Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi

Kebijakan privasi ini (“Kebijakan Privasi”) akan menjelaskan bagaimana AXA Insurance (“Kami”), memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, menampilkan, mengumumkan, mengungkapkan, memproses, membukakan akses, menyimpan, mengirim, memberi, mengalihkan, mengolah, mengelola, menghapus, memusnahkan dan melindungi informasi dan data pribadi (secara bersama-sama, “Pemanfaatan”) yang anda sebagai Pengguna (“Anda”) aplikasi konsultasi jarak jauh Smart Consult (“Platform”) berikan sebagaimana diminta maupun pada saat menggunakan Platform (“Data Pribadi”).

Kami akan melakukan Pemanfaatan atas Data Pribadi Anda selama Anda aktif menggunakan Platform sesuai tujuan yang telah Kami informasikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kebijakan Privasi ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan (“Ketentuan Penggunaan”) Kami. Penggunaan Platform dan setiap fitur dan/atau layanan yang tersedia dalam Platform (“Layanan”) merupakan bentuk persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahaminya sepenuhnya  sebelum mendaftar, mengakses dan/atau menggunakan Platform dan Layanan Kami.

Lingkup Kebijakan Privasi

  • Kebijakan Privasi ini mengatur mengenai Pemanfaatan Data Pribadi.
  • Dengan menggunakan Platform, maka Anda dianggap telah membaca seluruh ketentuan yang ditetapkan di dalam Kebijakan Privasi ini dan menyetujui mekanisme Pemanfaatan Data Pribadi Anda sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
  • Dengan menggunakan Aplikasi Smart Consult (Aplikasi Konsultasi Jarak Jauh) Kami, maka Anda dianggap setuju untuk terikat pada ketentuan Kebijakan Privasi ini. Jika Anda tidak ingin Kami melakukan Pemanfaatan atas Data Pribadi Anda dengan cara yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini, mohon untuk tidak memberikan Data Pribadi Anda kepada Kami.
  • Apabila Kami meminta Anda untuk memberikan informasi ketika menggunakan Aplikasi Smart Consult (Aplikasi Konsultasi Jarak Jauh), maka informasi tersebut itu hanya akan digunakan untuk keperluan pemberian Layanan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
  • Kami dapat mengubah, menghapus dan menerapkan ketentuan baru dalam Kebijakan Privasi ini sebagaimana akan Kami beritahukan kepada Anda pada Aplikasi Smart Consult (Aplikasi Konsultasi Jarak Jauh). Anda diharapkan untuk membaca halaman Kebijakan Privasi ini untuk mengetahui perubahan tersebut. Dengan menggunakan Platform setelah terjadinya perubahan tersebut, Anda dianggap telah mengetahui dan menyetujui perubahan-perubahan ketentuan pada Kebijakan Privasi ini.
  • Dengan menggunakan Platform, Anda menjamin bahwa informasi yang Anda berikan adalah akurat dan benar. Jika informasi yang Anda berikan ternyata tidak benar atau palsu, maka kami tidak akan bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang mungkin terjadi sehubungan dengan pemberian dan penggunaan informasi yang tidak benar atau palsu.

 

1. Pengumpulan data

Informasi Pribadi: Informasi yang dikumpulkan saat Anda menggunakan Layanan, atau informasi yang diterima oleh provider selaku pihak yang menyediakan Layanan meliputi:

  1. Informasi Pribadi Anda
  2. Informasi pribadi Anda meliputi namun tidak terbatas pada nama, foto profil, nomor telepon, tanggal lahir, dan alamat email yang Anda berikan saat mendaftar pada Platform Kami.
  3. Informasi Kesehatan Pribadi Anda
    Informasi kesehatan pribadi Anda meliputi namun tidak terbatas pada jenis kelamin, kondisi kesehatan yang diketahui, pengobatan, alergi, riwayat medis, serta resep, laporan, dan berkas medis yang diunggah oleh Anda dari waktu ke waktu ke dalam Platform.
  4. Informasi Asuransi Kesehatan Anda

Penyedia layanan akan meminta nomor kartu peserta asuransi kesehatan Anda bagi Anda yang menggunakan fitur on benefit sebagai preferensi pembayaran Anda. Penyedia layanan juga akan meminta foto Anda untuk memastikan bahwa benefit diberikan kepada orang yang tepat.

