Kasus Covid-19 Naik! Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah

Waduh, masa liburan sekolah anak sudah selesai. Waktunya si kecil untuk masuk sekolah dan memulai aktivitas pembelajaran seperti biasa. Tapi, kabar tidak menarik seputar angka kasus Covid tentu bikin para orang tua khawatir saat harus melepas anaknya kembali ke sekolah. Oleh karena itu, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh orang tua, salah satunya adalah menjaga kesehatan buah hati agar tetap sehat.

Tips Menjaga Imun Tubuh Anak Agar Tetap Sehat Saat di Sekolah

Untuk menjaga kesehatan anak di tengah kondisi pandemi Covid, tentu kita harus konsisten menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan. Selain itu, cara untuk melindungi anak dari virus Covid saat masuk sekolah adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh mereka.

Berikut cara agar memperkuat daya tahan tubuh anak:

1. Beri Asupan Makanan Bergizi

Memberi makanan dengan kandungan gizi seimbang sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan anak. Pastikan asupan karbohidrat, protein, serat, vitamin dan lemak pada makanan anak sesuai porsi dan kebutuhannya. Ayah Bunda bisa memilih makanan yang kaya akan antioksidan seperti bayam, wortel, buah beri dan lain-lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Ingat! Makan sehat bukan berarti makan banyak dan berlebihan. Jadi, tetap atur porsi makanan yang diberikan kepada anak ya bun. Nah, untuk menghindari penyebaran Covid di sekolah, anak bisa membawa bekal makanan dari rumah. Selain lebih terjamin kebersihannya, Anda bisa mengontrol asupan gizi dan porsi makan anak.

2. Atur Waktu Tidur Anak

Baik orang dewasa maupun anak-anak wajib memiliki pola tidur yang baik. Kekurangan waktu tidur dapat menghambat produksi sitokin, yakni protein yang berfungsi untuk melawan infeksi dan peradangan. Kondisi tersebut dapat membuat daya tahan tubuh anak menjadi lemah dan mudah diserang penyakit.

Perhatikan waktu tidur ideal anak berdasarkan usianya berikut ini:

  • 3-5 tahun: 10-13 jam
  • 6-13 tahun: 9-11 jam
  • 14-17 tahun: 8-10 jam

Baca juga: Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

3. Simpan Starter Kit Siaga Covid di Tas Anak

Jangan pernah lengah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pada anak saat di sekolah. Mengingat kasus Covid yang kembali tinggi di DKI Jakarta dan anak masih harus sekolah tatap muka, maka orang tua harus memastikan protokol kesehatan anak terjaga saat di sekolah.

Siapkan beberapa perlengkapan berikut ini di tas sekolah anak :

  • Masker cadangan
  • Hand sanitizer
  • Tisu basah dan tisu kering
  • Sabun

Selalu edukasi anak untuk rajin mencuci tangan ketika mereka sedang di sekolah. Anda bisa menyesuaikan peralatan pribadi lainnya yang harus dibawa, seperti vitamin tambahan, botol minum, alat makan hingga alat ibadah.

4. Lengkapi Vaksin Anak

Vaksin bertujuan untuk meningkatkan imunitas anak dan mengurangi risiko buruk dari penularan berbagai jenis penyakit atau virus. Program imunisasi anak sendiri sudah harus dilakukan mulai dari si kecil lahir. Vaksin susulan lainnya seperti vaksin Covid juga tidak kalah pentingnya.

Mengingat virus corona merupakan virus baru yang saat ini masih menjadi pandemi, tentu tubuh membutuhkan booster baru seperti vaksin agar bisa meminimalisir gejala saat terjadi penularan. Jika si kecil sudah di usia yang cukup untuk vaksin Covid (6 tahun) segeralah untuk mendapatkan dosis vaksin yang sesuai agar anak tetap terlindung saat melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

5. Lengkapi Asuransi Kesehatan

Pentingnya memiliki asuransi dari sekarang untuk melindungi anak dari kondisi kesehatan yang tidak terprediksi. Selain menjaga daya tahan tubuh anak agar tetap kuat, orang tua juga perlu menyediakan payung ketika sewaktu-waktu anak sakit dan memerlukan biaya pengobatan yang besar. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya asuransi kesehatan.

Asuransi Kesehatan dari Mandiri AXA General Insurance (MAGI)

Pernah terpikirkan saat salah satu anggota keluarga jatuh sakit dan harus terhalang untuk berobat karena faktor biaya? Itulah mengapa memiliki asuransi kesehatan dari sekarang sangatlah penting. Asuransi kesehatan dari MAGI bisa menjadi pilihan tepat untuk memaksimalkan perlindungan kesehatan Anda dan keluarga.

Anda dapat menikmati banyak keuntungan seperti menjaga cash flow atau rencana keuangan, 24 jam akses pelayanan kesehatan, jaringan rumah sakit dan klinik rekanan yang sangat luas, dan diskon premi sebesar 50% untuk pembelian asuransi keluarga anak kedua dan seterusnya! Gunakan diskon spesial hingga 20% dengan kode promo belidimagi.

Yuk, lengkapi perlindungan anak di sekolah dengan asuransi kesehatan!