5 Tips Road Trip Aman Pakai Kendaraan Pribadi

Bagi para pecinta traveling, melakukan road trip adalah hal yang wajib kamu coba. Kata road trip sendiri pasti sudah tidak asing di telinga para traveler.

Secara harfiah, road trip diartikan sebagai perjalanan darat. Istilah road trip kini kian populer sebagai pengalaman traveling menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Manfaat Melakukan Road Trip

Ternyata banyak loh manfaat road trip jika dibandingkan dengan cara travelling lainnya. Selama road trip, kamu bisa bebas menikmati banyak destinasi wisata dan menjelajahi kuliner tanpa harus terpaku dengan berbagai jadwal dan waktu.

Selain itu, tentu masih banyak keuntungan melakukan road trip, diantaranya:

  1. Dapat mengeksplorasi tempat-tempat baru tanpa batas karena menggunakan kendaraan pribadi.
  2. Bisa menentukan destinasi wisata baru atau tambahan di luar rencana sebelumnya.
  3. Mendukung untuk menjelajahi berbagai wisata kuliner sepanjang perjalanan.
  4. Menghabiskan waktu atau quality time bersama partner road trip.
  5. Perjalanan lebih bebas dan fleksibel tanpa terikat dengan jadwal dan waktu.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Road Trip

Saat road trip, kamu bisa melewati beberapa destinasi terlebih dahulu sebelum sampai ke tempat tujuan utama. Perlu diingat bahwa road trip akan sangat menyenangkan apabila dipersiapkan dengan matang. Terutama jika kamu memutuskan untuk bepergian bersama keluarga tercinta.

Apa saja sih yang wajib disiapkan saat akan melakukan road trip? Yuk simak!

1. Persiapkan dan Cek Kendaraan Pribadi Yang Akan Digunakan

Sebelum melakukan road trip, tentu kamu harus menyiapkan terlebih dahulu kendaraan yang akan digunakan, seperti mobil pribadi. Wajib hukumnya mengecek kondisi mobil sebelum melakukan road trip agar perjalanan tenang dan aman. Pastikan mesin, rem dan lampu mobil berfungsi dengan baik.

Periksa juga oli mobil, kopling, air radiator, tekanan ban, kabel dan kondisi aki. Kamu bisa langsung periksakan mobil ke bengkel terdekat.

Baca juga: Lebih Dari 9 Tempat Bersejarah Ikonik Bisa Menjadi Destinasi Wisata Menarik, Cek di sini!

2. Tentukan Destinasi Wisata Yang Akan Dikunjungi

Tujuan destinasi road trip sebaiknya dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kendaraan yang akan kamu gunakan. Pastikan kamu memilih destinasi yang tepat agar tidak membuat kamu dan partner road trip-mu drop karena kelelahan.

3. Perhatikan Kondisi Fisik

Dikarenakan perjalanan akan dilakukan berjam-jam bahkan berhari-hari, kamu wajib pastikan kondisi fisik kamu dan partner road trip-mu dalam keadaan sehat. Tetap jaga makan makanan bergizi, berolahraga, dan pastikan waktu tidurmu cukup ya.

4. Bawa Barang Secukupnya

Jika kamu melakukan road trip dengan menggunakan mobil, artinya kamu bisa membawa lebih banyak barang yang dibutuhkan selama perjalanan.

Namun, disarankan untuk tetap memilih dan membawa barang secukupnya saja. Kamu bisa sortir barang-barang yang memang akan dibutuhkan selama perjalanan.

5. Jangan Lupakan Peralatan Darurat

Untuk menghindari berbagai keadaan tak terduga di jalan, kamu wajib menyiapkan berbagai macam peralatan darurat. Seperti kotak P3K, obat-obatan, ban mobil cadangan, senter, makanan, minuman dan lain-lainnya.

Baca juga: 2 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya yang Harus Kamu Tahu

Lindungi Kendaraan dengan Asuransi Kendaraan MAGI

Persiapan lainnya yang tidak boleh terlewat saat akan melakukan road trip adalah Asuransi Kendaraan SmartDrive dari PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI).

Asuransi mobil dari MAGI akan memberikan manfaat dan perlindungan maksimal mulai dari:

  • Perlindungan dari pencurian/kehilangan mobil pribadi.
  • Perlindungan terhadap mobil penyok atau lecet saat sedang road trip.
  • Memberikan layanan derek apabila dibutuhkan selama road trip, dan masih banyak lagi.

Yuk beli asuransi kendaraan MAGI secara online dengan kemudahannya melalui AXA Mandiri myPage (www.mypage.axa.co.id) sebelum kamu memulai road trip. Preminya terjangkau dan telah dilengkapi oleh layanan survey klaim melalui video call lho.

Road trip jadi menyenangkan dan aman bersama MAGI!

*Kode promo hanya berlaku untuk pembelian secara langsung melalui AXA myPage hingga 30 Juni 2023