7 Jenis CCTV untuk Rumah, Mana yang Paling Tepat?

Rumah, menjadi satu tempat paling nyaman yang dituju ketika kamu merasa lelah, perlu beristirahat, atau memerlukan interaksi intim dengan orang-orang tersayang. Rasanya tidak berlebihan jika keamanannya selalu ditunjang dengan peralatan pendukung, seperti CCTV rumah.

Mungkin kamu yang sudah menggunakan fasilitas ini di rumah paham benar manfaat yang diberikan. Nah, artikel ini kemudian ditujukan untuk kamu yang masih ragu-ragu dan belum memasang CCTV rumah di tempat tinggal, agar bisa mendapatkan insight mengenai teknologi praktis yang bisa meningkatkan keamanan tempat untuk pulang ini.

Secara sederhana, CCTV adalah perangkat kamera yang dipasang untuk mengawasi sudut-sudut area, sehingga dapat dilihat melalui perangkat yang digunakan. Secara praktis, kamu akan bisa melihat tampilan live lokasi yang dipasangi CCTV dari smartphone atau perangkat lain yang kamu punya.

Baca Juga: 25 Ide Bisnis Rumahan dengan Keuntungan yang Menjanjikan!

Jenis-Jenis CCTV Rumah

CCTV sendiri kemudian dibedakan menjadi beberapa jenis. Mulai dari ukurannya yang ringkas dan mudah dipasang, hingga perangkat yang punya daya tahan luar biasa sehingga kamu tidak perlu ragu dengan ketahanannya.

Beberapa jenis yang populer dipakai untuk CCTV rumah adalah sebagai berikut.

1. Model IP Camera

Menjadi kependekan dari Internet Protocol Camera, yang kemudian dibagi lagi menjadi dua jenis berbeda. Pertama adalah IP Camera desentralisasi, dan model terpusat. Model pertama adalah jenis kamera yang tidak memerlukan pusat NVR karena memiliki fungsi perekam built-in.

Model terpusat adalah jenis CCTV untuk rumah dan memerlukan pusat NVR untuk melakukan perekaman dan manajemen alarm. Terjangkau dari segi biaya dan bisa dikendalikan dengan jaringan internet, IP Camera banyak dijadikan opsi untuk pemula.

2. Model Dome Camera Indoor

Model ini banyak ditemukan di kafe atau tempat umum yang dikelola oleh suatu lembaga. Jenis ini digunakan untuk ruangan tertutup, karena daya tahannya pada cuaca tidak terlalu baik. Fitur umum yang tersedia adalah day/night, kemudian infrared night vision, dan high-definition.

CCTV ini mudah dipasang dengan berbagai tipe TV modern, DVR, recorder, dan perangkat lainnya.

3. Model Bullet Camera

Selanjutnya adalah jenis bullet camera. Jenis ini menjadi salah satu yang paling populer, dan banyak digunakan di rumah hingga tempat-tempat umum yang ada di berbagai lokasi.

Ditempatkan di area luar ruangan, perangkatnya memiliki daya tahan yang baik pada perubahan cuaca.

4. Model PTZ Camera

Sekilas bentuknya mirip dengan model dome, namun dengan badan yang lebih panjang. Fiturnya juga lebih lengkap dibandingkan dengan dome camera indoor, serta bisa kamu gerakkan ke berbagai arah. Selain itu kamu bisa dengan mudah memperbesar gambar yang tengah direkam hingga beberapa kali lipat supaya bisa terlihat lebih jelas.

5. Model Day and Night Camera

Model kelima ini seperti dengan namanya bisa digunakan dalam berbagai jenis kondisi cahaya. Jadi kamu tidak akan menemukan banyak masalah meski area yang disorot terbilang gelap, karena gambar yang ditampilkan tetap akan jelas.

6. Model HD Camera

Seperti yang mungkin sudah kamu tebak, HD dalam namanya berarti high definition. Resolusi tinggi bisa kamu dapatkan dari rekaman dan pemantauan langsung menggunakan perangkatnya, jadi ketika di zoom gambar yang tampak tidak akan pecah atau berkurang kualitasnya.

7. Model Weatherproof

Seperti namanya, karakter kamera CCTV rumah yang satu ini adalah tahan pada perubahan cuaca. Mulai dari air hujan, kemudian terik matahari, hingga partikel debu yang biasanya bisa merusak kamera, semua tidak akan banyak berpengaruh pada kamera ini.

Ditempatkan di bagian luar rumah untuk mengawasi kondisi sekitar, kamu tidak perlu cemas kamera ini rusak akibat kondisi cuaca ekstrim.

Cermati Fungsinya, Pasang dengan Tepat, dan Dapatkan Manfaatnya

Setidaknya ada beberapa fungsi pokok dari pemasangan kamera CCTV di rumah yang kamu punya.

  • Meningkatkan keamanan, kamu bisa dengan mudah mengawasi kondisi rumah, baik di bagian dalam atau bagian luar, sehingga bisa mengontrol situasi yang ada dan melakukan langkah cepat jika terjadi tindak kejahatan
  • Memantau aktivitas orang di rumah, kamu bisa dengan mudah melihat kegiatan yang dilakukan oleh orang di rumah. Hal ini sangat berguna ketika kamu sedang berada di luar rumah
  • Melindungi barang berharga, jelas dengan memasang kamera CCTV di rumah yang dilengkapi dengan alarm, kamu bisa melindungi barang berharga ketika terjadi tindak kejahatan. Suara keras yang muncul dari alarm akan membuat panik, sehingga kemungkinan besar pelaku akan kabur
  • Barang bukti yang valid, ketika terjadi tindak kejahatan, kamu akan memiliki bukti valid yang dapat dijadikan acuan oleh pihak berwajib dalam penyelidikan

Dengan fungsi demikian, kamu juga akan mendapatkan cukup banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan jika kamu tidak melakukan pemasangan CCTV ini.

