8 Makanan Penyebab Asam Urat, Waspadai Jumlah Konsumsinya!

Risiko kesehatan senantiasa menjadi ancaman untuk orang-orang yang tidak peduli pada gaya hidupnya. Tidak hanya rasa tak nyaman pada tubuh, seseorang juga bisa terserang penyakit menahun seperti asam urat. Tidak banyak yang tahu ternyata penyebab asam urat adalah hal-hal yang sepertinya sederhana dan sering tidak dianggap.

Asam urat sendiri umum dikaitkan dengan pola konsumsi makanan yang kurang sehat. Di banyak situs resmi kesehatan atau rumah sakit, daftar panjang mengenai makanan yang dapat menjadi dalang dari penyakit ini seperti tak ada habisnya. Padahal makanan-makanan ini terbilang mudah ditemukan, sering dimakan, dan rasanya cenderung lezat.

Baca Juga: Cermati Ketentuan Pendaftaran Vaksin Covid untuk Tahun 2024 di Sini!

Sempat Dikenal sebagai Penyakit Orang Kaya

Predikat ‘penyakit orang kaya’ sempat disematkan pada asam urat, karena berkaitan dengan pola makan harian yang umumnya hanya dapat diakses oleh orang dengan tingkat ekonomi tinggi. Tapi kini dengan kemudahan akses bahan makanan dan ragamnya yang semakin banyak, risiko ini harus diwaspadai semua orang.

Asam urat sendiri merupakan salah satu jenis radang sendi yang dapat memicu rasa sakit hingga munculnya pembengkakan sendi secara tiba-tiba. Tanda awal banyak muncul di bagian ibu jari kaki, kemudian menjalar hingga ke jari-jari tangan, pergelangan tangan, lutut, hingga tumit.

Dalam kondisi tubuh yang sehat, asam urat sebenarnya mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui ginjal ke dalam urin. Tapi ketika kondisi ginjal memburuk dan tidak lagi bisa memproses asam urat secara efisien, maka kristal urat akan menumpuk di persendian yang memicu rasa tak nyaman tadi.

Lalu Apa Saja Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Diwaspadai?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, daftar makanan penyebab asam urat akan cukup panjang. Maka dari itu, untuk kamu yang hobi wisata kuliner, harap segera mengencangkan sabuk pengaman, dan cermati satu per satu jenis makanan berikut ini.

1. Bayam dan Brokoli

Terkenal sebagai makanan yang sehat, nyatanya bayam dan brokoli harus diwaspadai. Kamu yang punya risiko penyakit asam urat sebaiknya membatasi konsumsi kedua sayuran ini.

Bayam adalah sayuran hijau yang sebenarnya kaya akan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Tapi sayuran hijau memiliki kandungan purin yang tinggi, zat yang dapat memicu penyakit asam urat. Dalam 100 gram bayam setidaknya mengandung 57 miligram purin.

Untuk brokoli kandungan vitamin C dan vitamin K jelas baik bagi tubuh. Namun kadar purinnya yang juga relatif tinggi, pada 81 milligram, juga harus dicermati. Bukan bermaksud melarang makan sayuran sehat ini, tapi porsinya harus dikontrol.

2. Kismis

Umum jadi topping pada makanan manis, kismis memberikan rasa yang segar dan unik saat dipadukan dengan tepat. Kandungan nutrisi di dalam kismis memang cukup banya, mulai dari potasium, zat besi, hingga vitamin B. Tapi selain itu kismis juga memiliki kandungan purin yang tinggi, hingga 107 miligram per 100 gram sajiannya.

3. Udang

Konsumsi udang dalam jumlah yang berlebihan juga bisa berdampak pada memburuknya kondisi asam urat. Dalam 100 gram sajian udang, setidaknya ada lebih dari 140 miligram purin. Tentu ini bukan kabar baik untuk asam urat yang kamu punya.

Meski demikian konsumsi dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat optimal dari nutrisi baiknya, seperti dari asam amino.

4. Kerang dan Tiram

Adanya vitamin B12 yang banyak membawa manfaat pada tubuh jadi dalih beberapa orang gemar mengkonsumsi kerang. Tapi yang harus disadari pada setiap 100 gram sajian kerang, ada setidaknya 136 mg purin yang terkandung.

Selain itu, tiram atau oyster juga jadi salah satu makanan penyebab asam urat. Ada sekitar 90 miligram purin yang terkandung dalam 100 gram tiram. Meski demikian jika kamu bisa mengontrol jumlah konsumsinya, kamu bisa mendapatkan manfaat baik dan nutrisi berupa zink, selenium, dan zat besi di dalam tiram.

Baca Juga: 8 Pemicu Rasa Nyeri Dada Sebelah Kiri, Jangan Anggap Enteng!

5. Jamur

Dikenal sebagai salah satu makanan yang sehat dan membawa dampak baik pada tubuh, kandungan purin yang ada pada 100 gram jamur sebenarya tidak terlalu banyak. Hanya sekitar 58 miligram secara umum.

Jamur akan memberikan manfaat baik jika dikonsumsi secara tepat, karena mengandung beta-glukan, selenium, dan vitamin D. Jamur juga diketahui dapat menggantikan protein hewani dengan kalori yang lebih rendah.

6. Makanan Siap Saji

Well, selain rasanya yang enak, sebenarnya tidak ada terlalu banyak manfaat lain yang bisa dirasakan ketika kamu rutin mengkonsumsi makanan cepat saji. Alih-alih sehat, kamu justru akan berhadapan dengan banyak sekali risiko penyakit menahun, salah satunya adalah asam urat.

