8 Persiapan sebelum Nonton Konser Musik di Luar Negeri

Banyaknya konser musik dari bintang-bintang pop dunia belakangan ini memang jadi agenda yang menarik untuk diikuti. Satu syarat yang harus kamu penuhi, adalah kamu berhasil memenangkan war ticket di setiap sesi penjualannya.

Kalau syarat utama ini sudah kamu penuhi, maka waktunya kamu tahu hal-hal apa saja yang harus disiapkan untuk pergi nonton konser musik ke luar negeri. Well, karena tidak semua artis memasukkan Indonesia sebagai tujuan konsernya, opsi menonton di luar negeri jadi satu-satunya harapan untuk menikmati artis kesukaanmu.

Nah tanpa perlu berlama-lama lagi dalam bagian pengantar, mari cek satu per satu persiapan nonton konser musik di luar negeri supaya kamu bisa benar-benar enjoy menikmati pertunjukannya tanpa ada hambatan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi, Cocok Untuk Liburan Sekolah Anak

1. Tempat Konser dan Akses Masuk-Keluar

Selanjutnya sebelum berangkat, pastikan kamu tahu benar lokasi tempat konser, akses yang digunakan untuk masuk dan keluar, serta tata letak seat dari konser yang kamu datangi. Informasi ini sifatnya utama, supaya kamu tidak kesulitan saat datang ke sana.

Selain itu terkait akses masuk dan keluar akan membantu kamu merencanakan moda transportasi yang digunakan, atau pemilihan tempat menginap yang diperlukan. Akan lebih nyaman jika tempat menginapnya tidak terlalu jauh dari lokasi konser kan?

2. Berburu Tiket Pesawat & Hotel

Saat kamu mempersiapkan untuk menonton konser di luar negeri, pastikan sudah booking tiket pesawat dan hotel sebelumnya, kenapa? Karena biasanya tiket pesawat saat tanggal konser berlangsung dan hotel di daerah tempat konser harganya akan naik jauh lebih tinggi dari biasanya. Plus, menginap di hotel yang dekat dengan area konser akan membuat kamu jadi hemat biaya transportasi lho!

3. Siapkan ‘Tas Doraemon’

Bukan dalam artian tas berbentuk tokoh manga dan anime ini, tapi lebih kepada satu tas yang bisa dipakai membawa setiap keperluan yang kamu punya.

Barang-barang yang wajib dibawa sendiri sebenarnya cukup subjektif, tapi setidaknya kamu harus membawa dompet dengan uang tunai, e-money, kartu identitas, dan kartu lain yang diperlukan, payung atau jas hujan, obat-obatan pribadi, smartphone dan power bank.

Tas ini akan jadi barang paling penting selama menonton konser, karena semua berkas dan keperluanmu akan dimasukkan ke dalamnya.

4. Pastikan Paspor Masih Aktif

Well, akan konyol rasanya jika kamu sudah membeli tiket konser yang diinginkan, tapi ternyata masa berlaku paspor yang kamu punya sudah habis. Jelas saja dengan hal ini agenda nonton konser musik favorit bisa batal.

Sebenarnya hal ini jadi hal paling utama, mengingat kunjungan ke luar negeri selalu harus dilengkapi dengan paspor yang masih memiliki masa berlaku. Jadi cek sekarang masa berlaku paspormu, dan pastikan masih bisa digunakan.

Baca Juga: Cara Membuat Paspor Baru, Syarat dan Biayanya (Online dan Offline)

5. Persiapkan Outfit yang Pas untuk Konser Musik

Selanjutnya soal outfit. Soal ini akan banyak mempengaruhi kenyamanan dan kepercayaan dirimu ketika datang ke konser musik, terlebih di luar negeri. Berbicara dalam konteks umum, ketika berkunjung ke negara yang berbeda iklim jelas harus ada persiapan khusus.

Pastikan kamu memperhatikan kenyamanan ketika memilih pakaian, dan tidak hanya fokus pada tampilannya saja. Feed Instagram jelas penting, tapi jika sampai kamu demam karena kedinginan akibat salah memilih outfit, akan terasa konyol bukan?

6. Uang Cadangan

Menyiapkan sejumlah uang untuk keperluan akomodasi harus direncanakan dengan baik. Tapi untuk berjaga-jaga, kamu juga perlu menyiapkan uang tambahan. Memang tidak ada yang ingin sesuatu terjadi. Tapi setidaknya jika risiko muncul, kamu bisa mengatasinya secara langsung tanpa harus kebingungan.

Risiko yang dimaksud misalnya saja kehilangan paspor atau kartu identitas, kemudian kehilangan barang, atau tiba-tiba kondisi badan drop saat berada di negara orang.

7. Jaga Kesehatan

Nonton konser musik di luar negeri perlu fisik yang sehat dan bugar supaya kamu bisa menikmati setiap momen serunya. Sebaiknya kamu mulai rutin olahraga, banyak makan makanan sehat, dan suplemen jika diperlukan.

Untuk kamu yang punya kondisi kesehatan khusus, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kepercayaanmu sebelum berangkat. Sampaikan keperluanmu untuk nonton konser musik, dan mintalah rekomendasi treatment, obat, atau rekomendasi lain yang bisa mendukung agendamu ini.

8. Lengkapi Perjalanan dengan Asuransi Terpercaya

Sangat direkomendasikan untuk melengkapi perjalanan ke luar negeri dalam rangka nonton konser musik favorit dengan asuransi perjalanan yang berkualitas. Asuransi yang tepat bisa memberikan perlindungan pada kondisi tidak diinginkan.

Tentu saja setiap perusahaan asuransi juga berharap yang terbaik untuk perjalanan yang kamu lakukan, yang artinya agar asuransi yang digunakan tidak sampai terpakai. Tapi untuk berjaga-jaga dan menghindari pengeluaran lebih besar, asuransi ini rasanya perlu kamu punya.

Baca Juga: 5 Tips Road Trip Aman Pakai Kendaraan Pribadi

AXA Insurance Indonesia, kemudian menawarkan asuransi perjalanan berupa Asuransi Perjalanan Internasional yang bisa mendampingi perjalananmu menonton konser musik di luar negeri. Dengan benefit yang menyeluruh, kamu bisa dengan mudah mendapat perlindungan di banyak sekali negara di dunia. Perjalanan aman dan seru yang kamu dambakan bisa terwujud bersama dengan AXA Insurance dengan asuransi handalnya. Klik link-nya sekarang, dan dapatkan informasi lengkap soal Asuransi SmartTravel International sekarang juga!

*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA myPage hingga 31 Desember 2023

Referensi: 

  • https://www.listerine.co.id/artikel/5-tips-sebelum-nonton-konser-di-luar-negeri
  • https://torch.id/blogs/news-and-updates/outfit-nonton-konser
  • https://www.enervon.co.id/article/5273/tips-nonton-konser
  • https://life.indozone.id/news/43799035/6-hal-yang-harus-disiapkan-sebelum-nonton-konser-nomor-5-sepele-tapi-penting