6 Manfaat Asuransi Kesehatan Yang Memudahkanmu

Kamu mungkin dulu sering mendengar peribahasa, "Sedia payung sebelum hujan" yang bisa diartikan sebagai lebih baik mencegah daripada mengobati. Ini sama halnya ketika kamu membeli asuransi kesehatan. Bisa jadi, sesaat setelah menerima polis, kamu belum langsung merasakan manfaatnya. Mungkin karena kamu dalam kondisi sehat dan belum memerlukan bantuan medis. Namun ketika sewaktu-waktu kamu membutuhkan perawatan, asuransi kesehatan tentu sangat penting. Setidaknya, ada enam manfaat asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Apa saja ya?

Asuransi kesehatan untuk rawat jalan

Jika kamu terdaftar sebagai nasabah asuransi kesehatan, pihak asuransi biasanya menanggung berbagai biaya yang semestinya kamu keluarkan. Mulai dari biaya pemeriksaan dokter, cek laboratorium, hingga obat-obatan. Namun untuk bisa mendapatkan fasilitas ini, premi yang dibebankan pun sedikit lebih tinggi. Sebab, jenis pertanggungan yang diterima nasabah pun lebih besar dibanding manfaat rawat inap. Tak masalah kan membayar lebih, untuk mendapatkan manfaat ekstra yang memberikanmu ketenangan?

Kepastian kamar rawat inap

Jika sewaktu-waktu kamu terpaksa mendapatkan perawatan di rumah sakit karena penyakit tertentu, kamu akan mendapatkan kepastian kamar untuk rawat inapmu. Selama menjalani perawatan di rumah sakit, kamu tak perlu bingung memikirkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Inilah gunanya asuransi kesehatan bagimu. Biaya perawatan termasuk kamar rawat inap, infus, makanan, obat-obatan, dan pemeriksaan laboratorium pun ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Proteksi diri

Saat ini, kamu juga bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang memberikanmu perlindungan bukan hanya di dalam negeri, tapi di luar negeri sekali pun. Biaya pengobatan di luar Indonesia bisa jadi lebih mahal dari yang kamu jumpai selama ini di berbagai fasilitas kesehatan dalam negeri. Jika sesuatu hal yang tak terduga menimpamu di luar negeri, kamu telah terproteksi oleh asuransi kesehatan. Bahkan, asuransi juga memberikan santunan untuk keluarga nasabah yang mengalami musibah.

Perawatan darurat

Apabila kamu terpaksa menjalani perawatan rumah sakit di luar negeri, ada asuransi kesehatan yang memberikan jaminan. Memang, jaminan untuk perawatan yang sifatnya emergency ini menggunakan sistem reimbursement. Namun kamu pasti tetap merasa banyak terbantu dengan jaminan perawatan emergency yang disediakan asuransi kesehatan. Apalagi jika kamu sering bepergian ke luar negeri.

Bantuan ambulans

Berapa sih tarif ambulans yang berlaku saat ini? Untuk di dalam kota Jakarta, biaya layanan ambulans gawat darurat tanpa dokter dengan satu orang petugas, berkisar Rp 650 ribu hingga Rp 1,3 juta untuk enam sampai 12 jam. Tarif tersebut diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 169/2016 tentang Kepesertaan dan Pelayanan Jaminan Kesehatan, serta dalam Pergub nomor 209/2015 tentang Tarif Pelayanan Ambulans. Asuransi kesehatan pun dapat memberikan manfaat jaminan biaya ambulans lokal yang dibutuhkan nasabah.

Sistem cashless

Sebagian besar asuransi mungkin memang masih menggunakan sistem reimbursement. Artinya, kamu sebagai nasabah mesti menanggung biaya perawatan terlebih dahulu. Baru kemudian dalam jangka waktu tertentu, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut. Dengan AXA SmartCare Executive, kamu hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaanmu kepada petugas di rumah sakit. Selanjutnya, kamu tidak perlu membayar biaya yang dijaminkan asuransi, karena dengan AXA SmartCare Executive, jaminannya menggunakan sistem cashless alias non-tunai.

Selain enam manfaat di atas, dengan AXA SmartCare Executive, kamu akan mendapatkan diskon 50 persen untuk kepesertaan anak kedua dan seterusnya. Untuk membeli asuransi kesehatan AXA SmartCare Executive, yuk beli online asuransinya di AXA myPage

Sumber:
liputan6.com
moneysmart.id

Layanan LiveChat kami sedang penuh, silakan menghubungi 1 500 733 (24 Jam) untuk sementara waktu.

Layanan LiveChat kami sedang penuh, silakan menghubungi 1 500 733 (24 Jam) untuk sementara waktu.

Chat With Us Chat With Us