7. Daging Bebek dan Ayam

Daging bebek dan ayam jelas merupakan dua di antara sekian banyak daging yang mudah ditemukan di pasar. Keduanya mudah diolah, dan memberikan cita rasa yang benar-benar nikmat ketika disantap. Hal yang harus kamu sadari bahwa keduanya juga bisa jadi penyebab asam urat ketika dikonsumsi berlebihan.

Kandungan purin dalam daging bebek adalah 138 miligram/100 gram sajiannya. Sedangkan pada ayam, terdapat setidaknya 170 miligram/100 gram porsinya.

Memang, keduanya juga kaya nutrisi yang tidak bisa dikesampingkan manfaatnya untuk tubuh. Tapi pastikan kamu mengkonsumsi dua jenis daging ini dengan porsi yang wajar, agar tidak justru mendapatkan efek buruk dari purin yang ada di dalamnya.

8. Daging Sapi

Dekat dengan momen Idul Adha 2024 yang baru saja dilewati ketika artikel ini ditulis, sajian olahan daging sapi dan kambing jelas masih memenuhi aroma rumahmu. Kenikmatannya tidak terbantahkan oleh siapa saja yang menyukainya, demikian pula dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Sebagai pengingat, daging sapi memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, meski diimbangi dengan ragam nutrisi yang juga penting untuk tubuh. Pada penderita asam urat, daging sapi tidak direkomendasikan terlalu banyak, sebab kandungan purinnya mencapai 133 miligram per 100 gram daging sapi yang diolah. Tentu ini belum menghitung bahan lain yang turut dicampurkan dan dimasak di dalamnya ya.

Sikapi dengan Bijak, Ini Cara Mudah untuk Mengurangi Risikonya

Setelah kamu tahu sederet makanan yang bisa menjadi penyebab asam urat, ada baiknya juga kamu tahu bagaimana cara menekan risiko penyakit ini agar tidak muncul dan mengganggu aktivitasmu. Caranya sebenarnya cukup sederhana, yang bisa kamu lihat di poin singkat berikut ini.

  • Pertama, kurangi makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Beberapa bisa kamu lihat di daftar singkat di atas, sementara beberapa lainnya dapat kamu pastikan ke dokter atau ahli nutrisi
  • Kedua, konsumsi obat yang diberikan dokter jika sudah sempat berkonsultasi dan memeriksakan diri
  • Ketiga, makan makanan tinggi vitamin C. citamin C bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Akan lebih baik jika vitamin C yang didapat berasal dari sumber alami, tapi rekomendasi dokter berupa suplemen juga dapat digunakan
  • Keempat, lakukan olahraga teratur. Olahraga teratur bisa membantumu menurunkan kadar asam urat. Tapi ketika terlanjur mengalami beberapa gejalanya, sebaiknya istirahatkan diri karena olahraga justru bisa memperparah kondisi sendi
  • Kelima, perbanyak air putih. Untuk membantu mengurangi bengkak yang terjadi kamu bsia memperbanyak konsumsi air putih
  • Keenam, hindari stres. Seperti diketahui banyak orang stres bisa membawa diri pada area berbahaya tempat penyakit menahun bersarang. Kelola stres dengan baik supaya terhindar dari risiko asam urat

Baca Juga: Waspada Penularan Flu Singapura pada Anak, ini Gejala dan Pencegahannya

Penjelasan mengenai beberapa makanan penyebab asam urat di atas semoga bisa membantumu untuk mendapatkan informasi berguna terkait penyakit ini. Langkah pencegahan bisa dilakukan dengan penerapan hidup sehat, serta mempersiapkan diri pada kondisi terburuk dengan memiliki asuransi yang dapat diandalkan. Asuransi SmartMedicare Domestik dari PT AXA Insurance Indonesia misalnya, akan menjadi produk yang tepat untuk membantumu mempersiapkan diri menghadapi kondisi terburuk. Dengan manfaat optimal dalam penanganan berbagai penyakit, asuransi ini akan banyak memberikan benefit salah satunya … manfaat biaya rawat inap, rawat jalan, ambulan, kecelakaan diri dan manfaat lainnya sehingga proses pemulihan dan biayanya bisa terasa lebih ringan. Terapkan pola hidup sehat sejak sekarang, dan hindari berbagai risiko penyakit bersama PT AXA Insurance Indonesia!

Referensi:

  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/gejala-asam-urat-dan-cara-mengobatinya
  • https://www.mitrakeluarga.com/artikel/makanan-penyebab-asam-urat
  • https://www.halodoc.com/artikel/17-makanan-yang-menyebabkan-asam-urat
  • https://health.kompas.com/read/22L05153100468/15-pemicu-asam-urat-dari-makanan-hingga-kebiasaan?page=all
  • https://www.halodoc.com/artikel/inilah-11-makanan-yang-aman-untuk-pengidap-asam-urat
  • https://www.gleneagles.com.sg/id/health-plus/article/gout-diet
  • https://www.alodokter.com/kenali-makanan-penyebab-asam-urat-tinggi-hindari-jika-perlu
  • https://www.anlene.com/id/ms/makanan-penyebab-asam-urat.html
  • https://www.sidomunculstore.com/blog/post/7-makanan-penyebab-asam-urat-yang-harus-dihindari.html