Berkenalan dengan Desain Rumah Minimalis, Ini 5 Poin Pentingnya!

Dalam dunia arsitektur, banyak sekali desain rumah yang bisa digunakan sebagai referensi. Mulai dari tema tradisional atau bangunan kedaerahan, hingga desain rumah minimalis modern. Satu hal yang pasti, kamu harus paham benar konsep dasarnya supaya bisa mendapatkan value dari rumah yang ingin kamu miliki.

Kali ini, lebih lengkap akan dibahas mengenai desain rumah minimalis. Desain rumah ini belakangan tengah populer di kalangan masyarakat perkotaan, bahkan merambah ke area pedesaan. Bentuknya yang sederhana tapi tetap terlihat rapi dan keren menjadi daya tarik utamanya, disamping tentu saja nilai guna yang ada di setiap bagian rumah ini.

Baca Juga: Ingin Mencoba Usaha Laundry? Baca Artikel Ini Dulu Yuk!

Mari Pahami Dulu Arti Konsepnya

Sebenarnya secara sederhana konsep minimalis sendiri, atau juga dikenal dengan konsep modern, merupakan rumah yang mengedepankan fungsi bangunan sebagai sebuah hunian, dan untuk memenuhi kebutuhan mendasar dari penghuninya.

Ornamen yang sifatnya dekoratif mulai dikurangi atau dihilangkan, dan lebih menonjolkan pada hal-hal fungsional mendasar seperti keberadaan ruang, pemanfaatan ruang dan lekukan di dalam rumah, penataan cahaya alami, ventilasi yang mengalir dengan alami, dan keberadaan ruang terbuka yang dapat digunakan untuk banyak keperluan.

Tentu saja, untuk memahami desain rumah minimalis kamu bisa langsung bertanya dengan arsitek kepercayaanmu. Tapi setidaknya dengan membaca artikel singkat ini, kamu bisa mendapatkan poin-poin penting dari rumah dengan gaya ini.

5 Ciri Utama Desain Rumah Minimalis

Jika berbicara bentuk mungkin akan cukup sulit diungkapkan dalam kata-kata. Tapi ada beberapa poin penting yang menjadikan sebuah bangunan rumah memiliki konsep modern atau minimalis. Kelima poin penting tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sederhana dalam Bentuk, Fungsional

Hal utama yang akan selalu kamu jumpai dalam desain rumah minimalis adalah tata ruang yang sederhana dan efisien. Kamu dengan mudah bisa mendapatkan kesan hasil bangunan yang jernih, ruang yang lega dan mudah dimengerti.

Bentuk yang sederhana ini biasa diwujudkan dalam konsep yang terbuka, interior di bagian dinding yang minimal, serta area-area penyimpanan yang cukup untuk barang yang diperlukan. Kamu akan jarang menemukan titik yang terlihat sia-sia di dalam rumah ini, karena setiap sudut selalu memiliki fungsi yang jelas.

2. Struktur Bangunan yang Jelas

Dari tampilan luar, akan terlihat jelas struktur apa yang digunakan dan ingin ditampilkan. Ekspos pada material yang digunakan ini jadi ciri yang sangat umum, untuk menciptakan kesan yang bersih, sederhana, tapi tetap berkarakter.

Bagian dinding rumah terlihat leluasa, tekstur yang ditampilkan juga menunjukkan material apa yang jadi penyusunnya. Dari segi bentuk, akan cenderung menggunakan bentuk dasar seperti persegi, persegi panjang, bahkan segitiga. Kamu juga akan menemukan jendela yang dapat dibuka dengan mudah, dan tidak jarang berukuran lebar.

3. Clean Look, Terbuka, dan Cahaya Alami

Untuk ruang besar seperti dapur dan ruang keluarga, tampilannya secara jelas akan bersih, terang, dan leluasa. Warna yang dipilih cenderung menciptakan kesan sejuk, tidak banyak ornamen tambahan yang menghiasi sudut ruangan, dan berkesan netral.

Hal terkait pencahayaan sendiri tidak akan banyak melibatkan lampu-lampu besar. Bagian atap dan dinding serta jendela didesain sedemikian rupa, sehingga bisa memaksimalkan cahaya alami untuk masuk ke dalam ruangan. Kamu bisa banyak menghemat penggunaan energi jika memakai konsep ruangan yang seperti ini.

