ditebak meski kita sudah melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap penyakit. Maka, pentinasurg bagi kita untuk selalu membekali diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan agar tidak merusak alur finansial. Nah, Asuransi Kesehatan dari PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) dapat menjadi pilihan yang tepat karena memberikan berbagai keuntungan seperti 24 jam pelayanan kesehatan, jaringan rumah sakit dan klinik rekanan yang luas. Serta khusus untuk pembelian asuransi keluarga anak ke-2 dan seterusnya akan mendapatkan potongan premi hingga 50%, tak hanya itu kini MAGI memiliki Emma sebagai teman sejati Anda dan membantu Anda untuk dapat dengan mudah mengajukan klaim kapanpun dan dimanapun secara online.

Kunjungi AXA Mandiri MyPage dan dapatkan diskon hingga 20% dengan kode promo “belidimagi”.

Moms, yuk lengkapi perlindungan kesehatan bagi si kecil setelah libur panjang!