7 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi, Cocok Untuk Liburan Sekolah Anak

Liburan sekolah telah tiba! Waktunya untuk mengajak anak pergi berlibur ke tempat wisata yang menarik. Selain untuk menikmati waktu bersama keluarga, Ayah dan Bunda bisa menyisipkan edukasi hal baru di setiap perjalanan lho. Salah satu caranya dengan memilih destinasi wisata edukasi.

Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata edukasi bisa memberikan pengalaman dan melatih keahlian si kecil. Sebagai orangtua, tentu Anda ingin memberikan banyak pengetahuan baru lewat hal menarik ke buah hati. Kali ini MAGI akan merekomendasikan tempat wisata edukasi yang bisa Anda jelajahi. Yuk simak!

Baca juga: Rekomendasi 5 Wisata Luar Negeri dengan Penerbangan Singkat!

1. Science Centre Singapore

Tempat wisata edukasi pertama yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil adalah Science Centre di Singapore. Pusat pengetahuan yang terletak di Jurong Timur ini menawarkan banyak petualangan dan pertunjukan ilmiah menarik untuk generasi Newton berikutnya. Serta tempat wisata edukasi ini cocok untuk Anda mengenalkan dan menumbuhkan kreativitas si kecil pada sains dan teknologi melalui imaginasi dan pengalaman yang menarik untuk diikuti.

2. Scienceworks Australia

Jika ingin bepergian ke Australia, Anda wajib mengunjungi tempat wisata edukasi di Melbourne bersama si kecil. Nikmati berbagai permainan yang seru dan menantang. Anak dapat mengeksplorasi banyak hal baru seperti bidang robotika, listrik, antariksa hingga magnet. Tempat wisata edukasi ini cocok untuk Anda yang memiliki anak dengan rentang usia yang beragam, karena usia masuknya tidak dibatasi!

3. Port of Nagoya Public Aquarium Jepang

Di Jepang, terdapat akuarium yang mendukung si kecil untuk berinteraksi bersama biota laut. Jangan sampai Anda melewatkan pertunjukan tornado mawashi, sekumpulan ikan mawashi atau Japanese Pilchard yang terdiri dari 35 ribu ekor ikan berenang dan berputar membentuk tornado. Masih banyak pengalaman seru lainnya yang bisa Anda temukan di sini!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jepang yang Harus Dikunjungi dan Rincian Biayanya

4. Legoland Malaysia

Tempat wisata edukasi yang cocok untuk memanjakan si kecil dan dekat dengan Indonesia adalah Legoland Malaysia. Bagi anak-anak, tempat wisata edukasi satu ini akan menjadi salah satu tempat liburan yang istimewa. Anak-anak bisa melihat banyak bangunan dan miniatur yang terbuat dari lego dengan warna-warna menarik. Anda tidak perlu khawatir akan fasilitas yang disediakan, bahkan Legoland dilengkapi dengan hotel dan waterpark lho!

5. Taman Nasional

Jika ingin mengajak anak berbaur dengan alam, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata alam seperti taman nasional. Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa menjajaki banyak taman nasional dengan keindahan alam yang asli di Indonesia. Terdapat kurang lebih 55 taman nasional yang ada di wilayah Indonesia, seperti beberapa taman nasional terkenal berikut ini:

  • Taman Nasional Komodo
  • Taman Nasional Ujung Kulon
  • Taman Nasional Way Kambas
  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

6. Bali Safari & Marine Park

Adalah salah satu referensi tempat wisata edukasi di Indonesia untuk mengajak anak mengenal hewan secara langsung. Ada berbagai koleksi hewan di tempat ini, mulai dari kuda, gajah, zebra, hingga hewan buas seperti macan dan harimau. Dengan menaiki bus khusus, anak-anak akan puas melihat hewan-hewan di alam terbuka seperti habitat aslinya.

7. Taman Pintar Yogyakarta

Saat berlibur ke Yogyakarta, Anda wajib mengunjungi wisata edukasi terpopuler di sana, yakni taman pintar. Taman yang dikelola langsung oleh pemerintah daerah setempat menjadi sarana belajar bagi para siswa dan pengunjung. Terdapat beberapa zona dan wahana dengan tema khusus, seperti zona replika, zona otomotif dan zona lainnya.

Tempat ini memiliki science teater di mana anak bisa menambah ilmu terkait sains, belajar alat peraga fisika, hingga mengenal dunia astronomi. Anak-anak juga dapat mengetahui dan mengenal berbagai hal menarik, mulai dari zona kehidupan purba hingga menonton film mengenai letak tata surya. Tarif masuk ke Taman pintar ini juga cukup terjangkau!

Liburan Bersama si Kecil dengan Aman Bersama MAGI Yuk!

Yuk buat liburan yang berkesan dan aman bersama anak dengan asuransi travel dari Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Hindari berbagai risiko yang sering terjadi saat liburan, seperti sakit, kecelakaan, kehilangan barang, keterlambatan perjalanan hingga kematian.

Jangan ragu juga untuk melengkapinya dengan asuransi perjalan yang terpercaya, seperti yang disediakan PT Mandiri AXA General Insurance (“MAGI”) khusus untuk Anda. Anda dan keluarga bisa menggunakan Asuransi Perjalanan Internasional (nama produk Asuransi Perjalanan AXA) untuk mendukung agenda perjalanan ke luar negeri, dan Asuransi Perjalanan Domestik (nama produk Asuransi Mandiri Travel Domestik) untuk wisata edukasi di dalam negeri.

Terlebih kini, MAGI memiliki AXA Travel Assistance yang akan bantu Anda dan keluarga setiap saat jika ada kejadian yang tidak diinginkan atau ada beragam pertanyaan yang ingin ditanyakan mulai dari sebelum perjalanan wisata edukasi atau saat perjalanan.