Solo Travel 101: Wajib Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup!

Melancong bersama teman-teman jelas menjadi suatu hal yang seru dan asyik. Tapi pernahkah kamu berpikir untuk coba melancong sendirian? Istilah solo travel jadi istilah yang banyak digunakan untuk menyebut hal ini.

Tapi apa serunya liburan sendirian? Tidakkah ini berbahaya dan berisiko tinggi?

Well jika kamu fokus pada risiko dan bahaya yang ada, maka kamu jelas akan kehilangan kesempatan berharga untuk mendapatkan pengalaman baru. Pengalaman yang sama sekali berbeda dengan liburan bersama teman-teman, pengalaman yang harus kamu punya setidaknya sekali seumur hidup.

Untuk kamu yang masih ragu, akan disajikan sederet alasan kenapa kamu harus mencobanya. Setelah itu jika kamu berubah pikiran, kamu bisa melihat tips solo travel yang ada di artikel ini untuk langkah persiapan awal menapaki pengalaman baru.

Solo travel

Solo travel adalah aktivitas atau liburan atau agenda berpikiran ke suatu tempat namun tidak dengan orang lain. Jadi kamu akan bepergian atau liburan sendirian. Liburan sendirian bisa ditujukan untuk banyak hal, mulai dari refreshing, self-healing, atau sekedar melepas penat.

Baca Juga: Liburan ke Luar Negeri Cuma 5 Juta Rupiah? Begini Tips-nya!

Alasan kenapa kamu harus mencoba solo traveling

Untuk kamu yang belum punya niatan mencobanya, kamu mungkin bisa sedikit termotivasi dengan beberapa alasan berikut ini. Ini kenapa kamu harus mencoba solo traveling setidaknya sekali dalam seumur hidupmu.

1. Keluar dari zona nyaman

Yap, zona nyaman akan jadi hal yang asing jika kamu mencoba untuk liburan sendirian, kemanapun yang kamu mau. Ketika bersama teman-teman, pasti ada satu atau orang lain yang mengurus berbagai hal. Tapi sekarang, kamu harus mengurus semua sendiri. Tidakkah ini jadi tantangan yang menarik untuk dicoba?

Mungkin akan terasa merepotkan. Tapi setelah kamu berhasil melakukan liburan solo pertamamu, dijamin kamu akan ketagihan merasakan semua tantangan yang ada di luar zona nyaman tempat kamu berada sekarang.

Hal ini semakin terasa ketika tujuan yang kamu punya adalah luar negeri, atau luar pulau, yang memiliki kultur berbeda 180 derajat dari tempatmu tinggal sekarang.

2. Melatih diri untuk semakin mandiri

Masih berkaitan dengan poin pertama soal kemandirian, kamu juga akan banyak berlatih soal nilai penting dalam kehidupan ini. Kamu nggak akan bisa kemana-mana tanpa niat dari dalam diri sendiri. Melawan rasa mager, rasa takut, dan semua perasaan yang menghambat liburanmu berjalan seru, akan jadi tantangan tersendiri.

Apapun yang kamu butuhkan harus dilakukan sendiri, atas kemauan sendiri tanpa dorongan atau paksaan dari orang lain. Jika tidak tahu, kamu bisa bertanya pada orang, jika lapar kamu bisa makan sesukamu, jika bosan dengan penginapan kamu bisa berpindah semaumu.

Setelah kamu mencoba agenda solo travel ini, kamu bisa merasakan menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

3. Pencarian jati diri

Memang terdengar sangat klasik, tapi banyak waktu bersama diri sendiri benar-benar bisa membantu kamu menemukan jati diri yang sebenarnya. Perenungan yang terjadi, komunikasi dengan diri sendiri, dan nilai yang didapat dari perjalanan ini bisa membawa kamu pada pemahaman diri yang jauh lebih baik.

Pencarian atas jati diri ini sendiri bisa kamu niatkan, atau bisa juga terjadi secara alami. Yang pasti setelah petualangan yang kamu lakukan, kamu akan merasa memiliki sesuatu yang tidak kamu punya sebelumnya.

4. Banyak nilai yang dipelajari

Ketika kamu liburan sendirian, otomatis kamu akan banyak bersinggungan dengan orang-orang lokal, alam sekitar, dan jalan panjang yang dilalui. Semua ini akan memiliki nilai yang mungkin tidak kamu duga sebelumnya.

Hal-hal baru yang dialami meskipun berbentuk kecil akan menjadikan agenda solo traveling semakin menarik dan menantang. Tidak heran jika cukup banyak orang yang kemudian ketagihan dan merencanakan perjalanannya kembali untuk menikmati waktu bersama diri sendiri.

5. Menjadikan diri lebih peka

Sendiri bukan berarti sepi, dan kesendirian di dalam perjalanan ini justru akan membantu kamu menjadi pribadi yang lebih peka. Mengenal apa yang diinginkan oleh diri sendiri, apa yang membuat nyaman dan sebaliknya, kamu dapat menemukan inner peace saat liburan sendirian.

Insting secara alami akan menguat, dan kepekaan pada hal-hal kecil yang terjadi selama perjalanan membuat kamu merasa lebih bersyukur telah mengambil keputusan ini. Semua bisa dinikmati lebih baik, dan kamu tidak lagi mengkhawatirkan apa yang akan terjadi nanti.

6. Kebebasan

Selama semua sudah dipersiapkan, kamu akan mendapatkan kebebasan dalam melaksanakan agenda yang dibuat. Kamu bisa memutuskan untuk mengikuti agenda sesuai rencana, atau secara spontan mengikuti insting dan mendatangi tempat yang belum pernah didatangi.

Semua keputusan benar-benar ada di tanganmu, dan tidak ada seorangpun yang dapat mengganggu gugat keputusan ini.

