Tata Cara Pengajuan Klaim

Seiring dengan kemajuan teknologi dan mewujudkan salah satu nilai AXA ‘Customer First’, PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance) memiliki terobosan – terobosan terbaru khususnya untuk pengajuan klaim yang mudah kapanpun dan dimanapun. Simak cara pengajuan klaim AXA Insurance yang terbaru!

1. Asuransi Kesehatan SmartMedicare

  • Bagi Anda nasabah asuransi kesehatan SmartCare Executive atau International Exclusive. Kini AXA Insurance memiliki teman sejati bernama Emma yang dapat membantu Anda dalam pengajuan klaim dan proses reimbursement yang lebih mudah.

*Terdaftar di OJK dengan nama Asuransi SmartCare Executive dan Asuransi International Exclusive
Ajukan Klaim Asuransi SmartMedicare
Cek dibawah ini untuk syarat dan kelengkapan dokumen:

No Dokumen yang dibutuhkan Tipe Klaim
Rawat Inap Rawat Jalan Kecelakaan Hospital Cash Kematian Koordinasi Manfaat
1 Form klaim yang telah diisi lengkap v v v v v v
2 Resume medis lengkap yang diisi lengkap oleh dokter yang merawat, v v v v v v
3 Kuitansi asli & detail biaya perawatan, fotokopi resep obat v v v v v v
4 Fotokopi hasil pemeriksaan lab, rontgen (pemeriksaan diagnostic) v v v v - v
5 Fotokopi identitas v v v v v v
6 Surat kuasa asli untuk permintaan data medis ke Rumah Sakit v v - v - -
7 Fotokopi SIM & laporan investigasi dari pihak polisi setempat (apabila kecelakaan) v v v - v v
8 Surat pernyataan asli dengan detail pembayaran klaim dari Asuransi lain/BPJS (hanya untuk koordinasi manfaat) - - - - - v
9 Kuitansi asli atas kelebihan pembayaran perawatan (jika hanya koordinasi manfaat & untuk klaim diatas 5 juta rupiah dan diatasnya disertakan materai 10,000) v v v v - v
10 Surat pernyataan penjaminan oleh BPJS (untuk pengajuan koordinasi manfaat) - - - v - v

2. Asuransi Perjalanan SmartTravel

Kini, perjalanan Anda dan keluarga menjadi mudah dan lebih nyaman dengan pengajuan klaim melalui Emma. Cukup scan seluruh kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dan isi informasi secara lengkap pada link tersebut. Klaim Anda telah kami terima dan akan di proses sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

*Terdaftar di OJK dengan nama Asuransi Perjalanan AXA
Ajukan Klaim Asuransi SmartTravel

Cek dibawah ini untuk informasi kelengkapan dokumen:

No Jenis Klaim Dokumen yang diperlukan
1 Umum untuk semua jenis klaim
  • • Formulir Klaim
  • • Asli Boarding Pass, Tiket atau Itinerary
  • • Passport/KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas)
  • • Bukti apabila mengalami kerugian
Tambahan dokumen sesuai jenis klaim yang diajukan:
2 Kecelakaan diri, Biaya Pengobatan dan Evakuasi Pemulangan Jenazah
  • • Surat Keterangan Medis atau Sertifikat Kematian
  • • Asli Invoice and kuitansi
  • • Copy Kartu Identitas Ahli Waris dan Kartu Keluarga
3 Bagasi & Barang Milik Pribadi, Dokumen Perjalanan
  • • Surat Polisi
  • • Surat Keterangan Kerusakan/Kehilangan dari Maskapai, Pengangkut atau Pihak yang berwenang
  • • Dokumentasi penyelesaian dari pihak pengangkut/penolakan klaim untuk kehilangan barang
  • • Asli kuitansi/invoice barang yang di klaim – hanya untuk klaim bagasi dan barang pirbadi. (Jika tidak tersedia, mohon dilengkapi info jenis barang, tanggal, tempat dan harga barang yang di klaim).
  • • Foto kerusakan barang
  • • Asli Invoice atau bukti pembayaran penerbitan passport baru – hanya untuk klaim dokumen perjalanan
4 Pengurangan Perjalanan, Kehilangan Uang Muka/Pembatalan
  • • Surat Keterangan Medis atau Sertifikat Kematian – jika ada
  • • Asli invoice/bukti pembayaran untuk perubahan atau tambahan perjalanan – untuk pengurangan perjalanan
  • • Konfirmasi pengembalian uang muka dari pihak hotel/travel agen/maskapai/pengangkut
  • • Copy Kartu Identitas Ahli Waris dan Kartu Keluarga
5 Keterlambatan Bagasi, Keterlambatan Perjalanan, Penerbangan tidak Sinambung
  • • Konfirmasi tertulis dari maskapai atau agen perihal alasan dan lamanya keterlambatan
  • • Asli bukti pembelian darurat – hanya untuk klaim keterlambatan bagasi
  • • Tanda bukti penerimaan bagasi
6 Tanggung Jawab Hukum Pribadi, Perlindungan Isi Rumah, Risiko Sendiri dari Sewa Kendaraan, Perlindungan Peralatan Golf
  • • Surat Polisi
  • • Surat Tuntutan dari pihak ketiga
  • • Asli bukti pembelian barang yang di klaim. Jika tidak tersedia, mohon dilengkapi info jenis barang, tanggal, tempat dan harga item yang di klaim
  • • Foto Kerusakan/Luka yang dialami pihak ketiga
  • • Asli Perjanjian sewa kendaraan
  • • Copy Polis Kendaraan Bermotor yang disewa
7 Pembajakan, Terorisme
  • • Konfirmasi tertulis dari pihak yang berwenang

3. Asuransi Kendaraan SmartDrive

Khawatir Anda sudah dalam mencari waktu yang tepat untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan dan survey klaim dengan AXA Insurance? Kini survey klaim kendaraan Anda lebih mudah, AXA Insurance hadir melalui video survey.

