Kenali 12 Jenis Kunci Pintu Rumah yang Tepat dan Aman

Memberikan perlindungan yang terbaik pada hal yang disayangi jelas adalah keinginan semua orang. Tidak hanya dalam konteks hubungan dengan pasangan atau orang lain, hal ini juga termasuk pada hunian yang kamu punya. Untuk itu, sekilas mari membahas lebih jauh tentang berbagai jenis kunci pintu rumah, sebagai salah satu usaha mendasar memberikan proteksi pada apa yang kamu punya.

Tentu artikel ini ditulis tanpa bermaksud menakut-nakuti kamu yang membacanya pada berbagai risiko pembobolan yang bisa saja terjadi. Memang, ada asuransi yang dapat memberikan manfaat penggantian. Tapi jika hal ini bisa dicegah, tentu akan lebih baik kan?

Keamanan rumah akan ditunjang dengan banyak faktor. Ketika kamu liburan misalnya, maka kamu bisa memadukan kunci pintu rumah yang tepat dan aman dengan kamera pengawas atau CCTV yang dipasang di sudut strategis. Namun mari lebih jauh mendalami soal kunci pintu rumah, sebagai gerbang utama masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: 7 Tahapan dalam Cara Memulai Bisnis, Cermati Juga Tips Bergunanya di Sini!

Kunci Pintu Rumah, Bagaimana Cara Memilihnya?

Seperti yang mungkin kamu juga tahu, jenis dari kunci pintu rumah sangat beragam, bahkan sebelum kunci model elektrik atau digital dimasukkan ke dalam daftar. Kini dengan hadirnya teknologi smart home yang didukung dengan teknologi, rumah juga bisa dikunci dan dibuka menggunakan aplikasi.

Nah untuk bisa memilih kunci pintu dengan tepat, kamu bisa cermati beberapa kriteria di bawah ini. Ingat, kunci yang tepat tidak selalu kunci yang memiliki harga mahal, namun sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

  • Pertama, terkait bahan yang digunakan. Kunci pintu rumah yang baik selalu dibuat dengan bahan berkualitas yang tahan benturan, tahan cuaca, dan solid. Pada dasarnya penggunaan bahan dengan daya tahan lebih akan direkomendasikan, karena membuatnya awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang.
  • Kedua, coba sesuaikan dengan desain rumah yang kamu punya. Selain segi keamanan, pemilihan kunci pintu rumah juga bisa mempertimbangkan estetika. Kamu bisa berkonsultasi dengan arsitek atau konsultan yang kamu percaya untuk hal ini, sehingga disamping aman rumah akan tampak lebih sedap dipandang.
  • Ketiga, kenali berbagai tipe kunci pintu rumah. Menjadi bahasan utama dari artikel ini, kamu juga sebaiknya tahu berbagai jenis kunci pintu rumah yang ada sekarang. Mulai dari model selot, bergagang, tipe gembok, hingga tipe elektrik atau smart door lock, bisa jadi opsi selama kamu sudah tahu apa kelebihan dan kekurangannya
  • Keempat, kualitas dari kunci pintu yang digunakan. Apapun jenis yang nantinya kamu pilih pastikan berasal dari brand atau perusahaan yang jelas dan menjamin kualitas produknya. Agenda bepergian atau liburanmu jelas akan jauh lebih damai ketika kunci pintu yang dipakai sudah teruji dan benar-benar handal untuk melindungi rumahmu

Penjelasan Singkat 12 Jenis Kunci Pintu Rumah

Well jika benar-benar dirinci berdasarkan jenisnya, mungkin poin yang disampaikan akan mencapai puluhan. Tapi kedua belas jenis kunci pintu rumah ini sepertinya bisa memberikan gambaran umum tentang benefit yang ditawarkan, dan konsep mendasar kunci yang ada saat ini.

1. Door Knob Lock

Model ini banyak dipakai karena cukup mudah ditemui. Meski demikian tingkat keamanannya tidak terlalu tinggi, dan cukup mudah dibobol pencuri. Tapi proteksi secara mendasar tetap bisa diberikan.

2. Handleset

Kunci ini masuk jenis kunci gagang pintu, dan mekanismenya hanya di dalam satu unit saja. Jenis ini jauh lebih aman dibandingkan dengan model biasa karena cukup kuat. Tapi dari segi harga akan cukup tinggi, dan perlu perawatan rutin agar dapat berfungsi optimal.

3. Deadbolt

Jenis ketiga adalah deadbolt, yang menjadi salah satu kunci populer di Indonesia. Mekanismenya yang solid membuatnya sulit dibobol, karena hanya bisa dibuka dengan kunci fisik saja.

4. Mortise

Kunci pintu rumah jenis Mortise ini banyak ditemui pada rumah berdinding tebal dan menawarkan proteksi yang sangat baik. Mekanisme yang digunakan solid, sebab kuncinya ada di dalam frame dan papan pintunya.