Apa Saja Manfaatnya?

  • Kontrol penuh pada kondisi di rumah lewat kamera yang mengawasi selama 24 jam, baik ketika kamu di rumah, atau ketika kamu di luar rumah
  • Sebagai langkah antisipasi jika mendapatkan musibah berupa insiden yang merugikan, mulai dari tindakan kriminal atau kecelakaan di dalam rumah
  • Kamu selalu memiliki bukti yang valid pada kejadian yang terjadi di dalam atau sekitar rumah jika diperlukan untuk kebutuhan penyelidikan tindak kejahatan
  • Dalam konteks terjadinya hal yang tidak diinginkan dan kamu memiliki asuransi untuk rumahmu, klaim bisa diajukan lebih mudah karena terdapat bukti rekaman asli
  • Mengurangi biaya keamanan yang diperlukan secara keseluruhan, terlebih jika area rumahmu cukup besar dan perlu pengawasan ekstra

Baca Juga: Lebih Dari 9 Tempat Bersejarah Ikonik Bisa Menjadi Destinasi Wisata Menarik, Cek di Sini!

Untuk Bisa Memilih dengan Tepat, Cermati 5 Tipsnya di Sini!

Sampai pada bagian terakhir terkait dengan CCTV rumah, kini kamu sudah memiliki informasi tentang jenis, fungsi, dan benefit yang didapatkan. Saatnya kamu juga paham tentang tips-tips berguna sebelum menentukan pilihan, agar kamu tidak salah pilih.

1. Konsultasikan Area Pemasangan

Kamu bisa berkonsultasi dengan pihak yang lebih ahli tentang pemasangan CCTV ini. Titik yang strategis bisa memberikan cakupan yang luas, sehingga pemasangan yang dilakukan lebih efektif dan tidak boros dari segi pengeluaran.

2. Pilih Jenis yang Sesuai

Tidak selalu harus menggunakan produk dengan harga yang tinggi dan spesifikasi maksimal, dengan perhitungan tepat kamu bisa menyesuaikan pemilihan jenis CCTV rumah dengan kebutuhan. Gunakan jenis seperlunya, selama tetap bisa memberikan gambar secara jelas dan membantu kamu memonitor situasi rumah dan sekitar.

3. Perhitungkan Anggaranmu

Poin pertama dan kedua akan membawamu pada pertimbangan pengeluaran yang dilakukan. Jika direncanakan dengan tepat, maka kebutuhan budget yang kamu keluarkan akan benar-benar efektif dan tidak terjadi pemborosan.

4. Kenali Spesifikasinya

Ada baiknya kamu juga melakukan riset kecil untuk tahu spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari produk CCTV yang akan dipasang. Dengan begini kamu tidak akan merasa dikecewakan atau tertipu, karena sejak awal kamu paham benar apa yang kamu beli dan pasang.

5. Garansi Resmi

Penting untuk dipastikan, keberadaan garansi resmi akan membantu kamu menghindari pengeluaran tambahan yang tidak diperlukan dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Berkenalan dengan Desain Rumah Minimalis, Ini 5 Poin Pentingnya!

Serba-serbi tentang CCTV rumah ini semoga bisa jadi sebuah artikel yang berguna untuk dibaca, dan memberikan insight baru saat kamu akan memasang perangkat yang diperlukan untuk mengawasi rumah. Tentu saja, perlindungan pada rumah tidak hanya berhenti pada pengawasan saja, tapi juga dengan memiliki produk asuransi yang tepat. Asuransi Rumah Tinggal (SmartHome)  dari AXA Insurance bisa menjadi produk yang tepat untuk digunakan pada rumah yang kamu punya. Asuransi ini memberikan perlindungan atas harta benda atau barang-barang salah satunya jika terjadi pencurian dengan didahului dengan pembongkaran secara paksa atau perampokan di dalam rumah kamu, yang bisa memicu kerugian. Manfaat yang diberikan cukup menyeluruh dengan syarat dan kondisi sesuai ketentuan polis, sehingga bisa membantu kamu menghindari kerugian yang mungkin muncul. Segera gunakan asuransi handal dari AXA Insurance, dan lindungi rumah yang kamu punya sekarang juga!

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Desember 2024

Referensi: 

  • https://www.ruparupa.com/blog/hal-penting-saat-beli-cctv-rumah/
  • https://jakartaalarm.co.id/blog/+5+cara+memilih+cctv+yang+terbaik+untuk+rumahmu
  • https://doktercctv.com/tips-memilih-cctv-terbaik/
  • https://www.bhinneka.com/blog/jenis-cctv/
  • https://berita.99.co/jenis-cctv-untuk-rumah/
  • https://fullmoonid.com/2022/05/17/jenis-jenis-cctv-dan-fungsinya/
  • https://medium.com/@jualcctvonline/apa-saja-fungsi-dan-tujuan-pemasangan-cctv-aa93ce0225fd
  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-pemasangan-cctv#google_vignette
  • https://momsmoney.kontan.co.id/news/kelebihan-dan-kekurangan-memasang-cctv-di-rumah-wajib-tahu
  • https://pasangjaringan.id/seputar-jaringan/manfaat-cctv-di-perusahaan/