Data yang terekam pada saat Anda mempergunakan Platform, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya.
  2. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Anda, termasuk aktivitas pendaftaran, login, transaksi, dan lain sebagainya.
  3. Data penggunaan atau preferensi Anda, diantaranya interaksi Anda dalam menggunakanPlatform, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik.
  4. Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Platform, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler.
  5. Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Anda gunakan sebelum berinteraksi dengan Platform.

Informasi/Data dari Mitra

Mitra usaha Kami yang turut membantu Kami dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Platform kepada Pengguna, antara lain mitra penyedia layanan pembayaran, Provider, Rumah Sakit (RS) dan Klinik, Perusahaan Asuransi, Infrastruktur Platform, dan mitra-mitra lainnya. Berikut adalah beberapa data yang mungkin dapat diambil dan/atau diketahui oleh mitra:

  1. Kami bekerja sama dengan PT Sinar Digital Terdepan (“Xendit”) sebagai mitra yang mendukung infrastruktur pembayaran. Semua data yang melalui sistem Xendit bersifat penting dan aman termasuk data privasi, keuangan, transaksi dan informasi lain. Xendit membatasi akses ke semua data Anda secara default. Hanya Anda dan Xendit yang dapat mengakses data tersebut. Untuk mencapai tingkat keamanan terbaik, Anda harus mengakses data Anda melalui endpoint yang terenkripsi SSL sehingga data dapat ditransfer dengan aman. Semua informasi dienkripsi menggunakan 256-bit Advanced Encryption Standard (AES-256) yang dimana tidak mungkin untuk diuraikan dari bentuk terenkripsi dikarenakan kunci-kunci sandi yang unik dan tidak mungkin ditebak. Tingkat enkripsi ini sangat aman dan paling sering digunakan untuk komunikasi dengan bank untuk menjaga privasi dan keamanan pelanggan.
  2. Kami bekerja sama dengan Agora sebagai penyedia layanan video communication. Semua data yang melalui sistem Agora diantaranya informasi Usage dan Log, informasi perangkat dan koneksi seperti IP address, tanggal dan waktu, log aktivitas dan informasi lainnya. Selain itu pihak Agora menggunakan cookies untuk mendukung layanan berbasis website yang dalam hal ini akan mengumpulkan data waktu, lokasi, IP address, tipe browser dan versinya, operating system. Semua data tersebut bersifat rahasia dan pihak Agora tidak akan memberikan data tersebut kepada pihak ketiga kecuali data tersebut dibutuhkan untuk proses hukum dan/atau telah mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Kami.
  3. Kami bekerja sama dengan PT. Administrasi Medika (Admedika) sebagai TPA (Third Party Administrator). Admedika, berdasarkan perintah atau persetujuan dari Kami, akan mengumpulkan data terkait asuransi Anda, dan foto Anda sebagai verifikasi untuk kemudian dapat digunakan untuk Pemanfaatan.
  4. Mitra lainnya yang bekerjasama dengan Smart Consult untuk memaksimalkan layanan.

Lainnya:

  1. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Kami mengumpulkan informasi pribadi yang Anda berikan pada saat Anda membuat akun dan profil maupun pada saat Anda menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam Platform
  2. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Kami berhak untuk melakukan verifikasi langsung kepada Anda atau pihak lainnya atas informasi mengenai data diri yang telah disampaikan oleh Anda melalui atau pada Platform.
  3. Dengan menggunakan Platform, Anda menjamin bahwa informasi yang Anda berikan adalah akurat dan benar.
  4. Apabila informasi yang Anda berikan tersebut ternyata tidak benar, maka Kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang dapat terjadi sehubungan dengan pemberian dan penggunaan informasi yang tidak benar tersebut.

