Cara Menggunakan APAR di Rumah, Wajib Paham Poin Pentingnya!

Saat memiliki rumah idaman, perawatan dan perlindungan terbaik jelas akan kamu berikan. Menjadi tempat pulang untuk setiap anggota keluarga tersayang, idealnya sebuah rumah juga dilengkapi peralatan APAR yang mumpuni. Tentunya, kamu wajib tahu cara menggunakan APAR agar hal buruk tidak menimbulkan kerugian besar.

APAR sendiri adalah singkatan dari alat pemadam api ringan, yang dapat digunakan oleh seseorang dengan mudah untuk memadamkan kobaran api yang muncul di area tertentu. Idealnya, setiap rumah memiliki satu unit APAR sebagai langkah cepat memadamkan kobaran api yang muncul sebelum menyambar area lain dan memicu kebakaran hebat.

Baca Juga: 7 Jenis CCTV untuk Rumah, Mana yang Paling Tepat?

Begini Cara Menggunakan APAR yang Benar

Seperti namanya, alat ini berfungsi untuk memadamkan kebakaran dalam skala kecil. Sebelum kobaran api merambat ke area lain, kebakaran dapat dipadamkan dengan APAR jika kamu tahu bagaimana cara memakainya.

Penggunaan APAR bisa dipahami dengan metode TATS, atau tarik, arahkan, tekan, sapukan. Penjelasan adalah sebagai berikut.

  • Tarik, tarik pin pengaman atau safety pin yang ada pada perangkat APAR
  • Arahkan, arahkan nozzle ke dasar api yang muncul
  • Tekan, tekan tuas APAR untuk menyemprotkan material yang ada di dalam tabung
  • Sapukan, sapu bagian dasar api dengan mengarahkan nozzle ke kiri dan kekanan hingga api benar-benar padam sempurna

Metode sederhana ini bisa kamu terapkan ke berbagai jenis APAR. Mulai dari APAR dengan jenis air, busa, tepung kimia kering, halon, hingga APAR jenis CO2 yang bisa ditemukan di pasaran. Untuk lebih jauh, jenis APAR ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan risiko kebakaran yang ada di rumah kamu.

Kenapa Harus Ada APAR di Rumah?

APAR menjadi alat yang bisa kamu andalkan ketika terjadi kebakaran di dalam rumah. Ingat, rumah yang telah didesain dengan berbagai pertimbangan tetap memiliki risiko kebakaran  meski kemungkinannya lebih kecil.

Risiko kebakaran yang terjadi di rumah bisa dipicu akibat arus pendek, korsleting peralatan listrik, hingga aktivitas dapur yang menggunakan api atau alat pemanas tertentu.

Idealnya, penggunaan APAR dengan ukuran 3 kg sudah cukup untuk memadamkan kebakaran skala kecil. Kebakaran yang paling berbahaya di rumah biasanya disebabkan oleh kebakaran Kelas A. Jenis kebakaran ini terjadi karena bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti plastik, karet, kayu, kertas, kapas, daun kering, dan sebagainya.

Jenis kebakaran lain bisa kamu cermati dalam poin singkat berikut ini.

  • Kebakaran Kelas B, dipicu oleh bahan cair atau gas yang mudah terbakar (minyak, bensin, thinner, alkohol, solar, gas, gas LPG, gas LNG, dan sejenisnya)
  • Kebakaran Kelas C, dipicu oleh masalah kelistrikan (arus pendek listrik, korsleting, dan sejenisnya)
  • Kebakaran Kelas D, dipicu oleh material logam yang mudah terbakar (magnesium, potassium, dan sejenisnya)

Dari jenis kebakaran tersebut, memiliki pemadam api ringan (APAR) yang sesuai dan mengetahui cara penggunaannya dengan baik dapat mengurangi risiko kerugian yang lebih besar. Ini karena APAR dapat memadamkan api dengan cepat setelah muncul.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan saat Rumah Kebakaran?

Singkat, Ini Tips Efektif Menggunakan APAR ketika Terjadi Kebakaran di Rumah

Setelah mempelajari cara menggunakan APAR dengan baik dan benar, berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan APAR yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri dan memahami hal ini dengan lebih baik.