Cukup ajukan klaim Anda via whatsapp melalui nomor 0811-1500-733, lalu Anda akan menerima SMS berupa jadwal dan link tautan untuk video call survey.

Cek dibawah ini untuk kelengkapan dokumen yang dibutuhkan:

No Jenis Kerugian / Kerusakan Dokumen yang diperlukan
1 Dokumen utama untuk semua jenis kerugian / kerusakan
  • • Formulir Klaim yang telah diisi dan ditandatangani – untuk Tertanggung perusahan Formulir Klaim harus dicap Perusahaan
  • • Copy KTP Tertanggung untuk Tertanggung perorangan & jika Tertanggung bukan sebagai pengemudi
  • • Copy SIM Pengemudi
  • • Copy STNK
Tambahan dokumen sesuai jenis klaim yang diajukan:
2 Kerusakan Rangka
  • • Kwitansi dari Rumah Sakit – untuk klaim cidera badan pengemudi / penumpang
3 Pencurian Sebagian
  • • Laporan Polisi
4 Pencurian Total
  • • Laporan Polisi
  • • Abandonment Letter yang sudah ditandatangani oleh Tertanggung
  • • Tiga rangkap kwitansi kosong yang ditandatangani oleh Tertanggung
  • • Asli BPKB
  • • Asli STNK
  • • Asli Faktur pembelian Kendaraan
  • • Kunci Kendaraan
  • • Surat Pemblokiran STNK dari KADITLANTAS
  • • Surat Keterangan Kehilangan dari KADITSERSE POLDA
  • • Buku KIR Kendaraan - untuk penggunaan kendaraan secara komersial
5 Kerugian Total - Kecelakaan
  • Seluruh dokumen yang diperlukan untuk Pencurian – Total kecuali:
  • • Surat Pemblokiran STNK dari KADITLANTAS
  • • Surat Keterangan Kehilangan dari KADITSERSE POLDA
6 Pihak Ketiga – Kerusakan Properti
  • • Lampiran 1: Formulir Klaim Cidera Badan atau Kerusakan Properti Pihak Ketiga
  • • Laporan Polisi
  • • Surat Tuntutan Klaim dari pihak ketiga ke Tertanggung
  • • Kwitansi biaya perbaikan properti yang rusak
  • • Penawaran biaya perbaikan dari kontraktor – untuk kerusakan properti
  • • Penawaran biaya perbaikan dari bengkel – untuk kerusakan kendaraan
  • • Seluruh korespondensi dengan pihak ketika pemilik properti atau kendaraan
7 Pihak Ketiga – Cidera Badan
  • • Lampiran 1: Formulir Klaim Cidera Badan atau Kerusakan Properti Pihak Ketiga
  • • Laporan Polisi
  • • Surat Tuntutan Klaim dari pihak ketiga ke Tertanggung
  • • Kwitansi dari Rumah Sakit
  • • Sertifikat Kematian –untuk kematian Pihak Ketiga
  • • Seluruh korespondensi dengan pihak ketiga yang mengalami luka / kematian

4. Asuransi SmartBusiness

Baru! Perlindungan menyeluruh untuk usaha Anda dengan pengajuan klaim yang mudah bagi Anda. Anda dapat mengajukan klaim ke Customer Care Center AXA Insurance melalui email di customer.general@axa.co.id dengan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Berikut adalah kelengkapan dokumen yang dibutuhkan berdasarkan manfaat produk yang Anda pilih:

a. Khusus gangguan usaha

  • Bukti (berupa foto kerusakan, surat perbaikan dan lain - lain) yang menunujukkan kerusakan materiil yang dapat mengakibatkan gangguan usaha.
  • Bukti bahwa usaha ditutup dalam kurun waktu tertentu.
  • Formulir klaim beserta identitas Tertanggung.

b. Khusus kecelakaan diri

  • Salinan surat keterangan meninggal dunia dari pemerintah setempat.
  • Salinan surat keterangan kecelakaan dari kepolisian setempat.
  • Salinan surat keterangan pemeriksaan dari institusi / individu yang memiliki lisensi sah di bidang medis disertai penjelasan cacat tetap total.

c. Khusus rawat inap jangka panjang

  • Salinan Kuitansi Legalisir dari rumah sakit.
  • Salinan Resume Medis (ringkasan dokter).
  • Formulir klaim yang ditandatangani tertanggung dan dokter.
  • Detail rincian biaya perawatan (kamar, obat, alat kesehatan, jasa dokter).
  • Nomor rekening bank / copy buku tabungan.

5. Asuransi SmartHome

Anda dapat melaporkan klaim kepada Customer Care Center melalui telpon di 1500 733 atau melalui email di customer.general@axa.co.id dalam waktu tidak lebih dari 30 (tiga puluh) hari kalender dengan:

  • Melaporkan kepada polisi bila barang itu hilang atau mungkin dirusak oleh orang lain
  • Mengambil langkah yang wajar dan perlu untuk memperoleh kembali barang yang hilang
  • Mengisi formulir klaim dan menyerahkan dengan biaya sendiri seluruh dokumen – dokumen dan bantuan lain yang dibutuhkan oleh AXA Insurance
  • Prosedur dan dokumen klaim lainnya mengacu kepada ketentuan polis Asuransi SmartHome

Untuk hal-hal yang ingin Anda tanyakan lebih lanjut mengenai klaim yang telah diajukan, Anda dapat menghubungi:

Customer Care Center
PT AXA Insurance Indonesia

Tlp                         : 1500 733
Email                    : customer.general@axa.co.id
Whatsapp           : 0811 1500 733