Program Bayi Tabung di Singapura dan Malaysia, Populer dan Banyak Diminati

Buah hati adalah titipan dari Tuhan yang dinantikan setiap pasangan selepas meresmikan hubungan mereka. Namun, tak jarang untuk memperolehnya diperlukan usaha yang sangat besar. Selain metode alami, ada beberapa metode yang bisa menjadi opsi lain seperti misalnya bayi tabung.

Program bayi tabung sebenarnya sudah tersedia di berbagai rumah sakit dan klinik di Indonesia. Namun, hingga saat ini, antusiasme masyarakat Indonesia dalam melaksanakan program bayi tabung di beberapa negara tetangga, khususnya seperti Singapura dan Malaysia, masih cukup tinggi.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 10 Ciri-Ciri Diabetes yang Bisa Diamati

4 Alasan Kenapa Program Bayi Tabung di Malaysia dan Singapura Lebih Diminati

Dari segi kesempatan keberhasilan, teknologi, dan keterampilan dokter atau tenaga kesehatan, apa yang dimiliki Indonesia tidak jauh berbeda dengan Singapura dan Malaysia. Namun, ada beberapa hal yang dijadikan alasan banyak orang memilih melakukan program ini di negeri tetangga.

  1. Biaya yang lebih ekonomis. Percaya atau tidak, biaya bayi tabung di Malaysia tercatat lebih murah dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk program serupa di Indonesia. Pada bulan Mei 2023, biaya program ini di Penang antara Rp40.000.000 hingga Rp50.000.000 saja, sedangkan di Indonesia bisa mencapai Rp80.000.000. Hal ini disebabkan oleh subsidi yang diberikan oleh pemerintah Malaysia.
  2. Menjalankan program bayi tabung sambil melakukan liburan. Dikarenakan bayi tabung memerlukan waktu yang tidak sebentar, kebanyakan orang mengagendakan liburan dalam itinerary yang mereka miliki. Seperti yang diketahui, Singapura dan Malaysia menjadi destinasi yang cukup populer untuk turis dari Indonesia.
  3. Dinilai memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi. Meskipun rata-rata persentase keberhasilan tidak jauh berbeda, fasilitas kesehatan di Malaysia memiliki tingkat keberhasilan di atas 50%, sementara di Singapura berada di kisaran 44%. Hal ini mengacu pada data dari laman mhtc.org.ny dan Kementerian Kesehatan Singapura.
  4. Dikenal sebagai kawasan “wisata medis” populer di Asia Tenggara. Malaysia dan Singapura memang unggul dalam banyak hal jika berbicara mengenai topik tersebut. Maka tidak heran jika banyak orang yang masih terus meramaikan program bayi tabung di luar negeri, meski hanya di negara tetangga saja.

Rumah Sakit Recommended untuk Program Ini

Dijadi rujukan banyak orang, terdapat sederet rekomendasi rumah sakit yang dapat menjadi rujukan untuk program tersebut. Berikut rekomendasi rumah sakit yang cukup terkenal dan memiliki program menarik di Singapura dan Malaysia.

Rumah Sakit Bayi Tabung di Singapura

  • Thomson Fertility Center, rumah sakit swasta yang didirikan sejak tahun 1987 ini berhasil mewujudkan impian ribuan pasangan untuk memiliki anak melalui program yang dimilikinya. Rumah sakit ini telah terverifikasi secara internasional dan memiliki tim dokter yang handal.
  • Mount Elizabeth Fertility Center, dikenal sebagai salah satu rumah sakit tertua yang membuka program bayi tabung. Rumah sakit ini juga terakreditasi sebagai Assisted Reproduction Centre oleh Ministry of Health of Singapore.
  • Mount Alvernia Fertility Centre, memiliki kapasitas lebih dari 300 tempat tidur dan didukung lebih dari 1,200 dokter terakreditasi, rumah sakit ini juga menawarkan berbagai program bayi tabung yang menarik untuk ditelusuri.
  • Gleneagles IVF Centre, dapat membantu mengatasi masalah kesuburan pria dan wanita hingga membantu memiliki keturunan. Tim berdedikasi tinggi disiapkan di rumah sakit ini.
  • Raffles Fertility Centre, memadukan spesialis yang terverifikasi dan teknologi tinggi, tingkat keberhasilan program tersebut di rumah sakit ini dikenal cukup tinggi.

Rekomendasi Rumah Sakit di Malaysia

Di Malaysia sendiri sebenarnya cukup banyak rumah sakit berkualitas yang menawarkan program bayi tabung. Namun, dua rumah sakit terbaik adalah Mahkota Medical Centre di Melaka dan Regency Specialist Hospital di Johor Bahru.