  • Saat menggunakan APAR, perhatikan arah angin supaya pemadaman bisa dilakukan dengan efektif.
  • Jarak semprot pada api yang muncul diusahakan sekitar 3 sampai 5 meter, disesuaikan dengan kapasitas APAR yang dipakai.
  • Pastikan nozzle APAR diarahkan ke pusat api sebelum materi atau isinya dikeluarkan.
  • Jangan arahkan ke lidah api. Arahkan ke bagian dasar atau pusat api yang muncul.
  • Lakukan pemadaman secepatnya sebelum api menjadi lebih besar. Jika tidak ditangani dengan cepat, risiko kerugian akan meningkat dan membahayakan keselamatan warga setempat.
  • Cermati risiko kebakaran yang ada di rumah dan pilih jenis APAR yang sesuai. Kamu bisa berkonsultasi dengan developer, pihak yang membangun rumah atau pihak asuransi.
  • Lakukan pengisian ulang pada APAR yang sudah digunakan agar  tekanannya tetap terjaga.

Lengkapi Perlindungan Tempat Pulangmu dengan Asuransi yang Tepat

Memiliki langkah mitigasi yang tepat untuk berbagai risiko yang mungkin terjadi di rumah adalah hal yang sangat penting. Rumah harus menjadi tempat yang paling nyaman bagi kamu dan keluarga. Selain menyediakan APAR yang sesuai, kamu juga dapat meningkatkan perlindungan dengan menggunakan produk asuransi rumah yang tepat. Asuransi rumah yang tepat akan memberikan perlindungan terhadap harta benda dan barang-barang kamu jika terjadi kerusakan atau kehilangan yang dapat menyebabkan kerugian keuangan. Perlindungan ini sesuai dengan manfaat yang dijelaskan dalam ketentuan polis. Dengan demikian, perlindungan yang kamu dapatkan akan menjadi optimal karena kamu mendapatkan manfaat dari asuransi jika terjadi sesuatu yang menyebabkan kerugian. Tentu saja, ada syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Namun, hal ini merupakan prosedur standar dalam mengelola rumah untuk memastikan kamu tetap terlindungi dari berbagai risiko yang mungkin timbul.

Baca Juga: Berkenalan dengan Konsep Strategi Bisnis dan 6 Poin yang Bisa Kamu Adaptasi

Memahami penjelasan tentang cara menggunakan APAR dan risiko terjadinya kebakaran di rumah menjadi penting agar kamu bisa melakukan langkah cepat jika hal ini terjadi. AXA Insurance Indonesia paham benar atas hal ini, sehingga kami menawarkan produk Asuransi SmartHome yang bisa membantu kamu memberikan perlindungan pada rumah yang kamu punya. Berbagai risiko, termasuk kebakaran, dapat ditanggung oleh Asuransi SmartHome sesuai ketentuan polis, sehingga kamu bisa merasa lebih tenang. Tentu saja, hal ini bukan berarti kamu bisa sembrono, tetapi harus disertai dengan kewaspadaan dalam menjaga keselamatan rumah dan semua penghuninya. Lindungi keluarga dan orang-orang terdekat yang ada di dalam rumah dengan proteksi maksimal. Semoga harimu menyenangkan!

Referensi: 

  • https://damkar.bandaacehkota.go.id/2021/03/25/pengantar-apar-alat-pemadam-api-ringan/
  • https://www.servvo.co.id/post/cara-menggunakan-apar-metode-tats-dan-pass
  • https://www.pemadamapi.id/prosedur-penggunaan-apar/
  • https://www.detik.com/properti/berita/d-6807135/penting-mengetahui-alat-pemadam-api-yang-cocok-buat-di-rumah#:~:text=Jawabannya%3A%20Perlu!%20Kenapa%3F,yang%20ukuran%203%20kg%20saja.
  • https://tonataindonesia.com/blog/alasan-mengapa-kita-perlu-alat-pemadam-api-ringan-apar-di-rumah