15 Wisata Religi Islami Paling Indah di Indonesia & Luar Negeri

Memasuki bulan suci Ramadan, bukan hanya menjadi momen untuk menjalankan ibadah puasa namun banyak kegiatan dan kebiasaan baik lainnya yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah melakukan perjalanan ke tempat wisata religi.

Apa Itu Wisata Religi?

Wisata religi adalah bentuk kegiatan pariwisata yang bertujuan untuk melakukan kegiatan keagamaan. Contohnya, umat muslim yang familiar dengan kegiatan ziarah ke tempat-tempat bersejarah Islam dan tadabur alam. Bahkan, umat muslim memang dianjurkan untuk melakukan traveling dengan tujuan membuka hati serta pikiran agar dapat mensyukuri dan merenungkan kebesaran ciptaan Allah SWT yang ada di bumi. Hal tersebut disebutkan langsung lho pada ayat Al-Qur’an surat Al-Hajj ayat 46.

Itulah sebabnya, kita diajarkan mengenai tadabur alam sebagai bentuk rasa syukur terhadap kebesaran Allah SWT. Tadabur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal Allah SWT dan akan membersihkan diri dan jiwa dari energi negatif serta sebagai rasa syukur atas karuniaNya. Salah satunya dengan melakukan wisata religi ke tempat – tempat yang kental akan peradaban Islam.

Rekomendasi Destinasi Wisata Religi di Indonesia dan Luar Negeri

Ada banyak sekali tempat wisata religi di dunia yang bisa dikunjungi dan tidak akan cukup jika harus disebutkan semua. Oleh karena itu, MAGI merekomendasikan beberapa tempat wisata religi terindah di Indonesia dan luar negeri yang bisa Anda jelajahi!

1. Mekkah, Arab Saudi

Mekkah merupakan tempat umat muslim dapat melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Selain untuk beribadah, kamu dapat mengunjungi situs bersejarah seperti berziarah ke makam sahabat nabi atau Gua Hira. Namun sebelum melakukan ibadah haji, kamu harus ketahui syarat wajibnya yaitu harus mampu secara fisik maupun mental.

2. Madinah, Arab Saudi

Salah satu kota terindah yang harus masuk wishlist kamu saat bulan suci Ramadan. Kamu dapat berkunjung ke Komplek Masjid Nabawi yang memiliki arsitektur yang begitu indah. Pun, kamu bisa menikmati keindahannya saat siang dan malam hari dengan pemandangan yang berbeda saat payung masjid terbuka / tertutup.

3. Ziarah Wali Songo di Pulau Jawa

Wali Songo merupakan sosok yang sudah menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa pada abad ke-14. Makam Wali Songo pun menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sering dikunjungi oleh peziarah. Sembilan makam Wali Songo tersebar di Jawa Timur (5 makam), Jawa Tengah (3 makam) dan Jawa Barat (1 makam).

4. Masjid Baiturrahman, Aceh

Selain menjadi peninggalan kerajaan Aceh, masjid Baiturrahman adalah simbol perjuangan masyarakat Aceh pada saat penjajahan Belanda. Masjid Baiturrahman menjadi ikon istimewa Provinsi Aceh karena tetap bertahan di tengah bencana tsunami Aceh tahun 2004 silam.

5. Al Quds, Yerusalem

Salah satu destinasi idaman untuk wisata religi dan merupakan salah satu kota suci di dunia. Al Quds merupakan kota tertua dan terletak pada dataran tinggi di pegunungan Yudea yang berada di antara laut tengah dan laut mati. Kamu bisa mengunjungi Baitul Maqdis yang di dalamnya terdapat Masjid Al Aqsa yang diberkahi oleh Allah SWT dan sebagai kiblat pertama umat muslim.

6. Istanbul, Turki

Salah satu wisata religi yang dipilih oleh banyak umat muslim dan memiliki keindahannya yaitu Istanbul. Kamu bisa mengunjungi Hagia Sophia yang diakui oleh UNESCO sebagai Area Bersejarah Istanbul sejak tahun 1985. Hagia Sophia sudah menjadi saksi bisu sejarah transisi rezim yang menguasai Istanbul (Konstantinopel) selama 15 abad terakhir. Hagia Sophia cocok dijadikan wisata religi bagi umat Islam untuk mengingat kembali sang penakluk muda Konstantinopel, Muhammad al-Fatih (Mahmed II).

7. Indonesian Islamic Art Museum

Museum yang terletak di Lamongan, Jawa Tengah ini menyimpan banyak koleksi seni dan artefak peninggalan kerajaan Islam yang berharga. Semua sejarah peradaban Islam di Indonesia bisa Anda saksikan di sini.

 

8. Masjid Menara Kudus Al-Aqsa, Jawa Tengah

Terletak di kota Kudus Jawa Tengah dan merupakan salah satu masjid yang berperan dalam sejarah perkembangan Islam di pulau Jawa. Pada saat masjid ini dibangun, batu yang diletakkan pertama adalah berasal dari Baitul Maqdis, maka dari itu masjid dinamakan Masjid Al-Aqsa. Namun, jika kamu melihat dengan teliti, arsitekturnya terlihat seperti candi yang merupakan akulturasi budaya Jawa – Hindu dengan Islam lho!