  • Mahkota Medical Centre, memulai layanan IVF sejak tahun 1997 lalu, rumah sakit ini menjadi satu-satunya fasilitas kesehatan pusat kesuburan yang ada di Melaka. Rumah sakit ini memiliki banyak dokter spesialis dan staf keperawatan khusus, sehingga tidak heran jika kualitasnya tinggi.
  • Regency Specialist Hospital, berlokasi di Johor Bahru, rumah sakit ini memiliki komitmen dan kualitas layanan yang tidak lagi perlu diragukan lagi. Staf yang dimilikinya sudah bersertifikat internasional, sehingga dapat memaksimalkan peluang keberhasilan bayi tabung.

Baca Juga: 6 Tips Simpel untuk Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

Mulai Tertarik? Pastikan Kamu Tahu Kelebihan dan Kekurangannya

Tentu setiap prosedur medis yang dilakukan selalu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk urusan bayi tabung, baik di dalam atau luar negeri, sederet kelebihan dan kekurangannya bisa kamu cermati di bagian ini.

Kelebihan Program In Vitro Fertilization (IVF)

  • Membantu mendapatkan keturunan dengan cara yang termonitor dengan baik.
  • Mengatasi hambatan fertilitas pada penderita kondisi saluran tuba yang tersumbat.
  • Membantu pasien dewasa yang memiliki cadangan ovarium rendah.
  • Meningkatkan peluang mendapatkan keturunan bagi pria dengan tingkat fertilitas rendah.
  • Menolong golongan orang dengan kondisi Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).
  • Telah digunakan sejak lama dan memiliki rekam jejak yang aman.
  • Memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dibandingkan dengan program lain.
  • Membantu mendiagnosis masalah yang terjadi pada proses pembuahan.
  • Embrio yang tidak terpakai dapat disumbangkan untuk penelitian atau pasangan lain.
  • Dapat menyaring penyakit bawaan, sehingga janin tidak memiliki risiko sejenis.

Lalu Apa Kerugiannya?

  • Tidak memiliki jaminan keberhasilan 100% pada program atau paket apapun.
  • Dapat menimbulkan efek samping, meskipun kemungkinannya kecil.
  • Meningkatkan kemungkinan kehamilan ganda.
  • Terdapat risiko kehamilan ektopik.
  • Risiko prematur dan berat badan rendah pada bayi yang baru lahir karena tingginya kadar estrogen hasil stimulasi program bayi tabung.
  • Berisiko muncul dampak emosional atau psikologis.
  • Biaya yang cukup tinggi.
  • Masalah etika berdasarkan beberapa prinsip berbeda

Baca Juga: 8 Risiko Penyakit Kronis di Usia Muda, Terapkan Langkah Pencegahannya!

Tidak bisa dipungkiri bayi tabung hadir sebagai sebuah solusi untuk kamu yang ingin memiliki keturunan dan terhambat karena satu dan lain hal. Persiapan yang matang perlu dilakukan, baik dari segi fisik, mental, maupun biaya dan waktu. Tentu jika kamu berencana melakukan program ini di luar negeri, penyertaan asuransi kesehatan internasional sangat disarankan untuk menghindari risiko biaya tambahan selama kamu di Singapura atau Malaysia. Asuransi SmartMedicare International dari AXA Insurance Indonesia akan menjadi solusi tepat untuk melindungi kamu dan orang tersayang dari risiko biaya kesehatan yang mungkin muncul selama program. Tentu, kamu juga bisa menggunakan produk lain, seperti Asuransi SmartMedicare Domestik jika ingin menjalankan program di dalam negeri. Jaminan pertanggungan yang mencakup banyak risiko dapat membawa manfaat signifikan, sehingga kamu bisa fokus menjalankan program yang diinginkan. Rencanakan dengan baik, dan semoga berhasil!

Referensi:

  • https://mahkotaregency.id/bayi-tabung-malaysia/
  • https://ameera.republika.co.id/berita/rvfa89414/benarkah-layanan-bayi-tabung-di-penang-lebih-baik-dibandingkan-di-indonesia-part1
  • https://www.grid.id/parapuan/read/533209428/atasi-infertilitas-dengan-potensi-keberhasilan-tinggi-ini-kelebihan-bayi-tabung-di-malaysia?page=all
  • https://www.parapuan.co/read/533209426/malaysia-jadi-destinasi-program-bayi-tabung-favorit-kenapa?page=all
  • https://www.createfertility.co.uk/blog/the-advantages-and-disadvantages-of-ivf
  • https://linksehat.com/artikel/daftar-rumah-sakit-bayi-tabung-di-singapura
  • https://m.tribunnews.com/parapuan/2022/03/30/malaysia-dinobatkan-sebagai-destinasi-program-bayi-tabung-dengan-efektivitas-tinggi?page=2
  • https://www.suratdokter.com/teknologi-inovasi-kesehatan/1483706514/wanita-di-singapura-berbondong-bondong-egg-freezing-kenali-kelebihan-hingga-efek-sampingnya