Catat! 5 Pertolongan Pertama Pada Hewan Peliharan Yang Sakit

Hewan peliharaan kerap kali dianggap sebagai teman terbaik dalam kehidupan pemiliknya. Sebagai pemelihara hewan, tentu Anda ingin teman hidup Anda selalu dalam keadaan sehat dan lincah. Sayangnya, hewan juga termasuk makhluk hidup yang memiliki nasib tidak terduga. Hewan peliharaan memiliki risiko jatuh sakit, kecelakaan hingga kematian. Selain wajib menyimpan nomor dokter hewan, Anda juga harus mengetahui apa saja pertolongan pertama ketika hewan peliharaan jatuh sakit.

Pertolongan Pertama Pada Hewan Sakit

Memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan anabul merupakan tanggung jawab Anda. Ketika sakit, Anda harus siap merawat dan mengobati mereka. Silakan catat beberapa pertolongan pertama hingga pertolongan melalui asuransi hewan peliharaan di bawah ini.

1. Hewan Keracunan

Saat hewan sakit akibat keracunan, segera cek sekitar ruangan yang ditempati oleh anabul. Jika terdapat produk yang mencurigakan seperti racun tikus, sabun pembersih dan lainnya, lihat instruksi pada label kemasan untuk mendapatkan informasi pertolongan pertama. Contoh, ketika anabul keracunan racun tikus, maka segera bilas tubuhnya dan dibaringkan dengan posisi miring ke kanan. Setelah itu, hubungi dokter hewan untuk tindakan lebih lanjut.

Baca juga: Simak 4 Aktivitas Seru Bersama Hewan Peliharaan

2. Hewan Sakit Akibat Luka Bakar

Hewan sakit yang terkena luka bakar akibat bahan kimia harus dilakukan pertolongan pertama dengan menyiram luka menggunakan air yang mengalir. Jika terdapat luka bakar yang cukup parah, silakan mengompresnya terlebih dahulu menggunakan air es.

3. Terdapat Pendarahan

Jika anabul mengalami pendarahan  eksternal, segera ambil perban atau kasa. Tutup luka dengan kassa dan tekan hingga darah mulai membeku. Jika terdapat pendarahan internal yang ditandai dengan keluarnya darah dari hidung, mulut atau rektum sehingga membuat hewan pucat dan nadi lemah, pastikan Anda menjaganya agar tetap hangat. Lalu, segera bawa ke dokter hewan

5. Siapkan Asuransi Hewan Peliharaan

Asuransi hewan peliharaan akan memberikan proteksi kepada hewan peliharaan dari risiko penyakit, kecelakaan dan kematian. Beberapa asuransi hewan peliharaan juga menanggung biaya penitipan hewan akibat adanya keterlambatan pesawat. Anda tidak akan rugi jika memiliki asuransi tersebut. Apalagi jika Anda sangat menyayangi hewan peliharaan bak keluarga. Sayangnya, di Indonesia sendiri masih sangat jarang ditemukan produk asuransi hewan peliharaan.

Asuransi Hewan Peliharaan Mandiri AXA General Insurance (MAGI)

MAGI adalah perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi hewan peliharaan. Asuransi ini akan melindungi hewan kesayangan Anda dengan memberikan ganti rugi terhadap kemungkinan risiko kematian hingga cacat tetap total. Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan:

  • Jaminan biaya pengobatan hewan peliharaan yang sakit/cidera akibat kecelakaan (termasuk keracunan).
  • Biaya pencegahan atau pengobatan rabies untuk orang ketiga yang secara tidak sengaja digigit oleh hewan peliharaan.
  • Biaya tambahan penitipan hewan peliharaan akibat keterlambatan jadwal kedatangan pesawat menuju domisili tertanggung.
  • Tanggungan atas kematian dan cacat tetap total akibat kecelakaan.

Informasi lengkap mengenai asuransi hewan peliharaan bisa Anda akses melalui website AXA Mandiri MyPage, serta dapatkan diskon atau potongan premi hingga 20% dengan kode promo “belidimagi”.

Dapatkan segera asuransi hewan peliharaan yang bisa dibeli secara online dengan biaya premi rendah untuk melindungi hewan peliharaan tercinta!

Lengkapi perlindungan anabulmu yuk!