9. Melihat Peradaban Islam Eropa di Andalusia

Andalusia pernah menjadi pusat peradaban Islam di Eropa pada masa kekhalifahan bani Umayyah. Banyak sekali bangunan Islam khas Muslim Moor atau yang dikenal dengan Arsitektur Mudejar, seperti:

  • Alhambra, kompleks istana Kerajaan Moor yang juga masuk ke dalam list UNESCO World Heritage.
  • Mezquita de Cordoba, gereja yang dibagi menjadi 2 bagian saat Muslim menguasai Andalusia pada tahun 711.
  • Realez Alcazares de Sevilla, istana kerajaan yang dibangun oleh raja Muslim Moor. Hingga saat ini terkenal dengan arsitektur terindah di Spanyol dan juga masuk ke dalam list UNESCO World Heritage.

10. Wisata Alam Gunung Sinai, Mesir

Saat bulan Ramadan, jalanan di kota-kota Mesir akan dihiasi dengan lentera tradisional berwarna-warni yang disebut Fanous. Banyak juga kegiatan khusus yang dilakukan saat bulan Ramadan yang membuat puasa menjadi lebih istimewa. Selain itu, Anda bisa melakukan wisata religi ke Gunung Sinai, tempat di mana Nabi Musa AS berbicara langsung dengan Allah SWT. Melansir dari bbc, jalur pendakian Sinai disebut-sebut sebagai jalur pendakian terbaik lho sahabat muslim.

11. Istana Maimun, Sumatera Utara

Dibangun pada tahun 1888, Istana Maimun adalah salah satu peninggalan Kesultanan Deli yang menyimpan banyak sejarah di bawah kepemimpinan Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Istana ini kental dengan corak melayu dan memadukan gaya arsitektur budaya eropa serta Persia.

 

12. Masjid Tiban Malang, Jawa Timur

Lebih dikenal dengan masjid pintu seribu di Malang, Jawa Timur merupakan salah satu masjid dengan bangunan terunik di Indonesia. Bangunan masjid ini sangat besar dan megah yang identic dengan warna biru. Setiap lantai digunakan sebagai tempat aktivitas para santri yang berfungsi sebagai pondok pesantren bagi para santri dari seluruh daerah di Indonesia.

13. Fez, Maroko

Siapa sangka nama kota yang jarang terdengar, tapi termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata religi yang harus dikunjungi jika kamu ingin mengetahui lebih dalam terkait perkembangan sejarah islam. Kamu bisa mengunjungi Masjid Al Karaouine yang merupakan universitas pertama di dunia.

14. Amman, Yordania

Salah satu wishlist yang wajib kamu kunjungi saat wisata religi yaitu kota Amman di Yordania. Jika kamu adalah pecinta bangunan dengan arsitektur kuno yang menawan, maka kamu bisa mengunjungi Amman Citadel, Masjid King Abdullah, Roman Theatre, Wakal Street dan masih banyak lagi.

15. Masjid Terapung, Makassar

Masjid Amirul Mukimin atau Masjid Terapung adalah masjid yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Dibangun dengan arsitektur berbentuk menyerupai rumah panggung tradisional Makassar serta Bugis. Dan masjid ini didominasi oleh warna putih dengan paduan abu – abu yang memberikan kesan teduh dan nyaman.

Persiapkan Wisata Religimu Bareng Smart Travel

Destinasi wisata religi yang MAGI sebutkan memiliki lokasi yang beragam, mulai yang ada di berbagai kota di Indonesia hingga ke luar negeri. Namun, dari semua destinasi wisata religi tersebut, akan mengajarkan umat muslim bagaimana keagungan Allah SWT.

Persiapkan wisata religimu dari sekarang bersama Smart Travel dari Mandiri AXA General Insurance (“MAGI”), perlindungan asuransi perjalanan yang akan bantu dan berikan keamanan serta kenyamanan untuk kamu. Mulai dari perlindungan domestik dengan produk Asuransi Mandiri Travel Domestik hingga perjalanan internasional ke luar negeri dengan produk Asuransi Perjalanan AXA, MAGI akan memberikan perlindungan dari risiko sakit / kecelakaan, keterlambatan perjalanan dan bagasi, serta masih banyak lagi!*

* Syarat dan ketentuan asuransi mengikuti ketentuan polis asuransi
*Promo berlaku untuk pembelian secara langsung melalui AXA Mandiri myPage dengan periode 8 Maret – 30 April 2023

Source:

  • https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/141648778/9-lokasi-makam-wali-songo-destinasi-wisata-religi-di-pulau-jawa?page=all
  • http://www.catatantraveling.com/2015/08/wisata-Andalusia-Spanyol.html
  • https://travel.wego.com/berita/tempat-wisata-religi-bernuansa-islami-di-indonesia/
  • https://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-44927065
  • https://katadata.co.id/agung/berita/62504c205e012/12-rekomendasi-wisata-religi-bersejarah-di-indonesia
  • https://www.adira.co.id/detail_berita/metalink/9-wisata-religi-untuk-umat-islam-di-dunia
  • https://eticon.co.id/wisata-religi-islam/