2 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya yang Harus Kamu Tahu

Mobil yang kamu punya tentu tidak sekedar menjadi kendaraan, tapi teman paling diandalkan ketika kamu melakukan perjalanan. Ini kenapa, kamu harus melindungi mobil kesayangan ini sepenuh hati, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, mobil bisa tetap diselamatkan, atau setidaknya kamu terhindar dari kerugian finansial yang besar. Dalam hal ini, mengenal berbagai jenis asuransi mobil menjadi penting agar kamu bisa memberikan proteksi terbaik pada kendaraanmu ini.

Baca Juga: BBM Resmi Naik, Lindungi Mobil Bareng MAGI Tanpa Bikin Dompet Bocor!

Jenis Asuransi Mobil

Sebenarnya secara umum, jenis asuransi mobil yang ada di dunia asuransi dibagi ke dalam dua jenis besar, yakni jenis Comprehensive, dan jenis Total Loss Only atau dikenal dengan sebutan TLO. Namun demikian pada beberapa produk asuransi kendaraan lain, proteksi untuk kendaraan yang kamu punya juga bisa dibagi ke dalam dua jenis berbeda.

Masing-masing penjelasannya akan disebutkan pada poin singkat di bawah ini.

1. Asuransi Comprehensive

Asuransi Comperhensive merupakan jenis asuransi yang akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan. Jadi kamu akan mendapatkan proteksi dari semua jenis kerusakan kendaraan, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga bahkan kehilangan kendaraan.

Jenis asuransi ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dari pada asuransi Total Loss Only, karena ada perbedaan pada proteksi yang diberikan antara keduanya.

Lebih lanjut asuransi ini juga mencakup pertanggungan yang lebih luas dan manfaat yang diberikan akan lebih banyak. Selain pertanggungan karena kecelakaan atau kehilangan, asuransi comprehensive dapat diterima dengan beberapa premi tambahan berikut:

  • Jaminan perluasan banjir, badai angin dan kerusakan akibat air
  • Jaminan perluasan gempa bumi
  • Jaminan perluasan kerusuhan, serangan dan keributan sipil
  • Jaminan perluasan terorisme
  • Jaminan perluasan kerugian pihak ketiga
  • Jaminan perluasan kecelakaan diri penumpang dan atau pengemudi
  • Jaminan perluasan tanggung jawab hukum terhadap penumpang

Kamu bisa dengan mudah menanyakan informasi lengkap terkait asuransi perluasan ini pada perusahaan tempat kamu membeli produk asuransi mobil atau kendaraan.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis kedua adalah Asuransi Total Loss Only. Jenis ini merupakan asuransi mobil yang dapat diajukan akibat kehilangan dan total loss akibat kecelakaan. Total loss akibat kehilangan yaitu kehilangan yang disebabkan oleh pencurian oleh orang yang tidak dikenal dan akibat pencurian karena kekerasan. Total loss akibat kecelakaan jika biaya perbaikan sudah mencapai 75%.

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

Serupa dengan banyak asuransi lain yang mungkin sudah kamu baca sebelumnya, asuransi mobil atau asuransi kendaraan ini juga memiliki manfaat yang cukup besar dalam rangka proteksi kerugian finansial yang mungkin terjadi. Beberapa manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Rasa Tenang dan Aman

Dengan memiliki jenis asuransi mobil yang tepat, kamu akan menjadi lebih tenang dan tenteram atas segala risiko yang muncul selama kamu memiliki dan mengendarai mobil kesayanganmu ini. Berbagai risiko akan ditanggung, dan menghindarkan kamu dari kerugian finansial yang besar. Di waktu yang sama, hal ini juga bisa menjadi tindakan preventif, dan penanggulangan kerugian ketika hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Membantu Pengelolaan Keuangan

Kenapa dapat membantu mengelola keuangan? Sebab dengan adanya pembayaran secara rutin pada asuransi yang digunakan, kamu akan lebih cermat dan hemat dalam menggunakan uang. Hal yang sama juga dirasakan saat hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu bisa mengurangi pengeluaran tak terduga yang mungkin muncul dan nilainya tidak kecil.

3. Memberi Jaminan Risiko pada Kerugian

Adanya jaminan dari risiko kerugian menjadi manfaat berikutnya dari kepemilikan asuransi mobil. Hal ini akan sangat terasa ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat kamu mengendarai mobilmu. Kerugian yang muncul akan ditanggung dan dibantu oleh perusahaan asuransi yang kamu miliki, jadi beban yang muncul akan dapat diringankan secara signifikan.

Baca Juga: 3 Aktivitas Seru Untuk Pecinta Otomotif Sebagai Bentuk Self Reward

Pada akhirnya, memilih jenis asuransi mobil yang tepat akan jadi kunci bagaimana kamu mempersiapkan diri menghadapi situasi yang tidak diinginkan di kemudian hari. Dengan produk yang tepat, kerugian yang muncul bisa ditekan nilainya, dan membuat kondisi finansial tetap terjaga bilamana hal tersebut terjadi.

Untuk produk dan jenis asuransi mobil yang tepat, kamu bisa menggunakan Asuransi Smart Drive yang disediakan oleh PT Mandiri AXA General Insurance (“MAGI”). Asuransi ini bisa membantu kamu melindungi mobil yang kamu sayangi dari risiko mogok, lecet, penyok, kehilangan kunci, kecurian, hingga kejadian yang tidak diinginkan di jalanan. Bebaskan pikiran dan kekhawatiranmu dengan asuransi mobil dari MAGI, dan nikmati perjalanan #AsikTanpaPanik sekarang juga bersama asuransi ini!


*Kode promo berlaku untuk pembelian secara langsung di AXA Mandiri myPage hingga 31 Desember 2023