Jasa Towing Mobil, Ini 4 Poin Perbedaannya dengan Derek

Wajarnya, pemilik mobil tahu benar tentang nomor penting yang harus dihubungi ketika keadaan darurat, seperti mogok atau terjadi masalah saat di jalan. Salah satu nomor yang bisa kamu andalkan adalah layanan towing mobil, yang bisa digunakan untuk banyak keperluan.

Layanan ini cukup sering ditemukan di berbagai daerah dan kota besar di Indonesia. Meski belum banyak orang yang bisa membedakan antara towing mobil dan derek, kedua jasa tersebut sebenarnya memiliki poin yang berbeda.

Mungkin kamu termasuk orang yang masih sulit membedakan keduanya. Yuk baca lebih lanjut tentang perbedaan jasa towing mobil dan derek oleh berbagai penyedia jasa!

Baca Juga: Deretan 8 Pemandian Air Panas di Indonesia, Seru untuk Dikunjungi!

Lebih Jauh Tentang Towing Mobil, Jasa Angkutan Kendaraan

Istilah towing sendiri merujuk ke proses pengangkutan kendaraan secara penuh menggunakan truk atau kendaraan sejenisnya. Sederhananya, towing mobil adalah sebuah jasa yang disediakan untuk mengangkut sebuah kendaraan seperti motor, mobil, atau kendaraan lain menggunakan truk atau pengangkut yang ukurannya cukup besar.

Pengangkutan sendiri dilakukan untuk berbagai keperluan. Umumnya, pengangkutan digunakan  untuk pengiriman kendaraan jarak jauh atau keperluan bisnis atau pribadi. Jasa towing sendiri cukup banyak dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Siapapun bisa menggunakan jasa layanan ini selama sudah memenuhi syarat yang ditetapkan. Biasanya, syarat utama yang diperlukan adalah STNK dan BPKB mobil yang akan dikirimkan ke alamat tujuan. Biaya kemudian akan menyesuaikan jarak dan jenis kendaraan yang dikirim.

Sebagai catatan singkat, biayanya cukup tinggi. Namun, pengiriman dengan jasa ini relatif cepat dan aman sehingga pengguna puas dengan pelayanan yang diberikan.

2 Jenis Towing Mobil yang Bisa Digunakan

Layanan towing sendiri terbagi ke dalam dua jenis berbeda. Pertama dengan towing gendong, dan yang kedua model towing hidrolik.

  • Towing gendong adalah cara mengangkut mobil atau kendaraan dengan menempatkannya di bagian belakang truk pengangkut. Mobil atau kendaraan tersebut dimuat langsung ke bagian belakang truk untuk diangkut
  • Towing hidrolik adalah metode pengangkutan dimana bak belakang truk diturunkan hingga sejajar dengan jalan, lalu kendaraan dimuat ke atasnya. Model ini sering dipilih untuk mobil mewah karena biasanya mobil jenis itu memiliki ground clearance yang rendah.

Baca Juga: Catat! Ini 4 Aturan Penting Soal Pajak Mobil Listrik yang Harus Kamu Pahami!

4 Perbedaan Towing dengan Derek

Nah, setelah mengenal towing mobil lebih dalam, yuk kita lihat perbedaan jasa derek yang biasa digunakan untuk mobil mogok. Terdapat empat perbedaan utama yang muncul pada kedua jasa ini.

1. Cara Mengangkutnya

Secara spesifik, truk derek akan menggunakan alat khusus yang dipasang di bagian belakang yang berfungsi untuk menarik mobil. Alat ini memiliki pengait yang dipasang pada bagian depan mobil yang akan diderek, sehingga bagian ban depan mobil terangkat.

Untuk metode towing, mobil sepenuhnya diangkut di bagian belakang truk. Setelah berada di sana, rem tangan mobil atau kendaraan harus ditarik agar tidak bergerak. Terkadang, ban mobil juga diikat dengan tali khusus untuk memastikan posisinya tetap stabil.

