Bingung Cara Klaim Kompensasi Delay Pesawat? Cek Artikel Ini!

Keberangkatan penerbangan yang tertunda, jadi salah satu masalah yang cukup sering terjadi dan membuat mood menjadi berantakan. Ini kenapa, delay yang terjadi kemudian diatur sedemikian rupa agar memperoleh kompensasi ideal. Tentu saja, kamu juga wajib tahu cara klaim kompensasi delay pesawat, karena apa yang diberikan menjadi hak yang kamu punya sebagai ‘korban’ kondisi ini.

Tidak main-main, aturan mengenai kompensasi delay keberangkatan penerbangan diatur dalam regulasi resmi. Pemerintah, dalam hal ini mengatur pemberian kompensasi atas keterlambatan atau delay oleh maskapai penerbangan lewat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal di Indonesia.

Jika kamu mengalami penundaan, maka maskapai akan mendapatkan sanksi sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 27 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengawasan dan Pengenaan Sanksi Administratif Terhadap Pelanggaran Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Penerbangan.

Sebagai konsumen, hak yang kamu punya benar-benar diperhatikan dengan penerapan aturan ini. Meski tentu saja tetap dianjurkan untuk memiliki ‘jaring pengaman’ lain, seperti misalnya Asuransi Perjalanan yang andal ketika berhadapan dengan masalah delay ini.

Tapi mari cermati satu per satu bahasan terkait cara klaim kompensasi delay pesawat yang kamu alami, apa saja kompensasi yang menjadi hak konsumen, dan apa benefit yang bisa didapatkan dari asuransi perjalanan sebagai kompensasi atas penundaan keberangkatan yang terjadi ini.

Baca juga: Menyiasati Harga Tiket Pesawat Mahal, Melihat Lebih Jauh Pemicunya

Kompensasi Pesawat Delay sesuai Waktu Keterlambatannya

Kompensasi yang diberikan oleh pihak maskapai akan dibagi menjadi 6 kategori utama. Pembagian ini dibedakan berdasarkan waktu keterlambatan yang dijadwalkan sebelumnya, sehingga bisa menjadi acuan untukmu menuntut hak sebagai konsumen maskapai tersebut.

Masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Kategori 1, untuk keterlambatan 30 hingga 60 menit, kamu berhak mendapatkan kompensasi berupa minuman ringan.
  • Kategori 2, untuk keterlambatan 61 hingga 120 menit, kamu berhak mendapatkan kompensasi berupa minuman dan makanan ringan atau snack box.
  • Kategori 3, untuk keterlambatan 121 menit hingga 180 menit, kamu berhak mendapatkan kompensasi berupa minuman dan makanan berat atau heavy meal.
  • Kategori 4, untuk keterlambatan 180 menit hingga 240 menit, kamu berhak mendapatkan kompensasi berupa minuman, makanan ringan atau snack box, dan makanan berat atau heavy meal.
  • Kategori 5, untuk keterlambatan lebih dari 240 menit, kamu berhak mendapatkan ganti rugi sebesar Rp300,000.
  • Kategori 6, untuk kategori ini adalah ketika maskapai melakukan pembatalan penerbangan, maka maskapai wajib mengalihkanmu dan penumpan lain ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan seluruh biaya tiket yang sudah dibeli.

Kamu sebagai penumpang juga memiliki hak untuk mendapatkan informasi terkait penyebab keterlambatan dan perkiraan waktu atau durasi penundaan penerbangan yang dilakukan. Dengan demikian hak yang kamu punya ketika berhadapan dengan keterlambatan cukup lengkap, dan diharapkan bisa mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi karena kejadian ini.

Lalu Bagaimana Cara Klaim Kompensasi Delay Pesawat Ini?

Dengan banyaknya kompensasi yang menjadi hakmu sebagai penumpang yang mengalami delay, maka penting untuk kamu tahu cara klaim kompensasi delay pesawat ini. Jangan sampai kamu kehilangan informasi berharga tersebut, dan tidak menerima hak sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Cara termudah untuk mengklaim kompensasi delay pesawat yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi perjalanan dimana kamu melakukan pembelian tiket. Namun alternatif lain dapat dilakukan, yakni dengan mengajukan klaim secara langsung di counter yang telah ditentukan.

Untuk mengajukan klaim secara langsung beberapa berkas perlu kamu siapkan, antara lain:

  • Dokumen asli boarding pass
  • Tiket perjalanan
  • Itinerary perjalanan
  • Kartu Izin Tinggal Terbatas dan Passport jika kamu melakukan perjalanan antar negara
  • Konfirmasi tertulis dari agen tentang alasan keterlambatan pesawat
  • Bukti pembayaran mengenai perubahan, tambahan, atau pengurangan perjalanan

Terdengar cukup banyak dan merepotkan, tapi demi mendapatkan hak yang telah diatur, sebaiknya kamu memahami hal ini. Jika kamu ingin menempuh cara lebih mudah, pahami syarat dan ketentuan pemesanan dan pembelian tiket di platform yang kamu gunakan. Setiap platform memiliki mekanisme klaim kompensasi delay pesawat yang mungkin berbeda, sehingga ada baiknya membaca dengan detail bagian tersebut.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Luar Negeri dari AXA Insurance, Asuransi SmartTravel Internasional

Manfaat Produk Asuransi Perjalan dalam Menghadapi Delay

Apa yang dijelaskan di atas, terkait bentuk dan cara klaim kompensasi delay pesawat, adalah hal yang diatur secara regulasi baku di Indonesia. Dengan dasar peraturan dari pemerintah, kamu harus memastikan semua hak yang dimiliki benar-benar terpenuhi oleh maskapai yang membuatmu merasa tak nyaman.

