Cara Pasang GPS Mobil dan Fungsinya Untuk Cegah Pencurian

Pemasangan GPS mobil sangat mudah dilakukan, namun manfaat yang akan Anda dapatkan sangatlah besar, salah satunya seperti mencegah dan melacak mobil Anda dari pencurian kendaraan.

Pencurian kendaraan masih marak terjadi di Indonesia, mulai dari modus lama hingga terciptanya modus – modus pencurian yang baru. Mengawali tahun 2023, kita harus lebih waspada dalam memproteksi kendaraan pribadi supaya terhindar dari risiko pencurian mobil! Salah satunya adalah dengan melakukan pemasangan GPS di mobil. Yuk simak dan pelajari lebih lengkap mengenai GPS mobil sebelum melakukan pemasangan di mobil kamu ya!

Apa Itu GPS Mobil?

GPS (Global Positioning System) mobil adalah alat perlindungan yang memberikan kamu informasi akurat tentang lokasi kendaraan terkini. Titik lokasi mobil akan terhubung ke server dan bisa kamu pantau lewat aplikasi di HP atau website. Dengan begitu, kamu bisa menghindari kejahatan dan dengan mudah melacak lokasi mobil.

Fungsi GPS Mobil

Selain untuk menghindari pencurian, pemasangan GPS mobil juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut fungsi penting GPS untuk kendaraan kamu:

1. Memberikan Informasi Perjalanan

Kamu bisa melihat riwayat perjalanan mobil. Jika kamu memiliki supir pribadi, hal ini sangat penting. Karena kamu dapat meninjau perjalanan mobil saat digunakan lho! Perlindungan dari Asuransi SmartDrive memberikan perlindungan jika mobil kamu dicuri oleh supir pribadi1. Namun dalam pemasangan GPS mobil, kamu harus berhati – hati dan memilih lokasi pemasangan GPS mobil agar tidak mudah diketahui. Dikhawatirkan, GPS mobil dapat di non aktifkan. 

2. Alat Pelacak dan Penyadap

Pemasangan GPS mobil dapat digunakan sebagai alat penyadap. Pemilik bisa melacak titik lokasi mobil, mendengarkan suara dan melihat video percakapan di dalam mobil. Hal ini akan membantu kamu dalam mengantisipasi pencurian, jika mobil kamu dibawa kabur oleh komplotan pencurian. Kamu bisa melacak keberadaan mobil hingga mendengar percakapan untuk bisa menemukan mobil kembali.

3. Cegah Penyalahgunaan Mobil

Lewat laporan perjalanan, Anda bisa memantau waktu dan titik lokasi mobil Anda dinyalakan atau dimatikan. Dengan begitu, Anda bisa memonitor apakah mobil digunakan di luar jam atau penugasan. Jika ada kecurigaan, Anda bisa memutar kembali trip mobil untuk mengamatinya.

 

Tips Memilih GPS Mobil

Jika melihat pasar, banyak sekali produsen yang menjual GPS tracking dengan harga murah. Namun, jangan tergiur begitu saja ya! Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut:

1. Pilih GPS dengan Fitur Lengkap

Jangan memilih GPS mobil yang hanya bisa memantau dan melacak kendaraan saja. Pilih GPS tracker mobil yang juga dilengkapi dengan penyadap suara, catatan rute perjalanan, catatan kecepatan mobil, sensor batas kecepatan, sensor mesin mobil, tombol darurat dan tombol matikan mesin jarak jauh.

2. Memiliki Pelayanan Service Operator yang Baik

Penting untuk memilih perusahaan penydia GPS yang mudah dihubungi. Sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan teknisi dari perusahaan penyedia GPS saat mengalami kerusakan, khususnya jika Anda sedang di luar kota. Pastikan perusahaan penyedia GPS memiliki server sendiri di Indonesia.

3. Wajib Memiliki Fitur Real Time Tracking

Fitur real time tracking yang akurat wajib dimiliki saat pemasangan GPS mobil. Jadi, Anda bisa memonitor letak mobil pada saat itu juga.

Harga GPS Mobil

Anda bisa membeli GPS mobil dengan kisaran harga Rp500 ribu hingga Rp3 jutaan. GPS mobil sendiri sudah banyak dijual melalui toko online.

Biaya Pemasangan GPS Mobil

Harga GPS mobil yang PT Mandiri AXA General Insurance (“MAGI”) sebutkan diatas belum termasuk dengan biaya pemasangannya. Umumnya, biaya pemasangan yaitu sekitar Rp200 ribuan.

Cara Pemasangan GPS Mobil

Pemasangan GPS mobil harus memperhatikan sistem arus listrik pada kendaraan. Jadi, pastikan hanya tenaga ahli yang melakukan pemasangan GPS. Karena, pemasangan GPS mobil yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.

Namun, setidaknya Anda mengetahui langkah-langkah pemasangannya.

  • Cek kelengkapan komponen (kabel plus, kabel minus, baut, sekring) dan pahami petunjuk pemasangan GPS
  • Pasang kabel, pastikan kabel terhubung dengan sekring
  • Idealnya, kabel harus tersambung ke sumber listrik (aki).
  • Lalu nyalakan GPS dan install sistem

 

Cara Aktifkan GPS Mobil

Untuk mengaktifkan GPS ke perangkat seperti HP, Anda hanya perlu melakukan cara berikut:

  • Pastikan Anda memiliki kartu SIM dengan paket internet aktif
  • Input kartu SIM tersebut ke GPS mobil yang dalam keadaan mati
  • Nyalakan GPS untuk memeriksa sinyal
  • Lakukan registrasi GPS ke HP Anda
  • Install aplikasi khusus GPS untuk memonitoring

Jangan Lupakan Asuransi Kendaraan untuk Mobil Anda

Selain dengan melakukan pemasangan GPS mobil untuk mencegah pencurian mobil, MAGI bisa bantu kamu untuk berikan perlindungan kendaraan mobil dengan Asuransi SmartDrive jika kamu mengalami kerugian pada mobil yang disebabkan oleh pencurian1. Tak hanya itu, Asuransi SmartDrive juga memiliki beragam manfaat lainnya untuk perlindungan kendaraan/mobil kamu secara menyeluruh!

1Penjaminan untuk manfaat pencurian akan mengacu kepada ketentuan yang berlaku pada polis produk Asuransi SmartDrive
*Penawaran yang berlaku adalah pemberian diskon yang berlaku hanya untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri MyPage hingga 28 Februari 2023

Sumber: Suzuki.co.id ; Kompas.com ; Orin.id ; Lifepal.co.id