4. Detail yang Simpel, Dekorasi Minimalis

Jauh dari kesan yang klasik dan megah dengan ukiran dan ornamen yang disematkan di berbagai perabotannya, desain rumah minimalis cenderung fokus pada penggunaan detail yang sederhana. Semakin sederhana detail pada perabotannya, maka semakin baik.

Kabinet dengan panel yang datar tanpa banyak hiasan mencolok, kursi dan rak televisi yang memiliki visual bersih, serta fitur pegangan tersembunyi yang tidak membuat tampilan semakin padat, menjadikan kesan minimalis terasa kuat. Sederhana, tapi tetap elegan dan fungsional.

5. Memanfaatkan Karakter Material

Jika rumah kebanyakan menggunakan cat untuk menutup bagian dinding dan perabotan agar memiliki tema tertentu, rumah dengan desain minimalis justru sebaliknya. Material yang digunakan akan diekspos, sehingga karakter dan teksturnya tampak jelas.

Dengan kombinasi yang tepat, hal ini bisa membantu kamu mendapatkan tampilan rumah yang sangat rapi, kombinasi seimbang dari berbagai unsur alam, tapi memiliki nilai modern yang tidak terbantahkan. Hasilnya rumah yang kamu punya akan memiliki karakter kuat dan menjadi cerminan kepribadianmu.

Opsi Menarik untuk Rumah Minimalis Sederhana

Sebenarnya akan banyak sekali opsi yang bisa dipilih jika berbicara mengenai model dan tipe rumah yang bisa menggunakan konsep ini. Tapi jika dilihat dari beberapa model sederhana yang bisa digunakan, poin di bawah ini mungkin akan memberi kamu gambaran yang lebih baik.

  • Tipe 21, dengan luas bangunan 21-meter persegi, panjang dan lebar bangunan yang digunakan bisa beragam. Memiliki satu kamar tidur yang ditempati dua orang serta ruang tamu yang terhubung dengan dapur, tipe ini cocok untuk kamu yang baru memulai jenjang pernikahan dan ingin awal yang baru
  • Tipe 36, rumah tipe kedua yang bisa jadi opsi adalah tipe 36. desainnya akan mirip dengan tipe 21, tapi dengan dua kamar tidur yang berbeda
  • Tipe 45, model ketika adalah tipe yang memiliki luas bangunan 45-meter persegi. Cocok untuk keluarga kecil dengan satu atau dua orang anak, teras depan bisa menjadi garasi untuk mobil dan masih ada taman kecil di halaman belakang

Baca Juga: 25 Ide Bisnis Rumahan dengan Keuntungan yang Menjanjikan!

Bisa memiliki hunian dengan desain rumah minimalis akan jadi goals yang baik untuk menjadi langkah berikutnya di dalam perjalanan hidup. Selain mempercayakan semua pada arsitek yang kamu andalkan, kamu juga perlu untuk menambahkan asuransi rumah yang tepat.

AXA Insurance, kemudian memiliki produk handal untuk urusan ini. Asuransi SmartHome akan menjadi pilihan yang dapat diandalkan untuk membantu kamu melindungi rumah yang kamu punya. Dengan mengklik tautan ini, kamu bisa langsung mendaftarkan diri untuk menjadi pemegang asuransi rumah yang satu ini. Dengan produk yang tepat, rencana memiliki hunian dengan desain rumah minimalis bisa terlindungi dengan baik, dan menjadi awal yang sempurna untuk perjalanan di masa yang akan datang!

* Syarat dan Ketentuan sesuai polis Asuransi SmartHome

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Desember 2023

Referensi: 

  • https://www.haibunda.com/moms-life/20191217142337-76-72573/jangan-salah-kaprah-ternyata-ini-arti-konsep-rumah-minimalis
  • https://www.dekoruma.com/artikel/81748/konsep-rumah-minimalis-modern
  • https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/gayahidup/rumah-minimalis-sederhana-ciri-ciri-dan-tipe-huniannya
  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-16371-dijual-rumah-model-minimalis-modern-id.html