6 Tips Bijak dalam Belanja Online

Setelah gajian, apa sih yang biasanya kamu lakukan selain membayar semua tagihan? Apakah belanja online ada dalam daftar pengeluaran rutinmu setiap bulannya? Sebelum kamu banyak mengeluarkan uang di berbagai e-commerce, simak tips berikut ini agar kamu bisa belanja online dengan bijak.


Susun Daftar Belanja
Langkah pertama ini kadang dilupakan banyak orang. Padahal, penting lho untuk membuat daftar belanja. Sekalipun kamu hanya berbelanja di e-commerce atau online shop, bukan mal, supermarket, maupun toko konvensional. Daftar belanja ini diperlukan agar kamu hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan, bukan yang sekedar diinginkan.

Buka Rekening Khusus
Agar pengeluaran terkontrol, kamu bisa memisahkan rekening tabungan dan rekening belanja. Kamu tinggal menyisihkan sebagian penghasilan bulanan untuk belanja online, di rekening tersendiri. Dengan cara ini, kamu tak perlu khawatir akan overbudget di kemudian hari.

Berlangganan Newsletter E-commerce
Kunjungi beberapa website e-commerce dan daftarkan email pribadimu untuk menerima newsletter atau buletin. Kamu bisa memperolah berbagai informasi, termasuk promo dan diskon dari website e-commerce tersebut. Jadi, kamu pun bisa mengatur jadwal serta pengeluaranmu untuk belanja online.

Cari Ongkir Termurah
Ongkos kirim (ongkir) ini memang sekilas terlihat murah. Namun, jika membeli barang dalam jumlah banyak, ongkir ini tentunya menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, pilihlah jasa pengiriman dengan ongkos termurah. Kamu bisa mencari potongan ongkir maupun menemukan toko online dengan domisili kota yang sama dengan tempat tinggalmu. Dengan demikian, kamu pasti bisa berhemat.

Pilih Waktu Belanja yang Tepat
Saat ini, berbagai e-commerce menawarkan flash sale atau diskon dalam periode waktu yang cukup singkat. Coba cermati flash sale dari tiap e-commerce yang biasa kamu kunjungi. Sebab, potongan harganya bisa mencapai 80 persen, lho! Selain itu, hari raya dan hari besar yang dirayakan di Indonesia, biasanya menjadi momen bagi e-commerce untuk memberikan berbagai promo menarik.

Lakukan Perbandingan
Setelah menemukan produk incaranmu, jangan tergesa-gesa memasukkannya ke dalam shopping cart dan melakukan pembayaran. Sebaiknya, kamu melakukan perbandingan dengan toko online atau e-commerce lain. Siapa tahu, kamu malah menemukan penjual lain dengan penawaran harga lebih murah.

Yang terpenting, belilah barang-barang yang sesuai dengan kebutuhanmu. Saat ini, berbagai website e-commerce telah dilengkapi dengan teknologi machine learning yang bisa memberikanmu rekomendasi barang untuk dibeli. Pastikan hanya membeli yang sesuai kebutuhanmu ya.

Selain membeli barang konsumsi, pastikan juga kamu mengalokasikan sebagian pemasukanmu untuk membeli produk investasi, termasuk diantaranya asuransi perlindungan diri dan aset berhargamu.

Saat ini, kamu bisa memenuhi setiap kebutuhanmu melalui transaksi online. Termasuk untuk menghadirkan proteksi bagimu dan keluarga tercinta. Untuk mendapatkan asuransi yang sesuai kebutuhanmu, yuk bikin hari-harimu jadi #AsikTanpaPanik di AXA myPage

Sumber:
shopback.co.id
liputan6.com

Layanan LiveChat kami sedang penuh, silakan menghubungi 1 500 733 (24 Jam) untuk sementara waktu.

Layanan LiveChat kami sedang penuh, silakan menghubungi 1 500 733 (24 Jam) untuk sementara waktu.

Chat With Us Chat With Us