2. Data Video Call & Chat Pada Fitur Konsultasi dengan Dokter

Untuk kenyamanan Anda dalam berinteraksi dengan dokter, tersedia layanan video call dalam Platform. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa untuk keperluan review, maka layanan video call akan secara otomatis direkam dan chat history akan secara otomatis disimpan.

 

3. Tanggung Jawab penggunaan Fitur Video Call & Chat

Bahwa dalam penggunaan fitur video call pada Aplikasi Smart Consult (Aplikasi Konsultasi Jarak Jauh), Anda memahami bahwa Aplikasi Smart Consult (Aplikasi Konsultasi Jarak Jauh) hanya merupakan sarana untuk memudahkan pencarian atas Layanan, yang bertujuan untuk memberi kenyamanan dan kemudahan kepada Anda dalam berinteraksi dengan dokter, oleh karena itu setiap isi dan/atau pernyataan-pernyataan dalam percakapan yang dilakukan oleh Anda dengan dokter menggunakan fitur - fitur tersebut merupakan percakapan pribadi antara Anda dengan dokter dan jelas di luar kuasa kendali Kami. Apabila di kemudian hari muncul permasalahan hukum mengenai isi dan/atau pernyataan-pernyataan dari percakapan antara Anda dengan dokter dalam fitur - fitur tersebut, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda dan Anda membebaskan Kami dari segala tuntutan, dakwaan dan akibat hukum yang ada.

 

4. Data Pengunjung

Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Platform akan mengumpulkan informasi tentang penggunaan, seperti (namun tidak terbatas pada) jumlah kunjungan, sumber pengunjung dan aktivitas pengunjung. Data ini Kami kumpulkan dan Kami gunakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan Anda serta untuk meningkatkan pelayanan Kami.

