Sederet Barang Wajib untuk Liburan Musim Dingin dan 6 Tipsnya

Menjelang libur panjang akhir tahun, tentu agenda-agenda liburan sudah banyak kamu siapkan. Banyak tempat yang bisa menjadi opsi. Tapi satu hal yang kamu harus ingat, musim dingin sebentar lagi akan tiba, dan pengalaman seru bisa kamu dapatkan bersama keluarga tersayang ketika berlibur di negara-negara bersalju di berbagai belahan dunia.

Meski demikian, persiapan untuk berlibur ke luar negeri di musim dingin harus dilakukan dengan benar-benar matang. Bukan tanpa sebab, secara alami tubuh masyarakat Indonesia hanya terbiasa dengan dua musim saja, dan `asing` dengan salju.

Beberapa hal yang harus kamu siapkan lengkap dengan tips liburan musim dingin bisa kamu lihat di sini, dalam setiap poin yang disampaikan di bagian selanjutnya.

Baca Juga: 5 Tips Road Trip Aman Pakai Kendaraan Pribadi

Liburan Musim Dingin, Bawa Apa Aja?

Tidak sedikit dari kamu yang membaca artikel ini mungkin sudah pernah merasakan serunya liburan di negara Eropa, Amerika, atau bahkan daerah Asia Timur seperti Jepang di musim dingin. Sebagai informasi dan membantu kamu agar tidak lupa, ini barang-barang yang harus dibawa untuk liburan agar tetap nyaman dan bisa menikmati agenda.

  • Jaket, well secara jelas kamu perlu membawa jaket yang cukup tebal untuk setiap anggota rombongan yang turut serta dalam agenda ini. Kamu bisa menemukannya dengan mudah dengan kata kunci jaket musim dingin atau winter jacket di berbagai marketplace atau toko pakaian
  • Sarung tangan, menjadi gear yang wajib dibawa, bagian ujung jari menjadi bagian yang cukup sensitif dan harus dilindungi dari hawa dingin yang ada
  • Topi atau kupluk, pelindung bagian kepala juga tidak boleh dilewatkan. Kamu bisa membawa topi, kupluk, atau perlengkapan lain untuk membantu menghangatkan bagian kepala
  • Syal, perlengkapan keempat adalah syal. Selain bisa menghangatkan bagian leher, jika kamu tahu simpul yang benar kamu bisa menjadikannya aksesori yang menambah estetika penampilan
  • Kaos kaki dan sepatu, dua benda ini penting untuk melindungi bagian kaki. Pastikan kamu membawa kaos kaki yang cukup tebal, dan sepatu yang memiliki fitur anti air. Sepatu model ini bisa membantu melindungi dari es yang mencair dan masuk dari pori-pori sepatu
  • Penutup telinga, jika diperlukan penutup telinga akan menjadi tambahan yang berguna. Bisa menghangatkan telinga ketika dipakai, perlengkapan ini juga membuatmu tampak lebih keren
  • Pelembab dan tabir surya, udara dengan suhu rendah yang dirasakan saat musim dingin juga bisa membuat bibir dan kulit menjadi kering. Pelembab jadi item yang berguna untuk membantu menjaga kondisi kulit, dan tambahkan perlindungan dengan tabir surya agar paparan sinar UV tidak mengganggu kesehatan kulit
  • Travel kit, berisi obat-obatan untuk mengatasi penyakit umum akibat cuaca dingin, kamu juga bisa melengkapinya dengan tisu basah, tisu, hand sanitizer, serta masker

Tentu selain beberapa perlengkapan khusus di atas, kamu juga harus menyiapkan itinerary yang jelas, berkas-berkas legal yang diperlukan dalam rangka melakukan perjalanan ke luar negeri, tubuh yang sehat, serta asuransi perjalanan yang dapat memberikan manfaat yang kamu perlukan dalam liburan ini.

Singkat, Tips untuk Melakukan Liburan ke Luar Negeri saat Musim Dingin

Sederet perlengkapan musim dingin yang disampaikan di poin sebelumnya jadi hal wajib yang dibawa ketika liburan. Setelah semua siap, kamu bisa mencermati beberapa tips berguna di bawah ini, supaya liburanmu bersama orang-orang tersayang bisa dinikmati dengan maksimal.

1. Pastikan Semua Pakaian dan Perlengkapan

Semua perlengkapan dan kebutuhan untuk semua orang harus disiapkan dengan baik, agar tidak sampai ada yang tertinggal. Pakaian, obat-obatan, berkas-berkas, dan setiap hal yang diperlukan untuk perjalanan ini wajib dipastikan.