Di sisi lain, kamu juga bisa mendapatkan manfaat tambahan ketika melengkapi perjalananmu dengan asuransi yang tepat. Produk asuransi perjalanan juga akan memasukkan kondisi delay dan kerugian atau ketidaknyamanan yang muncul dalam pertanggungannya, sehingga kamu bisa memperoleh kompensasi atas apa yang dihadapi.

Beberapa manfaat utama dari Produk asuransi Perjalanan yang didalamnya memuat asuransi keterlambatan pesawat adalah sebagai berikut.

1. Perlindungan pada Biaya Tak Terduga

Produk asuransi perjalanan dengan manfaat perlindungan keterlambatan akan membantu kamu dengan memberikan proteksi pada biaya tak terduga yang muncul karena delay pesawat, seperti biaya makan, minum, atau kebutuhan lain saat terjadi risiko tersebut.

Dengan perlindungan in kamu bisa merasa lebih aman dan tenang terkait dengan potensi pembengkakan biaya perjalanan yang muncul karena penundaan keberangkatan.

2. Rasa Aman dan Nyaman

Semua manfaat yang diberikan pada asuransi perjalanan dan perlindungan keterlambatan ditujukan agar kamu tetap mendapatkan rasa aman dan nyaman meski harus menyesuaikan jadwal perjalanan dan itinerary yang sudah disusun. Setidaknya kamu akan mendapatkan sejumlah kompensasi sebagai manfaat dari asuransi yang kamu punya.

3. Ganti Rugi Akomodasi yang Digunakan

Jika penundaan keberangkatan yang kamu alami membuatmu perlu menginap di hotel, maka perlindungan keterlambatan yang diberikan adalah dengan pertanggungan biaya akomodasi. Manfaat ini sangat meringankan beban finansial dan memastikan mendapatkan tempat nyaman untuk menunggu penerbangan berikutnya.

4. Perlindungan Kerugian Rantai Penerbangan

Delay yang terjadi juga bisa membuat kamu ditinggalkan penerbangan lanjutan, yang ada pada paket pembelian tiket perjalanan. Asuransi perjalanan dengan perlindungan keterlambatan dapat memberikan manfaat pada sektor ini, sehingga kamu bisa mendapatkan biaya rebooking yang membantu mengurangi pengeluaran total.

5. Pengalaman Perjalanan yang Lebih Maksimal

Dengan adanya perlindungan dan manfaat yang diberikan, kamu bisa fokus menikmati perjalanan tanpa harus khawatir tentang pengeluaran tambahan karena delay. Manfaat yang dijanjikan akan memberi kenyamanan ekstra manakala kamu harus berhadapan dengan risiko tersebut, sehingga perjalanan jarak jauh bisa tetap berjalan lancar meski ada gangguan.

Produk Asuransi Perjalanan yang Tepat dari AXA Insurance Indonesia

Untuk urusan produk asuransi perjalanan yang bisa diandalkan, sebenarnya kamu bisa langsung menggunakan Asuransi Perjalanan dari PT AXA Insurance Indonesia, yakni Produk Asuransi SmartTravel Domestik. Produk a

suransi ini secara praktis memberikan perlindungan dan manfaat optimal jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya delay pada penerbangan yang kamu alami. Dampaknya bisa diminimalisir, sehingga agenda yang sudah kamu susun hanya perlu sedikit penyesuaian.

Baca juga: 12 Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik yang Aman

Asuransi SmartTravel Domestik menjadi salah satu andalan dari PT AXA Insurance Indonesia dalam rangka mendukung perjalanan yang kamu lakukan. Cara klaim kompensasi delay pesawat yang menjadi hakmu juga akan lebih mudah, karena sistem yang ditawarkan juga terpadu.

Segera gunakan asuransi perjalanan dari PT AXA Insurance Indonesia sekarang juga, dan rasakan semua manfaatnya untuk perjalanan yang kamu lakukan!

Referensi:

  • https://kumparan.com/jendela-dunia/cara-klaim-kompensasi-delay-pesawat-beserta-besaran-kompensasinya-23Agho8ySZg/4
  • https://www.tempo.co/hiburan/pesawat-alami-delay-ini-penyebab-dan-kompensasi-bagi-penumpang-57404
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240304223823-269-1070405/kompensasi-pesawat-delay-penumpang-bisa-dapat-rp300-ribu-lho
  • https://www.hukumonline.com/klinik/a/kompensasi-pembatalan-penerbangan-lt4e6e56a7b9e82/
  • https://www.gardaoto.com/travel/5-tips-memilih-jadwal-penerbangan-agar-terhindar-delay
  • https://blog.igloo.co.id/asuransi-keterlambatan-pesawat/#Cara_Klaim_Asuransi_Keterlambatan_Pesawat