5. Penggunaan Data

  1. Anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Kami untuk melakukan Pemanfaatan Data Pribadi Anda untuk kegiatan bisnis dan operasional maupun keperluan lain sesuai dengan tujuan diberikannya Data Pribadi tersebut, termasuk namun tidak terbatas untuk:
  • Menyediakan informasi kepada Anda dan penyedia layanan sesuai dengan permintaan Anda berkaitan dengan Layanan Kami. Kami dapat membagi informasi kesehatan Anda dengan dokter lain atau penyedia kesehatan lain yang akan menyediakan Layanan untuk Anda melalui Kami.
  • Menggunakan dan mengungkapkan informasi kesehatan Anda dan resep sesuai keperluan operasi Platform. Kami dapat menggunakan dan mensirkulasikan informasi ini untuk tujuan peninjauan dan peningkatan kualitas pelayanan yang Kami sediakan, atau peninjauan dan peningkatan kompetensi dan kualifikasi staf profesional Platform.
  • Menanggapi pertanyaan, komentar dan tanggapan dari Anda.
  • Memproses partisipasi Anda dalam setiap kegiatan kontes, permainan, promosi produk asuransi Kami, jajak pendapat maupun survei.
  • Memahami dan menganalisa pola penggunaan dan penjualan produk dan layanan terkait kebutuhan dan preferensi.
  • Mengembangkan, meningkatkan dan menyediakan produk dan Layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Memberikan informasi atau mengirimkan e-mail dan/atau SMS berisi promosi secara berkala kepada Anda apabila terdapat suatu penawaran dan/atau promosi atas produk-produk baru, penawaran khusus, atau informasi lain yang menurut Kami diperlukan oleh Anda.
  • Menginformasikan kepada Anda mengenai setiap perubahan dari Platform, pelayanan dan produk Kami.
  • Menggunakan informasi tersebut untuk menghubungi Anda.
  • Menggunakan dan mengungkapkan informasi ini jika diperlukan bagi tinjauan medis, jasa hukum, dan audit, meliputi penipuan dan deteksi penyalahgunaan dan program penyesuaian, serta perencanaan dan manajemen bisnis.
  • Melakukan analisis, penelitian, audit, dan pelatihan internal untuk meningkatkan Layanan Kami yang ditawarkan kepada Anda
  • Menganalisis penggunaan Platform dan konsumsi data untuk lebih memahami kebutuhan dan/atau masalah Anda atau untuk mempelajari pola umum dan tren penggunaan
  • Meningkatkan penggunaan atau pengalaman Platform Kami
  • Catatan atau dokumentasi internal Kami yang disimpan di server Kami, baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia.
  • Memberikan Data Pribadi Anda kepada Mitra Kami dan Penyedia Layanan untuk pemberian Layanan berdasarkan Aplikasi Smart Consult ( Aplikasi Konsultasi Jarak Jauh ).
  • Keperluan lainnya selama dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Kami akan menggunakan data-data yang dikumpulkan untuk pengolahan data statistik yang hasilnya akan digunakan untuk berbagai macam aplikasi medis maupun komersial. Pengolahan data statistik ini secara umum tidak akan mengungkapkan Data Pribadi, namun tidak menutup kemungkinan akan adanya pengungkapan Data Pribadi dalam penelusuran hasil pengolahan statistik tersebut. Dengan menggunakan Platform, Anda dianggap telah memahami dan menyetujui penggunaan Data Pribadi tersebut.
  2. Kami menjamin bahwa data dan informasi yang diberikan oleh Anda bersifat rahasia dan tidak akan disebarluaskan kecuali untuk hal-hal yang telah dicantumkan dan Anda setujui dalam Kebijakan Privasi ini. Untuk mencegah akses tidak sah, Kami melakukan tindakan pengamanan fisik, elektronik, dan prosedur manajerial untuk melindungi informasi Anda.
  3. Kami menjamin bahwa informasi kesehatan Anda hanya akan digunakan sehubungan dengan pelayanan Platform dan hal-hal yang telah dicantumkan dan Anda setujui dalam Kebijakan Privasi ini dan Kami hanya akan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Layanan dalam Platform.
  4. Kami menyimpan informasi Data Pribadi Anda selama informasi tersebut berhubungan dengan tujuan-tujuan yang dibutuhkan untuk kepentingan pelayanan Kami kepada Anda. Kerahasiaan informasi pribadi Anda tentunya dianggap rahasia dan tidak akan disebarluaskan kecuali apabila telah disetujui oleh Anda berdasarkan Kebijakan Privasi ini atau diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Dengan menggunakan Platform, Anda dianggap telah menyetujui untuk mengizinkan pihak ketiga tertentu untuk menggunakan Data Pribadi Anda untuk memberikan Anda informasi mengenai barang dan jasa yang Anda perlukan maupun tujuan lain sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini. Pihak ketiga tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada:
  • Perusahaan asuransi Anda yang akan membutuhkan bukti pelayanan yang telah diberikan dan/atau sebuah laporan medis sebelum dilakukan pembayaran kepada Platform atau jika perusahaan asuransi tersebut memerlukan Data Pribadi Anda untuk otorisasi layanan atau rujukan.
    • Rekan bisnis Kami, seperti rekan Rumah Sakit, Klinik, atau yang mengerjakan layanan jasa administrasi untuk Kami. Kami memiliki perjanjian kerjasama dengan masing-masing rekan bisnis dan penyedia jasa yang diwajibkan untuk melindungi kerahasiaan dan keamanan dari informasi yang diteruskan dan diberikan pada mereka.
    • Perusahaan riset dan pemasaran terkait promosi yang dilakukan oleh Kami.
  • Perusahaan penyedia layanan terkait teknologi informasi (TI) seperti layanan infrastruktur, komputasi awan (cloud computing), perangkat lunak, pengembangan analisa “Big Data” dan “Machine Learning”, termasuk didalamnya layanan untuk melakukan “Cleaning Data”, “Data Insight”, “Credit Scoring” dan lain-lain.
  • Perusahaan penyedia jasa pemrosesan transaksi pembayaran yang meliputi penyelenggara payment gateway, transfer dana, dompet elektronik, dan penyelenggara jasa sistem pembayaran lainnya terkait transaksi yang dilakukan dalam A Platform.
  • Perusahaan asuransi kesehatan sebagai penyedia jasa perlindungan kesehatan Anda yang dapat diklaim manfaatnya ketika menggunakan Layanan pada Platform.
  • Perusahaan penyedia layanan lain maupun mitra Kami yang terkait dengan fitur, produk dan layanan yang ditawarkan dalam Platform.
  • Penasihat profesional dan auditor eksternal, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan dan konsultan lainnya.
  • Otoritas pemerintah, baik di dalam maupun di luar yurisdiksi negara Republik Indonesia sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