2. Siapkan Budget Plan

Tidak bisa disepelekan, rencana keuangan harus disiapkan dengan cermat agar kamu tidak mengalami pemborosan. Hal ini bisa disusun dari rencana perjalanan, tempat yang akan dikunjungi, aktivitas apa yang akan dilakukan, akomodasi, dan lain sebagainya.

3. Pesan Akomodasi Jauh-Jauh Hari

Semakin cepat kamu memastikan akomodasi dan melakukan pemesanan, maka semakin sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Lagipula dengan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan diri, kamu juga bisa memastikan semua berjalan lancar bukan? Pilih dengan cermat untuk akomodasi, dan pastikan semua merasa nyaman.

4. Destinasi Wisata yang Tepat

Saat merencanakan perjalanan liburan musim dingin, kamu juga sebaiknya punya susunan tujuan yang jelas. Dengan begini kamu bisa menghemat banyak waktu untuk berpindah dari satu titik ke titik lain, karena bisa disesuaikan dengan transportasi yang ada di negara tujuan.

5. Siapkan Fisik

Karena akan berhadapan dengan hawa dingin yang cukup ekstrim, maka pastikan kondisi fisik setiap anggota rombongan dalam keadaan baik. Tidak seru `kan jika sampai di negara tujuan justru kamu harus berdiam diri karena sakit? Memang biaya perawatan bisa ditanggung oleh asuransi perjalanan, tapi kehilangan momen berharga akan sulit untuk digantikan.

6. Obat-Obatan dan Pertolongan Pertama

Meski menjadi poin terakhir pada bagian kedua, tapi kamu tidak boleh mengesampingkannya. Travel kit akan sangat membantu kamu ketika harus berhadapan dengan kondisi darurat, untuk memberikan pertolongan pertama. Jangan sampai lupa membawa obat flu, obat pereda nyeri, dan obat alergi. Ada baiknya juga kamu berkonsultasi ke dokter kepercayaanmu untuk mempersiapkan fisik anggota keluarga yang turut serta, sehingga fisik semakin bugar dan siap menghadapi keseruan yang menunggu.

Lengkapi dengan Asuransi Perjalanan yang Tepat

Semua rencana sudah disusun dan semua persiapan sudah disampaikan. Pada akhirnya, memiliki asuransi perjalanan pada agenda liburan musim dingin ini juga tidak boleh dianggap sepele. Manfaat dan proteksi yang diberikan sangat bagus untuk menghindarkan kamu dari kerugian yang tidak terkontrol.

Dengan asuransi perjalanan, kamu mendapatkan jaminan biaya perawatan saat terjadi hal yang tidak diinginkan dan menyangkut kesehatan atau keselamatan. Beberapa asuransi bahkan dapat memberikan manfaat pada pembatalan liburan, sehingga kerugian yang kamu hadapi tetap terkendali.

Pilih produk asuransi perjalanan yang tepat, dan pastikan kamu memahami semua manfaat yang diberikan asuransi tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Paspor Baru, Syarat dan Biayanya (Online dan Offline)

Mempersiapkan agenda liburan musim dingin memang selalu jadi hal yang menyenangkan. Dengan semua persiapan yang dilakukan, kamu bisa menikmati keseruan liburan ini bersama orang-orang tersayang, dan menjadikannya kenangan tidak terlupakan.

Untuk mendapatkan proteksi terbaik saat liburan musim dingin, kamu bisa menggunakan produk handal dari AXA Insurance. Produk yang disiapkan untuk perjalanan keluar negeri ini adalah Asuransi SmartTravel International, yang bisa membantu kamu menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi selama liburan. Persiapan yang matang membawa kamu dan orang tersayang pada pengalaman yang tak terlupakan, agendakan sekarang juga, dan selamat menikmati liburan akhir tahunmu!

*syarat dan ketentuan sesuai polis Asuransi Perjalanan AXA

 

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Desember 2023

Referensi:

  • https://www.gotravelly.com/blog/tips-traveling-di-musim-dingin/
  • https://newfemme.co/id/artikel/detail/1706/tips-traveling-ke-negara-yang-sedang-musim-dingin
  • https://www.malbekasi.com/lifestyle/5-tempat-wisata-menarik-untuk-liburan-musim-dingin
  • https://www.idntimes.com/travel/tips/cahya-tita/tips-persiapan-liburan-saat-musim-dingin-c1c2?page=all
  • https://www.reddoorz.com/id-id/blog/uncategorized/9-perlengkapan-musim-dingin-yang-penting-untuk-kamu-bawa-selama-liburan