5. Hand Lever

Tidak sedikit rumah yang menggunakan model hand lever untuk kunci pintunya. Meski demikian, penggunaan jenis ini lebih umum ditemukan untuk pintu di dalam rumah.

6. Barrel Bolt

Model barrel bolt mirip dengan model hand lever, yang umum digunakan untuk pintu di dalam rumah. Meski proteksinya cukup baik, namun jenis ini tidak direkomendasikan untuk pintu luar rumah.

Baca Juga: 8 Ide Warna Cat Rumah Minimalis, Mana yang Menarik Perhatian?

7. Kunci Elektronik

Modern, praktis, dan aman, kunci elektronik jadi jenis selanjutnya di dalam daftar ini. Kunci ini menggunakan kombinasi kode unik sebagai pembuka dan penutup kuncinya, atau menggunakan kartu yang ditanami dengan chip. Jelas, proteksinya lebih aman sebab sulit dibobol secara fisik.

8. Double Cylinder

Model kedelapan disebut dengan double cylinder. Model ini menggunakan kunci pada dua sisi pintu, dan memberikan tingkat perlindungan yang cukup tinggi. Kekurangannya adalah jika kamu terkunci di dalam rumah tanpa kunci cadangan, maka akan cukup sulit membukanya.

9. Keyless

Selanjutnya adalah kunci pintu rumah model keyless, atau secara harfiah diterjemahkan tanpa kunci. Model ini dapat dibuka dengan memanfaatkan teknologi bluetooth atau kode khusus yang dimasukkan secara langsung.

10. Chain Bolt

Untuk kamu yang sering berkunjung ke hotel atau apartemen, model kunci ini cukup sering digunakan. Bukan sepenuhnya membuat pintu tidak bisa dibuka, tapi kunci ini membuat pintu tidak bisa dibuka secara penuh sebelum kuncinya dilepas.

11. Sensor

Pada poin kesebelas ada model kunci yang menggunakan sensor sidik jari atau retina mata, yang jelas menawarkan perlindungan jauh lebih aman sebab kode biometrik ini hampir tidak bisa diduplikasi. Meski demikian harganya cukup mahal.

12. Smart Door Lock

Sebenarnya adalah jenis kunci modern dalam bentuk yang lain, yang bisa diintegrasikan dengan sistem smart home yang sudah kamu terapkan. Nantinya perintah buka dan tutup kunci bisa diatur melalui aplikasi yang terhubung dengan smartphone atau perangkat pintar lainnya.

Berikan Perlindungan Terbaik, Lengkapi dengan Asuransi yang Tepat

Perlindungan rumah yang kamu berikan dengan memilih jenis kunci pintu rumah yang ideal akan jadi investasi jangka panjang yang melindungi aset berhargamu. Tentu, perlindungan lain juga sebaiknya diberikan, sehingga agenda yang dilakukan dengan meninggalkan rumah seperti untuk liburan bisa dilakukan dengan nyaman tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi rumah.

Untuk melengkapi proteksi pada rumah yang kamu milik ini kamu juga bisa menggunakan produk asuransi yang tepat, seperti Asuransi SmartHome dari PT AXA Insurance Indonesia. Pada dasarnya asuransi ini akan memberikan perlindungan atas harta benda atau barang-barang yang apabila terjadi kerusakan atau kehilangan yang mengakibatkan kerugian keuangan akan dijamin sesuai dengan manfaat yang ada di dalam polis.

Dengan kombinasi perlindungan ini, liburan atau agenda lain yang dilakukan dengan meninggalkan rumah dalam waktu lama bisa dilakukan tanpa cemas dan gelisah, sebab upaya terbaik telah diberikan untuk hunian kesayanganmu.

Baca Juga: Ini Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat, Simak untuk Persiapan Mudik Lebaran

Semoga artikel tentang macam-macam jenis kunci pintu rumah di atas bisa jadi bacaan yang berguna untukmu, sehingga bisa memilih jenis kunci yang tepat untuk digunakan di rumah. Berikan perlindungan lebih baik dengan Asuransi SmartHome dari AXA Insurance Indonesia, dan nikmati waktu liburan atau bepergian secara maksimal tanpa perlu mencemaskan kondisi rumah!

Referensi:

  • https://www.rucika.co.id/trik-memilih-handle-pintu-rumah/
  • https://bp-guide.id/AXFbTE1J
  • https://kenaridjaja.co.id/inspirasi/tips-dan-trick/ketahui-apa-saja-model-tiap-tipe-kunci-cylinder-untuk-pintunya/8126
  • https://www.kuncijayamakmurbaliwerti.com/artikels/tips-memilih-kunci-pintu-untuk-rumah/
  • https://www.onassis-hardware.com/article/tips-memilih-kunci-rumah/
  • https://www.vinindo.co.id/articles/265/rekomendasi-10-merk-kunci-pintu-terbaik-untuk-rumah-aman-dan-anti-maling
  • https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/23/210000976/8-jenis-kunci-rumah-dan-plus-minusnya-mana-yang-paling-aman-?page=all
  • https://www.blibli.com/friends/blog/jenis-kunci-rumah-05/