7. Mudah beradaptasi

Tidak dipungkiri berada di tempat dan area baru memaksamu untuk beradaptasi dengan lingkungan. Itinerary yang sudah disusun tetap harus menyesuaikan dengan kondisi yang dihadapi, dan bisa saja apa yang kamu alami benar-benar berbeda dengan apa yang kamu rencanakan.

Beradaptasi dengan apa yang terjadi, dengan orang yang kamu temui, dengan keadaan yang kamu hadapi, akan menjadi tantangan lain. Dan ingat, kamu harus menyelesaikan semuanya sendiri, maka tantangan ini akan terasa semakin seru.

Cukup banyak bukan alasan yang disajikan untuk mencoba agenda solo travel ini?

Baca Juga: 10 Pantai Romantis di Berbagai Negara Untuk Valentine Kamu!

Hal yang harus dipersiapkan sebelum solo traveling

Setelah melihat sederet alasan kenapa kamu harus mencoba solo traveling, maka mungkin saja ada kamu yang membaca artikel ini mulai tertarik melakukannya. Maka dari itu, beberapa persiapan ini bisa kamu coba untuk perjalanan perdana.

1. Siapkan itinerary

Itinerary sendiri adalah rencana perjalanan yang akan kamu lakukan. Dengan rencana perjalanan ini, setidaknya kamu punya agenda jelas yang bisa dijadikan acuan ketika sampai ke tempat tujuan nanti. Terlebih ketika kamu bepergian ke luar negeri, penyusunan itinerary yang cermat bisa menjadikan liburanmu efektif dari segi waktu.

Perencanaan ini juga akan membantu kamu dari segi pengeluaran, karena dengan tahu apa yang akan kamu lakukan dan kunjungi kamu bisa memperkirakan pengeluaran yang akan diperlukan.

2. Dokumen penting

Saat kamu akan berangkat liburan sendirian, pastikan semua dokumen penting yang diperlukan sudah dibawa. Kartu identitas, e-money, paspor, bukti pembelian tiket, dan berbagai dokumen lain yang diperlukan, semua wajib dipastikan dibawa dan dijaga dengan aman.

Karena apapun yang terjadi akan kamu hadapi sendirian, maka setidaknya kamu membawa dokumen penting yang diperlukan.

3. Riset soal akomodasi dan transportasi

Kamu juga wajib melakukan riset sebelum melaksanakan agenda solo travel yang kamu punya. Sederhana saja, agar kamu tahu akomodasi yang akan digunakan serta transportasi di tempat tujuan untuk berpindah lokasi.

Riset ini bisa dilakukan dengan mudah, dengan berkunjung ke situs resmi yang ada di internet. Bahkan sekarang kamu bisa dengan cukup cepat menemukan rincian catatan perjalanan seseorang yang membagikannya di blog.

4. Alokasi keuangan

Meski memang agenda ini benar-benar ditujukan untuk kepuasan dan pengalaman sendiri, tapi ingat untuk tetap mengatur alokasi pengeluaran yang dilakukan. Semua perencanaan yang dibuat tadi bisa menjadi pegangan utama, meski memang sebaiknya kamu membawa uang cadangan baik dalam bentuk fisik atau di dalam rekening.

Hal ini mungkin akan sedikit menantang saat kamu memutuskan liburan ke luar negeri, karena kamu juga harus memperhatikan kurs dari mata uang yang digunakan.

5. Persiapkan obat-obatan pribadi

Jika kamu memiliki obat yang harus selalu dibawa dan dikonsumsi, jangan lupakan poin penting kelima ini. Membawa obat-obatan pribadi sifatnya adalah wajib. Memang kamu bisa saja membelinya di lokasi tujuan, tapi mempersiapkannya dengan membawa obat yang sudah dimiliki jelas akan lebih menjamin ‘kan?

Kondisi dingin, alergi, kondisi cuaca yang sangat panas, atau kondisi lain mungkin saja berpengaruh pada faktor kesehatan. Akan baik jika kamu berkonsultasi dengan dokter kepercayaan terlebih dahulu agar memperoleh saran terbaik untuk perjalanan ini.

Baca Juga: Pentingnya Work Life Balance Demi Jaga Kesehatan Mental Mu

Solo travel akan jadi agenda yang seru jika kamu rencanakan dengan baik. Semua dilakukan untukmu, dan ditujukan untuk kepuasan pribadi. Setelah semua poin di atas kamu persiapkan, jangan ragu juga untuk melengkapinya dengan asuransi perjalan yang terpercaya, seperti yang disediakan PT Mandiri Axa General Insurance (“MAGI”) khusus untuk kamu. Kamu bisa menggunakan Asuransi Perjalanan Internasional (nama produk Asuransi Perjalanan AXA) untuk mendukung agenda perjalanan ke luar negeri, dan Asuransi Perjalanan Domestik (nama produk Asuransi Mandiri Travel Domestik) untuk liburan di dalam negeri. Semua produk ini bisa membantu kamu menyediakan langkah mitigasi bilamana terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Segera eksekusi rencana perjalanan solo travel-mu, dan jamin semuanya dengan asuransi perjalanan dari MAGI!

*Kode promo ini berlaku untuk pembelian secara langsung hingga 31 Desember 2023 hanya di AXA Mandiri myPage

Sumber:

  • https://www.sehataqua.co.id/solo-traveling/
  • https://www.orami.co.id/magazine/tips-solo-traveling
  • https://www.idntimes.com/travel/destination/ayu-anggraeni/10-alasan-harus-solo-traveling?page=all
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/7-alasan-kamu-harus-coba-solo-trip-setidaknya-sekali-seumur-hidup/165368
  • https://www.reddoorz.com/id-id/blog/tips-trick/8-tips-solo-traveling-untuk-pemula