7. Tautan Web Pihak Ketiga

Platform berisi tautan-tautan ke situs-situs lain yang dioperasikan oleh pihak ketiga, termasuk tetapi tidak terbatas pada situs-situs pihak ketiga yang mungkin menampilkan merek dagang Smart Consult. Kami tidak memiliki kendali atas situs-situs web pihak ketiga. Situs-situs web lain ini dapat menempatkan cookie mereka sendiri atau berkas lain di komputer Anda, mengumpulkan data atau informasi pengidentifikasi pribadi Anda. Situs-situs lain dapat memiiki dan mematuhi peraturan yang berbeda mengenai penggunaan atau pengungkapan informasi pengidentifikasi pribadi yang Anda kirimkan kepada situs-situs lain tersebut. Kami menganjurkan Anda untuk membaca kebijakan atau pernyataan privasi dari situs-situs web lain yang Anda kunjungi.

 

8. Hak-Hak Anda

Sejauh yang diizinkan oleh ketentuan peratuan perundang-undang yang berlaku, Anda berhak, dengan memberikan pemberitahuan tertulis kepada kami sebelumnya untuk mengakses dan mendapatkan salinan, melengkapi dan/atau memperbaharui kesalahan Data Pribadi yang Anda berikan, menarik kembali persetujuan mengenai pemrosesan data Anda, mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda, serta hak-hak lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

9. Hukum Yang Berlaku

Kebijakan Privasi ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia dan Anda diwajibkan tunduk kepada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

 

10. Upaya Pengamanan

  • Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa informasi yang Anda berikan kepada Kami aman dan tidak dapat digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan Platform, Anda mengizinkan Kami untuk melakukan segala tindakan yang kami anggap perlu untuk melindungi informasi Anda yang kami kumpulkan secara online untuk mencegah akses tidak sah. Namun demikian, mohon diperhatikan bahwa kami tidak dapat menjamin sepenuhnya keamanan tersebut dan tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk namun tidak terbatas atas kehilangan data yang terjadi dari insiden di luar kendali Kami. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan agar Anda selalu memperbarui Platform dan perangkat lunak Anda serta tidak mengungkapkan kata sandi Anda kepada pihak manapun.
    • Anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada kami bahwa kami dapat mengirimkan, menyimpan, menggunakan dan mengolah Data Pribadi pada server yang terletak di pusat data yang ditunjuk oleh kami. Pusat data tersebut dapat dikelola oleh pihak ketiga. Meskipun demikian, Pemanfaatan informasi dan Data Pribadi sehubungan dengan penggunaan Aplikasi Smart Consult (Aplikasi Konsultasi Jarak Jauh) akan terus diatur oleh Kebijakan Privasi ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Kami diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menyimpan informasi dan Data Pribadi Anda sejak Data Pribadi Anda tidak lagi diperlukan untuk tujuan Pemanfaatan informasi dan Data Pribadi sekurang-kurangnya sampai dengan berakhirnya jangka waktu retensi yang ditentukan dalam kebijakan retensi kami sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk memenuhi persyaratan operasional, hukum, peraturan, pajak, atau akuntansi kami. Jika jangka waktu retensi tersebut telah tercapai, Data Pribadi Anda kemudian dihancurkan atau dianonimkan dari catatan dan pusat data kami.

11. Perubahan terhadap Kebijakan Privasi

Harap diperhatikan bahwa Kebijakan Privasi ini dapat diubah dari waktu ke waktu. Perubahan apa pun dalam Kebijakan Privasi ini akan dipublikasikan di Platform. Penggunaan Platform secara berkelanjutan akan menandakan persetujuan dan penerimaan Anda atas perubahan-perubahan tersebut.