2.  Tentang Penyedia Jasanya

Jasa derek umumnya disediakan oleh Dinas Perhubungan. Jasa ini digunakan untuk menarik mobil yang melanggar aturan, mogok saat berada di jalan raya, maupun mobil yang mengalami kecelakaan. Walau begitu, terdapat jasa derek yang disediakan oleh pihak swasta.

Untuk jasa towing, umumnya jasa ini disediakan oleh perusahaan swasta untuk membantu masyarakat mengangkut mobil sesuai dengan kebutuhan.

3. Jenis Kendaraan yang Digunakan

Towing menggunakan truk yang dimodifikasi di bagian belakang untuk mengangkut beberapa mobil sekaligus. Ada dua jenis towing berdasarkan cara pengangkatannya sesuai penjelasan sebelumnya.

Untuk derek mobil, truk dimodifikasi dengan rantai dan pengait di bagian belakangnya untuk menarik mobil yang bermasalah. Derek hanya untuk menarik mobil, bukan mengangkutnya.

4. Perbedaan Jenis Kendaraan yang Bisa Diangkut

Mobil derek bisa menangani berbagai jenis kendaraan, bahkan yang ukurannya besar seperti truk atau bus, tergantung pada kekuatan pengait dan katrol yang digunakan. Sedangkan untuk towing, kendaraan yang bisa diangkut tergantung pada kapasitas truk towing. Jadi, mulai dari motor, mobil, alat berat, hingga kendaraan dinas TNI atau polisi bisa dipindahkan dengan truk towing selama masih muat di dalamnya.

Baca Juga: Pro-Kontra Travelling dengan Mobil Campervan, Agenda yang Menarik!

Pada dasarnya towing mobil bisa digunakan untuk berbagai konteks keperluan, bahkan untuk urusan darurat seperti mobil mogok atau mati mendadak di tengah jalan. Jasa towing dan derek menjadi opsi terbaik untuk memindahkan mobil yang mengalami kondisi ini.

Hadapi Semua Kondisi dengan Tenang Bersama Asuransi yang  Tepat

Hari sial memang tidak pernah ada di kalender. Sayangnya, kamu harus selalu siap menghadapi semua kemungkinan yang terjadi. Walaupun jasa towing mobil sudah tersedia, sering kali mobil mogok menggunakan jasa derek. Asuransi yang tepat, seperti Asuransi SmartDrive, dapat memberikan kamu manfaat biaya derek ketika berhadapan dengan kondisi darurat untuk pengangkutan atau penarikan mobil ke bengkel atau tempat lain sudah ada sesuai ketentuan polis. Asuransi SmartDrive juga dilengkapi dengan beberapa manfaat esensial lain untuk kendaraan yang kamu punya seperti asuransi dari AXA Insurance Indonesia yang bisa menjadi andalan dalam menghadapi kondisi tersebut. Klik langsung pada nama asuransinya, dan kulik lebih jauh tentang syarat dan ketentuan berlaku untuk memperoleh manfaat yang ditawarkan!

Referensi:

  • https://integration.astra-daihatsu.id/berita-dan-tips/towing-adalah
  • https://www.suzuki.co.id/tips-trik/apa-itu-towing-mobil-ketahui-perbedaan-dengan-mobil-derek?pages=all
  • https://www.raksaonline.com/artikel/berita-perusahaan/jangan-salah-pesan-berikut-beda-towing-mobil-dan-mobil-derek/
  • https://momobil.id/news/ini-bedanya-jenis-mobil-derek-dan-towing/?amp=1
  • https://oto.detik.com/mobil/d-6904636/apa-itu-towing-mobil-ini-perbedaannya-dengan-derek-mobil
  • https://otomotif.solopos.com/jangan-salah-ini-perbedaan-mobil-towing-dengan-mobil-derek-1704470
  • https://lifestyle.kontan.co.id/news/kenali-apa-itu-towing-mobil-pengertian-dan-perbedaan-dengan-derek-mobil-1
  • https://www.mobbi.id/blog/bedanya-towing-mobil-dan-mobil-derek-052023
  • https://www.idntimes.com/automotive/car/rivera-jesica/kenali-3-perbedaan-mobil-derek-vs-towing